5 Tips Mengamankan Rumah Saat Ditinggal Mudik

Liburan adalah salah satu momen yang paling dinanti-nati oleh kebanyakan mansyarakat indonesia khususnya yang tinggal di daerah perkotaan seperti Jakarta, Surabaya, Makassar,dll.

Salahsatu waktu liburan yang paling banyak dimanfaatkan orang untuk bepergian adalah libur hari raya. Ada yang bepergian ke tempat-tempat wisata ada juga yang kembali kekampung halaman yang umum dikenal dengan istilah Mudik.

Sudah menjadi rahasia umum bahwa saat waktu mudik tiba, semua anggota keluarga ikut mudik bersama sehingga tentula rumah mereka dalam keadaan kosong.

Banyaknya rumah yang kosong ditinggal mudik oleh pemilik sering kali dijadikan kesempatan bagi sebagian orang yang tidak bertanggungjawab masuk dan mengambil barang-barang berharga milik para penghuni rumah.

Oleh karena itu, sebelum meninggalkan rumah ada baiknya jika anda sebagai penghuni rumah dapat mempersiapkan sistem-sistem keamanan rumah guna menjaga rumah dari tangan-tangan yang tidak bertanggung jawab.

Berikut beberapa tips sederhana membangun sistem keamanan rumah sebelum ditinggal mudik:

Pastikan Pintu telah terkunci Dengan Baik

pintu terkunci cctv makassar
pexels.com

Hal pertama yang harus anda perthatikan adalah pintu-pintu yang ada dalam rumah. Pastikan telah terkunci dengan benar, baik pintu utama maupun pintu-pintu kamar.

Selanjutnya jika harus meninggalkan kunci, simpanlah kunci pada tempat-tempat rahasia yang hanya anda dan anggota keluarga anda yang tahu.

Hindari meniggalkan kunci di pot bunga atau dibawah keset sebab tempat penyimpanan tersebut sudah menjadi rahasia umum. Para pencuri umumnya sudah tahu.

Jika anda merupakan penghuni tangan kedua, ada baiknya jika anda mengganti kunci pintu anda dengan kunci yang baru.

Selain mengunci rapat, ada baiknya jika anda menambahkan rantai kunci pintu pada pintu-pintu anda. Dengan begitu pintu anda telah memiliki keaman berlapis.

Perhatikan Keamanan Jendela

makassar jendela tertutup cctv jasa
maxpixel.net

Selain pintu, jendela juga dapat menjadi jalan alternatif bagi para pencuri untuk memasuki rumah anda. Oleh karena itu, keamanan jendela juga pelu dijadikan prioritas utama.

Selain menutup rapat dan mengunci jendela, ada baiknya jika anda menggunakan pengan tambahan. Salah satunya adalah dengan memasang teralis pada tiap jendela.

Dengan adanya teralis, pencuri akan kesulitan memasuki hunian anda meskipun telah berhasil membuka jendela rumah.

Selain mencegah pencuri memasuki rumah, teralis juga dapat menjadi pengaman tambahan bagi anda yang masih memiliki balita dirumah saat mereka bermain disekitar jendela.

Namun, saat pemasangan teralis, anda harus memastikan bahwa anda telah memasang panel pembukan teralis yang sewaktu-waktu dapat di fungsikan dalam keadaan darurat.

Ada terdapat beberapa jenis teralis yang dapat anda gunakan yang dapat disesuaikan dengan kondisi keuangan anda diantaranya yang terbuat dari stainless steel, besi, Almunium, dll.

Tetap Menyalakan Beberapa Lampu Tertentu

nyalakan lampu cctv di wilayah makassar
maxpixel.net

Meskipun dalam keadaan kosong, jadikan hunian anda seakan-akan tetap berpenghuni dengan menyalakan beberapa lampu. Khususnya lampu bagian luar.

Jika dirasa perlu, anda dapat menggunakan lampu dan radio yang dapat hidup secara otomatis setiap malamnya.

Hidari memberikan tanda bahwa anda sedang tidak dirumah. Sebab hal tersebut dapat mengundang pencuri memasuki rumah.

Tutup Rapat Setiap Cela Pandangan Yang Masuk Kedalam Rumah

Tutuplah setiap cela yang dapat menjadikan seorang dapat melihat kedalam rumah anda. Khususnya jika anda memiliki barang-barang berharga seperti alat-alat elekronik, dll.

Anda dapat menggunakan tirai atau apa saja yang dapat menghalangi pandangan mereka dari melihat barang-barang yang ada didalam rumah anda.

Siapkan Kamera Pengawas Luar Dalam

cctv makassar
maxpixel.net

Pemasangan kamera dirumah anda dapat memberikan keamana ekstra untuk rumah anda.

Adanya kamera memungkinkan anda menginspeksi seluruh bagian rumah setiap saat. Oleh karena itu, sangat dianjurkan bagi anda untuk memasang kamera baik didalam maupun diluar rumah anda.

Selain dapat menginspeksi bagian rumah, kamera juga dapat digunakan untuk mengidentifikasi kondisi sekitar rumah anda khususnya terhadap orang-orang asing yang belum anda kenali.

Untuk pemasangan kamera sendiri, ada baiknya jika kamera dipasang pada bagian yang sulit dijangkau namun tetap terlihat oleh orang yang akan masuk atau mendekati rumah anda.

Meskipun sifatnya statis, kamera dapat menjadi pencegahan awal bagi para pencuri untuk memasuki rumah anda sebab telah merasa terlihat terlebih dahulu.

Adapun jika mereka berhasil masuk, rekaman kamera juga dapat dijadikan sebagai alat bukti untuk dibawa ke pihak berwajub untuk dilaporkan sehingga pelakunya mudah terindetifikasi.

Selain untuk mengidentifikasi pelaku pencurian, kamera juga dapat digunakan untuk memonitor aktifitas keluarga anda dirumah khususnya para balita.

Dan saat ini telah banyak provider kamera CCTV yang memasarkan kamera dengan sistem monitoring real time khususnya di kota-kota besar seperti Jakarta, Surabaya, Makassar, dll.

Informasikan Kepada Pihak Berwewenang

melapor ke kelurahan wilayah makassar
maxpixel.net

Setelah anda melengkapi semua sistem-sistem keamanan dirumah anda, selanjutnya anda dapat memberitahukan atau melaporkan rumah anda kepada pihak-pihak berwewenang di lingkungan setempat bahwa rumah anda sedang dalam keadaan kosong sehingga dapat diberikan pemantauan oleh keamanan lingkungan.

***

Demikianlah beberapa tips mengamankan rumah saat ditinggal mudik kekampung di Makassar.

Leave a Comment