Ragam Jenis Alat Konstruksi Untuk Berbagai Aktifitas konstruksi

Alat Konstruksi – pengunaan alat bantu dalam pelaksanaan proyek konstruksi merupakan suatu hal yang sangat lumrah di era yang moderen saat ini.

Penggunaan alat konstruksi tersebut dimaksudkan untuk memudahkan serta mempercepat proses pengerjaan khususnya pada bagian-bagian yang sulit dikerjakan oleh tenaga manusia.

Dengan bantuan alat konstruksi proses pengerjaan proyek dapat dilaksanakan dengan baik, efektif dan efisien serta tepat waktu.

Alat Konstruksi

Alat-alat konstruksi merupakan salah satu bagian penting untuk diperhatikan saat menjalankan sebuah proyek konstruksi.

adanya alat pendukung dalam aktifitas konstruksi akan sangat membantu pihak pelaksana untuk dapat menyelesaikan pekerjaan dengan tepat waktu serta dengan kualitas yang baik.

Diantara alat konstruksi yang paling dibutuhkan dalam pelaksanaan sebuah proyek konstruksi adalah alat berat yang dapat difungsikan untuk melaksanakan pekerjaan-pekerjaan berat seperti pembersihan lahan, pengangkutan, dll, dalam waktu yang relatif singkat.

Oleh karena itu, keberadaan alat berat dalam pengerjaan sebuah proyek konstruksi adalah hal yang harus dilakukan dan dianggarkan. Meskipun membutuhkan dana yang besar dalam pengadaanya, akan tetapi keberadaan alat berat dalam sebuah pengerjaan konstruksi akan sangat membantu baik dalam pelaksanaan maupun dalam hal penghematan anggaran.

Ragam Aktifitas konstruksi

Suatu proyek konstruksi atau pembangunan biasanya melibatkan beberapa jenis aktifitas yang membutuhkan penggunaan alat yang berbeda beda.

Diantara aktifitas konstruksi yang paling umum dilaksanakan adalah;

  • aktifitas penggusuran atau pembersihan lahan,
  • Aktifitas penggalian,
  • Aktifitas pemadatan tanah atau lahan, dan
  • Aktifitas pengangkutan.

Keempat aktifitas diatas merupakan aktifitas-aktifitas berat yang sangat sulit dilakuan oleh manusia. Apalagi jika berkaitan dengan skala proyek yang terbilang besar. Selain itu, keempat aktifitas terebut membutuhkan alat bantu yang berbeda-beda pula.

Jenis-Jenis Alat Konstruksi Apa Saja Yang Sering Digunakan Dalam Proyek Konstruksi?

Berikut beberapa jenis alat konstruksi yang biasa digunakan dalam sebuah proyek konstruksi yang disesuaikan dengan aktifitas konstruksinya.

Alat Konstruksi Untuk Aktifitas Penggusuran

Aktifitas penggusuran adalah aktifitas awal yang dilakukan sebelum memulai pembangunan konstruksi. seperti, pembersihan lahan, penghancuran bangunan yang ada, dll. Diantara alat berat yang dibutuhkan adalah:

Bulldozer

macam alat berat bulldozer
bulldozer via pixabay.com

Pekerjaan pembersihan lahan baik berupa penggusuran maupun berupa perataan umumnya menggunakan alat yang disebut bulldozer. Bulldozer bekerja dengan membersihkan setiap material-material yang tidak dibutuhkan di lahan. Selain itu, bulldozer juga dapat digunakan untuk mengangkut material.

Scraper

jenis alat konstruksi scraper
scraper via pixabay.com

Untuk kebutuhan pengerukan maka jenis alat berat yang dibutuhkan adalah scraper. Sedikit mirip dengan backhoe holder, scrapaer dapat digunakan untuk mengeruk tanah serta memuatnya masuk kedalam bak truck.

Loader

alat konstruksi loader
loader via pixabay.com

Loader memeiliki tugas yang hampir sama dengan bulldozer yakni untuk kebutuhan penggusuran serta mengangkut material yang telah dihancurkan.

Alat Konstruksi Untuk Aktifitas Penggalian

Untuk aktifitas penggalian jenis alat berat yang dapat digunakan adalah excavator, backhoe, dan power shovel.

Excavator

jenis-jenis alat berat excavator
excavator via pixabay.com

Excavator merupakan alat bantu konstruksi untuk aktifitas penggalian yang paling banyak digunakan. Alat berat yang memiliki lengan pangjang bebentuk sendok ini umumnya digunakan untuk melakukan penggalian.

Backhoe

backhoe untuk konstruksi
backhoe via pixabay.com

Backoe juga merupakan jenis alat konstruksi yang digunakan untuk kbutuhan penggalian. Penggunaan backho biasanya untuk jenis galian yang lebih dalam. Salah satu fungsi khusus backhoe ini adalah untuk menancapkan tiang pancang atau fondasi saat akan membangun gedung atau jembatan.

Power Shovel

power shovel untuk konstruksi
commons.wikimedia.org

Power shovel merupakan jenis lain dari alat bantu yang digunakan dalam aktivitas penggalian. Alat ini berupa skop mekanis yang sangat besar yang dapat bergerak vertikal maupun horsontal dan di gerakkan oleh mesin yang disesuaikan dengan besarnya skop.

Alat Konstruksi Untuk Aktifitas Pemadatan

Selain untuk membersihkan dan menggali, aktifitas konstruksi yang lain adalah memadatkan lahan untuk menjaga agar konstruksi tidak bergerak. Penggunaan alat berat untuk memadatkan lahan disesuaikan dengan jenis lahan. Diantaranya adalah:

Sheep Foot Roller

tamping roller
tamping roller via commons.wikimedia.org

Sheep foot roleer adalah salah satu jenis alat bantu yang digunakan untuk memadatkan tanah atau lahan dengan kondisi permukaan yang lembek. Sheep Foot Roller ini telah dirancang khusus untuk untuk bekerja pada kondisi tanah yang liat atau lembek.

tire roller

tire roller alat berat
tire roller via commons.wikimedia.org

tire roller merupakan jenis alat pemadat lainnya yang sifatnya lebih universal. Jenis alat satu ini dapat digunakan untuk memadatkan permukaan berbahan granular serta hit mix dengan hasil yang sempurna.

Seperti namanya, tire roller menggunakan roda berbahan dasar karet yang bersifat penumatic atau dapat dipompa dimana semakin besar tekanan ban maka semakin besar pula tekanan yang diberikan kepada permukaan tanah.

tandem roller

alat tandem roller untuk konstruksi
tandem roller via commons.wikimedia.org

tandem roller adalah jenis alat penggilas lainnya yang berfungsi untuk memadatkan permukaan tanah atau lahan. Jenis alat berat yang satu ini biasanya digunakan untuk penggilasan akhir sebagi finishing untuk menghasilkan permukaan yang rata.

Alat berat ini terdiri dari dua type yang dibedakan bedasarkan jumlah as-nya yakni dua as (two Axle0 dan tiga as (Three Axle) dengan berat antara 8 higga 14 ton dan dapat diisi air untuk meningkatkan beratnya hingga 60%.

Alat Konstruksi Untuk Aktifitas Pengangkutan

Aktifitas pengangkutan merupakan aktifitas yang tidak lepas dari kegiatan konstruksi. Baik berupa pengangkutan material, memindahkan peratalan lainnya, dan pengangkutan-pengangkutan lainnya.

Untuk sistem penganguktan ini terdapat berbagai jenis alat konstruksi yang dapat digunakan, diantaranya adalah

Dump Truck

alat berat jenis dump truck
dump truck via pixabay.com

Dump truck merupakan salah satu alat berat yang paling banyak digunakan untuk aktifitas pengangkutan, khususnya untuk mengangkut material-material lepas seperti kerikil, pasir, material-material sisa pembersihan lahan, dll.

Penggunaan Dump Truck dapat ditemui pada hampir setiap proyek konstruksi, sebab penggunaanya dalam aktifitas pengangkutan sangat membantu dalam hal efektifitas dan efisiensi kerja dalam kegiatan konstruksi.

Dump Truck sendiri dapat ditemui dalam berbagai macam ukuran mulai dari ukuran kecil, sedang, hingga besar.

Crane

crane untuk alat konstruksi
crane via pixabay.com

Crane adalah salah satu jenis alat pengangkut yang juga sering digunakan dalam kegiatan konstruksi. Penggunaan Crane biasanya digunakan untuk mengangkut material secara vertikal dan dapat berputar 360 derajat.

Penggunaan Crane umumya dapat di temui dalam aktifitas konstruksi gedung tinggi, pelabuhan, gudang, dll, dengan berbagai jenis sesuai dengan kebutuhan seperti Tower Crane, Mobile Crane, Crawl Crane, dll.

Truck Trailer

truck trailer alat berat
trailer truck via pxhere.com

Sedikit berbeda dengan dump truck, truk trailer merupakan alat berat pengangkut yang biasanya digunakan untuk membawa alat-alat atau barang-barang tertentu yang dibutuhkan untuk kebutuhan konstruksi.Jenis barang yang dibawah truk ini biasanya adalah jenis barang yang sulit atau tidak bisa diangkut oleh dump truck.

—————————————————–

Demikianlah ulasan singkat mengenia alat konstruksi khususnya yang termasuk dalam jenis-jenis alat berat. Semoga bermanfaat.

Leave a Comment