Ulasan Singkat Mengenai Ayam Joper dan Kelebihannya

Ayam Joper – Tak bisa dipungkiri lagi, daging ayam adalah salah satu menu favorit masyarakat Indonesia sejak dahulu.

Tingginya animo masyarakat terhadap daging ayam menjadikan permintaan akan daging ayam semakin hari semakin tinggi.

Untuk memenuhi kebutuhan daging ayam masyarakat Indonesia yang semakin hari semakin tinggi, para pelaku pasar berusaha berupaya menghadirkan beragam jenis yang di sesuaikan dengan kebutuhan masyarakat.

Salah satu jenis ayam yang banyak beredar dipasaran adalah jenis ayam Broiler. Periode perkembangannya yang terbilang cepat menjadikan ayam broiler menjadi pilihan utama dalam memenuhi kebutuhan daging masyarakat Indonesia.

Sayangya, adanya penggunaan bahan kimia dalam proses peternakannya serta kualitas daging yang kurang memuaskan menjadikan sebagian orang memilih untuk mencari daging ayam lain yang lebih sehat yakni ayam kampung.

Ayam Kampung

Tak dapat dipungkiri, pada dasarnya ayam kampung memang memiliki kualitas yang lebih baik jika dibandingkan dengan jenis ayam lainnya terlebih dengan ayam broiler.

Teknik peternakannya yang umumnya dengan cara diumbar memungkinkan ayam memakan makan alami dari alam. Oleh karenanya ayam kampung dipercaya lebih sehat jika dibandingkan dengan ayam broiler.

Selain itu, proses pertumbuhannya yang bersifat alami, menjadikan tekstur daging ayam kampung cenderung lebih padat jika dibandingkan dengan ayam broiler yang banyak mengandung lemak.

Dari hal tersebut, maka sangat wajar jika daging ayam kampung tetap menjadi primadona bagi para penikmat daging ayam.

Sayangnya, prosesnya yang alami menjadikan waktu perkembangbiakan ayam kampung menjadi terbilang lama jika dibandingkan dengan ayam broiler.

Jika ayam broiler hanya membutuhkan 1-2 dua bulan untuk memasuki masa panen, ayam kampung membutuhkan lima hingga enam bulan agar siap dipanen.

Lamanya waktu yang dibutuhkan serta kualitas daging yang dihasilkan menjadikan daging ayam kampung bernilai ekonomis tinggi di pasaran.

Ayam Joper

Tingginya minat masyarakat akan ayam kampung serta tingginya harga jual di pasaran menjadi tantangan tersendiri bagi para pelaku pasar.

Oleh karenanya, para pelaku pasar berlomba-lomba mencari solusi akan permasalahan tersebut.

Maka dilakukanlah beragam bentuk bersilangan ayam guna mencari jenis ayam unggul yang dapat memenuhi kebutuhan pasar.

Setelah melakukan berbagai macam persilangan antar jenis dan ras ayam, maka ditemukan satu varietas ayam yang diyakini dapat memenuhi kebutuhan masyarakat akan daging ayam yang berkualitas dengan masa pemeliharaan yang singkat.

Ayam Joper merupakan ayam hasil persilangan yang dapat menghasilkan kualitas daging ayam seperti ayam kampung dengan periode pemeliharaan yang relatif singkat. Joper sendiri adalah singkatan dari Jowo Super.

Ayam Joper dihasilkan dari persilangan antara ayam kampung dengan ayam petelur dimana indukan pejantan dari ayam kampung sedangkan indukan betina dari ayam petelur.

Dari persilangan tersebut dihasilkan ayam yang memiliki bentuk tubuh kekar, berbulu panjang, serta tekstur daging yang kenyal layaknya ayam kampung Akan tetapi dari segi pemeliharaan hanya membutuhkan waktu yang relatif singkat layaknya ayam broiler.

Ayam Joper sendiri telah dinikmati oleh masyarakat sejak tahun 1990-an dan semakin menjadi populer di kalangan masyarakat hingga kini.

Bagi peternak sendiri, budidaya ayam Joper terbilang sangat menguntungkan. Disamping permintaanya yang terbilang tinggi, waktu perawatannya pun relatif singkat.

Dengan begitu para peternak dapat menghasilkan ayam yang berkualitas dengan biaya yang terbilang rendah.

Kelebihan Ayam Joper

Meski tak sepenuhnya dapat menggantikan posisi ayam kampung, ayam Joper tetap memiliki keunggulan tersendiri jika dibandingkan dengan ayam kampung.
Berikut beberapa kelebihan ayam Joper:

1. Durasi Pertumbuhan Cepat

Kelebihan pertama yang dimiliki ayam Joper adalah pada tingkat pertumbuhannya. Jika dibandingkan dengan ayam kampung, tingkat pertumbuhan ayam Joper terbilang sangat cepat yakni berkisar antara dua hingga tiga bulan.

2. Kebutuhan Pakan Rendah

Kelebihan lain ayam Joper adalah pada pakannya yang relatif mudah yakni hanya membutuhkan kurang lebih dua kwintal pakan hingga ayam mencapai dua bulan.

3. Memiliki Ketahanan Yang Baik

Salah satu masalah yang paling umum dijumpai oleh para peternak adalah tingkat ketahanan ayam baik terhadap cuaca maupun terhadap penyakit.

Resiko kematian ayam Joper terbilang cukup kecil jika dibandingkan dengan ayam broiler. Ayam Joper memiliki ketahanan yang baik terhadap cuaca dan penyakit.

4. Tekstur dan Rasa Daging Gurih Seperti Ayam Kampung

Tekstur daging yang kenyal serta rasa yang gurih menjadikan ayam Joper menjadi pilihan alternatif pengganti ayam kampung yang harganya terbilang cukup tinggi.

Oleh karenanya, tidak sedikit restoran atau rumah makan menggunakan ayam Joper sebagai pengganti ayam kampung maupun ayam broiler.

***

Itulah ulasan singkat mengenai ayam Joper sebagai laternatif pengganti ayam kampung. Semoga bermanfaat. Terima Kasih.

Leave a Comment