Gambaran Umum Biaya Umroh Bagi Anda yang Belum Berpengalaman

Biaya umroh – Kota Makkah dan Madinah merupakan dua kota suci umat Islam yang bila beribadah didalamnya akan mendapatkan pahala yang berlipat ganda.

Oleh karenanya Berkunjung ke tanah suci merupakan salah satu impian terbesar bagi setiap ummat muslim baik untuk melakukan ibadah haji atau untuk melakukan ibadah umroh.

Umroh via Wikipedia.org

Ibadah umroh merupakan ibadah yang paling banyak dilakukan oleh para jamaah saat menginjakkan kaki di tanah suci.

Hal tersebut dikarenakan ibadah umroh tidak terbatas waktu sebagaimana ibadah haji yang hanya dapat dilakukan pada waktu-waktu tertentu.

Sayangnya, berkunjung ke dua tanah suci tersebut membutuhkan banyak bekal diantaranya adalah dalam hal pendanaan.

Tidak sedikit dana yang harus dikeluarkan untuk kesan. Selain itu, juga sangat sulit bagi mereka yang baru pertama kali ingin menuju ke tanah suci.

Oleh karenanya, bagi mereka yang pertama kali ingin menginjakkan kaki ke tanah suci, sangat disarankan untuk menggunakan jasa para agen perjalanan yang dapat mengurus segala kebutuhan jamaah menuju baitullah.

Tidak sulit untuk menemukan agen perjalanan yang siap mengurus segala kebutuhan untuk menuju baitullah.

Sayangnya, banyaknya penyedia jasa menawarkan biaya yang ber beda-beda akhirnya membingungkan para calon jamaah yang sedang mencari agen perjalanan umroh.

Bahkan tidak sedikit dari jemaah yang telah melakukan perjalanan umroh melalui salah satu agen perjalanan umroh menjadi korban penipuan atau merasa kurang puas karena apa yang mereka dapatkan tidak sebanding dengan besarnya biaya yang dibayarkan.

Oleh karena itu, bagi anda yang ingin menjalankan ibadah umroh untuk pertama kalinya, ada baiknya jika anda mengetahu beberapa hal terkait biaya yang akan dikeluarkan untuk umroh agar anda mendapatkan gambaran serta terhindar dari upaya penipuan umroh oleh oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab.

Biaya Umroh

Penetapan tarif umroh yang ditetapkan oleh setiap agen perjalanan umumnya mencakup beberapa variabel, baik variabel utama maupun variabel tambahan.

Oleh karena itu, apa bila anda mendapatkan penawaran harga terkait biaya umroh dari pihak penyedia jasa perjalan maka ada baiknya jika anda menanyakan layanan apa saja yang tercakup dalam pembayaran tersebut.

Layanan Apa Saja yang Termasuk dan Tidak Termasuk Dalam Cakupan Biaya Umroh?

Rincian biaya umroh via Flickr.com

Mengetahui hal-hal apa saja yang tercakup dalam penetapan biaya yang ditawarkan oleh agen merupakan hal bijak yang patut anda lakukan sebelum memutuskan untuk memilih agen perjalanan umroh yang sesuai dengan kebutuhan anda.

Cakupan Biaya Umroh

Secara umum, biaya umroh yang ditawarkan oleh para penyedia layanan umroh meliputi beberapa hal. Diantaranya adalah:

  • Tiket pesawat
  • Visa umroh
  • Pendamping/mutowwif
  • Penginapan
  • Transportasi di Makkah dan Madinah
  • Konsumsi

Tidak Termasuk Dalam Cakupan Biaya

Selain layanan-layanan utama, terdapat beberapa layanan yang dibutuhkan oleh para jamaah namun tidak termasuk dalam cakupan biaya umroh. Diantaranya adalah:

  • Kelebihan bagasi
  • Buku kesehatan
  • Pajak Bandara
  • Ground handling
  • Asuransi perjalanan
  • Kebutuhan-kebutuhan pribadi
  • Biaya suntik meningitis
  • Laundry
  • Biaya tambahan terkait visa progresif.
  • Dll.

Itulah gambaran umum terkait hal-hal yang tercakup dan tidak tercakup dalam biaya umroh yang di tawarkan oleh para penyedia jasa penyelenggaraan umroh.

Namun perlu diketahui bahwa cakupan-cakupan diatans masih bersifat umum yang mungkin saja berbeda tergantung kebijakan masing-masing perusahaan.

Berapa Biaya Umroh yang terbilang Jumlah Wajar?

Pada dasarnya, wajar tidaknya biaya yang dikeluarkan untuk ibadah umroh yang ditawarkan oleh para penyelenggara umroh dapat dilihat dari fasilitas serta layanan yang disediakan bagi para jamaah.

Tawaran harga yang diluar dari kewajaran seperti terlalu murah atau terlalu mahal patut dipertanyakan dengan seksama. Apabila dianggap tidak masuk akal maka ada baiknya jika anda berhati-hati terhadap penawaran tersebut.

Berdasarkan rekomendasi kementrian agama pada tahun 2018, rekomendasi biaya umroh yang wajar pada layanan minimal adalah berada pada kisaran 20 jutaan untuk wilayah yang memiliki penerbangan langsung seperti di Jakarta, Surabaya, dan Makassar. Sedangkan untuk wilayah lain kemungkinan akan dikenakan biaya lebih.

Harga tersebut meliputi beberapa variabel utama seperti

Harga Tiket
Variabel pertama yang tercakup dalam biaya umroh adalah harga tiket. Harga tiket indonesia-arab Saudi umumnya berkisar antara 9 sampai 14 juta per orang untuk pulang dan pergi.

Akomodasi
Variabel selanjutnya adalah terkait akomodasi jamaah. Para penyelenggara biasanya menyiapkan hotel bintang tiga hingga bintang lima dengan kisaran harga 500 ribu – hingga 3 jutaan untuk satu malam.

Biaya Lainnya
Biaya-biaya lainnya adalah biaya yang meliputi kegiatan-kegiatan terkait ibadah seperti Biaya manasik, mutowif, dll.

Tips Bagi anda yang Ingin Menunaikan Inbadah Umroh Untuk Pertama Kalinya

Tips seputar biaya umroh via pxhere.com

Bagi anda yang ingin menjalankan ibadah umroh untuk pertama kalinya, ada baiknya jika anda memeprthatika beberapa hal berikut:
Jangan mudah tergoda oleh iming-iming harga murah

Biaya perjalanan yang terbilang tidak sedikit serta keinginan masyarakat untuk dapat menjalankan ibadah umroh menjadi celah bagi para oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab untuk menipu para calon jamaah.

Iming-iming harga murah adalah senjata yang paling umum dilakukan. Oleh karenanya, ada baiknya jika anda lebih hati-hati bila ada agen yang menawarkan paket diluar harga wajar.

Bayar Lebih Untuk Mendapatkan Lebih
Ibarat kata “Ada harga, Ada rupa”, jangan ragu untuk mengeluarkan lebih untuk mendapatkan layanan yang lebih baik. Akan tetapi anda tetap harus selektif dan benar-benar memahami cakupan layanan untuk harga yang ditawarkan.


Itulah ulasan singkat seputar biaya umroh, semoga dapat menambah pemahaman anda terkait dana yang anda keluarkan untuk perjalanan anda. Semoga bermanfaat. Terima kasih.

Leave a Comment