Ini Dia Cara Jitu Mengatasi Susah Tidur [Ampuh]

Cara jitu mengatasi susah tidur – Bagi sebagian orang tidur adalah hal biasa yang dapat dilakukan kapanpun dan dimana pun.

Namun berbeda halnya dengan mereka yang mengidap Insomnia atau susah tidur.

Bagi mereka tidur adalah hal yang luar biasa, ibarat orang sakit yang merindukan kesehatan.

Tidak sedikit dari mereka para penderita insomnia mencoba berbagai hal agar dapat menikmati nikmatnya tidur namun hasilnya tetap nihil.

Oleh karena itu, pada postingan kali ini kita akan berbagi mengenai cara jitu mengatasi susah tidur. Semoga dapat diaplikasikan secara menyeluruh.

Cara Jitu Mengatasi Susah Tidur

Trik jitu mengatasi susah tidur malam
Jbsa.mil

Berikut beberapa cara jitu mengatasi susah tidur yang dapat anda terapkan dirumah.

1. Membersihkan diri

Semuanya dimulai dari diri anda. So, langkah awal yang paling efektif untuk anda lakukan adalah dengan membersihkan diri anda.

Sebisa mungkin hindari menggunakan pakaian yang telah anda kenakan seharian. Dan jika memungkinkan ada baiknya jika anda mandi terlebih dahulu untuk membersihkan seluruh tubuh.

Jika mandi tidak memungkinkan cukup dengan membersihkan bagian-bagian tubuh yang dirasa perlu untuk dibersihkan seperti wajah dan kaki serta jangan lupa gosok gigi.

Bagi anda yang beragama muslim, anda dapat mengikuti Sunnah yang dicontohkan oleh Rasul yakni membersihkan gigi dan berwudhu sebelum tidur.

2. Lemaskan Otot Kaku Dengan Air Hangat

Sejalan dengan nomor satu diatas, jika ingin mandi, ada baiknya jika anda menggunakan air hangat.

Mandi dengan menggunakan air hangat adalah salah satu cara melemaskan otot-otot tubuh yang tegang setelah beraktifitas seharian.

Dengan begitu otot-otot yang ada pada tubuh anda akan kembali rileks sehingga memudahkan anda untuk tidur lebih pulas.

Sebagai tambahan, jika anda ingin berendam, anda dapat menambahkan Garam Espom kedalam jakuzi tempat anda akan berendam.

Kandungan Garam Espom dapat membantu anda menjadi lebih rileks dan nyaman sehingga anda lebih cepat tidur.

3. Hadirkan Kenyamanan Di sekitar Tempat Tidur Anda

Tempat tidur nyaman agar cepat tidur
Pixabay.com

Cara jitu mengatasi susah tidur yang selanjutnya adalah menghadirkan kenyamana disekitar tempat tidur.

Sebab, selain menghadirkan kenyamanan untuk diri, anda juga harus dapat mengahdirkan kenyamanan di sekitar tempat tidur anda.

Berikut beberapa kenyamanan yang harus anda hadirkan:

1.Menjaga Kebersihan Kamar

Menjaga kebersihan kamar dan tempat tidur adalah hal penting yang harus anda perhatikan. Sebab kamar yang bersih akan membawa perasaan anda menjadi lebih nyaman dan tenang.

2. Menggunakan Aroma Terapi

Setelah kamar bersih anda dapat menambahkan wewangian atau aroma terapi yang dapat membantu anda merasa semakin rileks.

Anda dapat menggunakan Aroma terapi di sekitar tempat tidur anda atau diseluruh ruangan kamar.

3. Mengatur Pencahayaan

Selain itu, pengaturan pencahayaan kamar juga sangat berperan dalam membantu anda agar dapat segera tidur.

Cahaya yang terlampau terang akan menyulitkan mata anda untuk beristirahat. Oleh karenanya anda dianjurkan untuk mematikan lampu saat ingin tidur.

Namun jika tidak memungkinkan anda dapat menggunakan lampu yang sedikit redup untuk menurunkan aktifitas mata anda.

4. Konsumsi Kudapan Ringan

Kudapan pengantar tidur
Pixabay.com

Jika anda merasa perlu, anda dapat mengkonsumsi kudapan-kudapan ringan. Khususnya kudapan-kudapan yang dapat membantu anda untuk segera tidur.

Pisang dapat membantu anda lebih cepat tidur dengan kandungan triptophan dan melatonin didalamnya yang akan berubah menjadi seorotonin yang dapat membantu anda menjadi lebih cepat tidur.

Selain itu, kandungan magnesium pada pisang yang akan terserap oleh tubuh anda saat konsumsi pisang dapat membantu meredakan ketegangan yang dirasakan fisik anda.

Selain pisang, anda juga dapat meminum susu hangat sebelum tidur yang dapat membawa tubuh anda menjadi semakin rileks dengan kandungan tryptophan didalamnya.

Hindari Makanan Berat Serta Minuman yang mengandung Kafein dan Alkohol
Tidak disarankan untuk mengkonsumsi makan-makanan berat jika anda hendak tidur. Konsumsi makanan berat dapat anda lakukan 3-4 jam sebelum tidur.

Selain itu, konsumsi minuman yang mengandung kafein serta alkohol sebelum tidur hanya akan menyulitkan Anda untuk tidur lebih cepat bahkan dapat menyebabkan anda terserang Vertigo.

5. Cara Jitu Mengatasi Susah Tidur : Membaca Buku

Jika masih sulit untuk tidur, ada dapat melakukan aktifitas pengantar tidur yang menurut sebagian orang sangat efektif yakni membaca buku.

Aktifitas membaca buku yang disertai dengan kondisi pencahayaan yang minim dapat menjadikan anda cepat lelah dan segera terlelap.

Oleh karenanya banyak orang yang menggunakan cara ini sebagai aktifitas pengantar tidur.

Namun perlu diingat bahwa jenis buku yang biasanya dibaca adalah buku-buku yang berkonten ringan sehingga tidak malah membuat stress saat membacanya.

6. Jauhkan Diri Dari Gadged

Hindari Gadged sebelum tidur
Pixabay.com

Menjadikan gadget sebagai pengantar tidur sama dengan mengajak anda untuk terus terjaga. Sebab didalam gadget tidak hanya menyajikan bacaan akan tetap tontonan-tontonan yang memicu Anda untuk terus terjaga.

Oleh karenya penting bagi anda untuk mematikan dan menjauhkan gadget anda jika anda telah berniat untuk tidur.

7. Mendengarkan Murottal

Jika penyebab insomnia anda adalah stress maka mendengarkan lantunan ayat-ayat suci bisa menjadi peredam ketegangan fikiran anda.

Oleh karenanya, jika anda merasa stress, tegang, atau khawatir makan ada baiknya anda memutar atau mendengarkan murottal Al-Qur’an sebagai pemenang hati.

8. Berdoa

Hal terpenting dari semuanya adalah meminta pertolongan dan perlindungan dari sang maha pencipta segalanya.

Setelah semuanya telah diusahakan dengan maksimal maka saatnya bagi kita untuk berserah diri dengan menyerahkan sepenuhnya kepada-Nya.


Demikianlah beberapa cara jitu mengatasi susah tidur yang dapat anda lakukan dirumah. Jika setelah melakukan beberapa cara jitu mengatasi susah tidur diatas namun Anda masih susah tidur maka ada baiknya jika anda mengkonsultasikan masalah tersebut ke dokter atau psikolog yang kompeten.
Semoga bermanfaat. Terima kasih.

Leave a Comment