Ketahui Cara kerja gps mobil dan Cara Melacak Kordinat Kendaraan

GPS Mobil – Penggunaan teknologi pelacak kendaraan pada kendaraan seperti mobil maupun motor akhir-akhir ini banyak di aplikasikan oleh para pemilik kendaraan pada kendaraan mereka.

Hal tersebut dikarenakan bukan saja bermanfaat sebagai pelacak kendaraan saja, akan tetapi dapat memiliki ragam manfaat lainnya.

Gps Mobil

GPS Mobil
GPS Mobil via pixabay.com

GPS Mobil atau umumnya disebut GPS tracker adalah sebuah alat yang memiliki sistem pelacakan kendaraan yang diletakkan di mobil, motor, atau barang-barang bergerak lainnya untuk keperluan pemantauan benda tersebut secara real time.

Alat tersebut memiliki kemampuan mengirim informasi lokasi terkahir dari kendaraan yang telah dipasangi GPS Tracker. Informasi tersebut dapat berupa titik kordinat, gambar dua dimensi, dll.

Berdasarkan informasi titik kordinat tersebut makan setiap kendaraan yang telah terpasang GPS tracker dapat diketahui keberadaannya dengan mudah dan cepat baik melalui google maps atau aplikasi pelacak yang disediakan oleh para provider GPS.

Cara Kerja GPS Mobil

GPS mobil pada dasarnya bekerja sebagaimana GPS navigasi pada umumnya yakni bekerja dengan bantuan satelit. Akan tetapi perkembangan teknologi GPS yang dikhususkan untuk kendaraan memiliki fungsi khusus yang disesuaikan dengan kebutuhan pelacakan kendaraan.

Bagaimana cara kerja GPS mobil ini? Berikut penjelasannya.

  • GPS Tracker memulai pekerjaannya dengan berkomunikasi dengan satelit satelit GPS yang mengorbit bumi selama 24 jam non stop.
  • Frekwensi sinyal satelit yang terhubung dengan GPS Tracker akan memberitahukan GPS segala informasi terkait kordinat GPS teresebut.
  • Setelah mendapatkan informasi terkait posisi GPS yang tertanam pada kendaraan, selanjutnya GPS akan mengirim informasi data tersebut ke server GPS melaui tower-tower operataor.
  • Server kemudian menerima semua data yang dikirim oleh GPS yang selanjutnya akan diolah dan disimpan kedalam database server.
  • Segala data terkait lokasi kordinat kendaraan akan diolah dan disimpan di server GPS yang kemudian akan dikirimkan ke penggunan jika sewaktu-waktu ada permintaan dari penggunan server.
  • Setiap data yang diminta oleh user dapat ditampilkan melalui aplikasi bawaan GPS,  aplikasi desktop, atau aplikasi aplikasi lainnya.

Itulah gambaran umum cara kerja GPS mobil dalam sistem pelacakan atau penetuan kordinat posisi  kendaraan yang telah dipasangi GPS tracker.

Cara Mengetahui Kordinat Kendaraan

cara mengetahui kordinat kendaraan
cara kerja gps mobil via wikipedia.org

Selanjutnya adalah bagaimana seorang user melakuan permintaan kepada server guna mengetahui titik kordinat sebuah kendaraan?

Untuk melakukan permintaan posisi kendaraan yang akan dilacak, para user umumnya dapat melakukannya dengan berberapa cara. Diantaranya adalah:

1. Melalui Panggilan Telepon atau SMS

Cara pertama yang dapat dilakuan untuk melacak keberadaan kendaraan yang telah dipasangi GPS Tracker adalah dengan melakukan panggilan pada alat pelacak yang telah dipasang di kendaraan.

Panggilan tersebut ditujukan sebagai permintaan posisi kepada GPS sehingga GPS tracker tersebut akan merespon dengan mengirimkan titik koordinat lokasi kendaraan kepada user melalui pesan singkat SMS.

2. Dengan Mengakses Situs Tracking

Cara selanjutnya adalah dengan mengakses situs tracking yang telah disediakan oleh perusahaan penyedia layanan yang dapat diakses melalui lapotop, komputer, atau smartphone para user.

Setiap penyedia layanan GPS tracking memiliki situs masing-masing yang dapat diakses oleh para usernya jika ingin melakukan proses tracking kendaraannya.

Setiap pelanggan diberikan id yang digunakan ketika mengakses situs tracking dari perusahaan. Setiap user memiliki id yang berbeda dengan user lainnya sehingga memudahkan dalam proses tracking.

Apa Saja Keuntungan Menggunakan GPS Mobil?

Penggunaan GPS pada kendaraan akhir-akhir ini semakin marak diaplikasikan pada kendaraan, baik pada kendaraan perusahaan maupun pada kendaraan milik pribadi. Apa saja keuntungan menggunakan GPS pada mobil?

Bagi perusahaan, penggunaan GPS pada seluruh armadanya akan memudahkan dalam pengotrolan penggunaan kendaraan. Dengan begitu, pihak perusahaan akan mengetahui kemana saja kendaran milik mereka bepergian.

Di sisi lain, perkembangan teknologi GPS Trakcer saat tidak hanya menyajikan kordinat kendaraan saja akan tetapi dapat memberikan beragam data-data pendukung seperti jarak tempuh, kecepatan, dll yang dapat dijadikan rujukan oleh perusahaan untuk kepentingan perbaikan operasional dll.

Bagi penggunaan pada kendaraan pribadi, penggunaan GPS mobil dapat memudahkan pemilik kendaraan untuk melacak kendaraan mereka khususnya jika digunakan oleh orang lain sehingga pemilik kendaraan dapat merasa tenang atau dapat segera bertindak jika terjadi sesuatu.

Penggunaan GPS Tracker pada kendaraan juga dapat dijadikan asisten pribadi saat berkendara dimana dapat menunjukkan jalan terbaik menuju tujuan bahkan dapat menghindarkan dari kemacetan di jalan.

Leave a Comment