Cara Menjadi Arsitek Tanpa Melalui Pendidikan Formal

rincian cara jadi arsitek
Cara menjadi arsitek via pixabay.com

Cara menjadi arsitek – Bisakah menjadi arsitek tanpa melalui pendidikan formal?. Pertanyaan ini adalah pertanyaan yang paling umum yang ditanyakan oleh mereka-mereka yang sangat ingin menjalani karir sebagai seorang arsitek namun tak memiliki kesempatan mengenyam pendidikan secara formal.

Mungkin pertanyaan tersebut adalah pertanyaan yang sulit dijawab oleh mereka yang belum pernah menjalani pendidikan arsitek secara formal. Hal tersebut dikarenakan mereka belum mengetahui apa-apa saja yang dipelajari pada proses pendidikan arsitek secara formal.

Akan tetapi, pertanyaan tersebut mungkin dapat dijawab dengan fakta-fakta yang terjadi di dunia nyata. Baik fakta yang terkait dunia arsitek maupun yang terkait dengan penyebaran informasi saat ini.

Fakta yang pertama adalah banyak diantara maestro kenamaan dunia di bidang arsitektur  yang tidak mengenyam pendidikan arsitektur secara formal.

Para Pesohor Arsitek Tanpa Pendidikan Formal

Nama-nama besar seperti Frank Lloyd Wright, Louis Sullivan, Le Corbusier,  Mies Van Der Rohe, Tadao Ando, dan Buckminster Fuller merupakan nama-nama besar di dunia arsitektur tanpa melalui pendidikan formal namun telah memiliki maha karya yang luar biasa dalam dunia arsitekur.

Frederich Silaban adalah nama besar di dunia arsitektur Indonesia yang tidak mengenyam pendidikan formal arsitektur. Diketahui bahwa pendidikan Frederich hanya sampai pada tingkat STM.

Meski secara pribadi tak banyak dikenal oleh khalayak luas, akan tetapi karyanya dikenali hampir seluruh masyarakat Indonesia.

Diantara karya-karya besar Frederich adalah masjid Istiqlal, Gelora Bung Karno, Monumen Khatulistiwa, dll.

Bahkan atas karyanya tersebut, Frederich Silaban mendapatkan tanda kehormatan Berupa Bintang Jasa Sipil dari pemerintah Indonesia.

Fakta selanjutnya adalah, perkebangan teknologi yang semakin pesat belkangan ini menjadikan penyebaran informasi menjadi sangat cepat dan mudah.

Oleh karenanya saat ini tidaklah sulit untuk mendapatkan informasi-informasi yang terkait dengan arsitektur khususnya di dunia maya (red:internet). Bahkan dapat dikatakan bahwa sedikit banyaknya materi belajar yang didapatkan di pendidikan formal telah dapat di temukan di dunia maya.

Dari fakta-fakta diatas maka anda dapat mengambil kesimpulan untuk menjawab pertanyaan “Bisakah menjadi arsitek tanpa pendidikan formal?”

 Bagaimana Cara Menjadi Arsitek Tanpa Pendidikan Formal?

jadi arsitek tanpa sekolah
Menjadi arsitek tanpa pendidikan formal via pixabay.com

Menjadi seorang arsitek tanpa melalui pendidikan formal bukanlah hal yang mustahil terjadi. Selama anda memiliki tekad dan kemauan keras maka tidak ada cita-cita yang tidak dapat tercapai yang tentunya dengan seizin Allah.

Berikut beberapa tips cara menjadi arsitek tanpa pendidikan formal:

1. Berdoa

Hal pertama yang harus anda lakukan adalah berdoa meminta petunjuk kepada yang maha kuasa. Sebab bagaimanapun juga tanpa izin-NYA maka semua akan mustahil terjadi.

2. Mencari Informasi

Carilah informasi sebanyak mungkin terkait dunia arsitektur khsusnya di dunia online. Tahukah anda bahwa secara umum materi yang dipaparkan oleh dosen pada sekolah arsitek formal sedikit banyaknya dapat ditemukan di internet.

Dan tahukah anda bahwa kebanyakan pelajaran yang didapatkan di pendidikan formal hanya bersifat umum sehingga kebanyakan para mahasiswa akan mencari informasi-informasi selanjutnya diluar pendidikan formal seperti perpustakaan maupun di dunia maya.

Hal yang terpenting bagi anda adalah temukan silabus pelajaran yang diajarkan pada pendidikan formal sehingga dapat anda jadikan patokan untuk mencari informasi seputar arsitek di dunia maya.

3.  Pelajari langkah demi langkah

Setelah anda mengumpulkan informasi sebanyak banyaknya maka selanjutnya adalah mempelajarinya langkah demi langkah. Oleh karena itu, ada baiknya jika informasi yang telah anda temukan di internet disusun dengan baik berdasarkan silabus pembelajaran sehingga mudah untuk mengikutinya.

4. Bergabung Dengan Komunitas

Bergabunglah dengan komunitas –komunitas atau organisasi-organisasi yang terkait dengan dunia arsitektur.

Dengan begitu anda akan mendapatkan teman memiliki minat yang sama di dunia arsitektur. Dengan begitu anda akan mendapatkan pengetahuan lebih diluar dari pengetahuan yang telah anda dapatkan sebalumnya.

5. Konsisten

Melihat karya yang dihasilkan oleh seorang arsitek secara sekilas sangatlah mengagumkan, akan tetapi tidak banyak yang tahu bahwa untuk mencapai hal tersebut harus melalui perjalanan yang panjang dan tidak mudah.

Oleh karena itu, konsistensi merupakan hal wajib yang ada pada diri anda untuk dapat menghasilkan maha karya yang menakjubkan pula.

6. Temukan Mentor

Satu hal yang hampir sama dilakukan oleh para arsitek-arsitek kenamaan diatas adalah memiliki mentor untuk belajar.

Dengan adanya mentor maka anda akan mendapatkan bimbingan layaknya sekolah formal bahkan dapat dikatakan lebih baik jika dibandingakan dengan pendidikan formal.

Bersama mentor anda akan diajak berhadapan langsung dengan aktifitas-aktifitas arsitektur secara nyata. Dengan begitu anda tidak hanya menerima teori akan tetapi juga praktek dalam bentuk pengaplikasian.

Salah satu cara mendapatkan mentor adalah dengan mengajukan diri untuk magang pada perusahaan-perusahaan penyedia jasa arsitektur.

Selain itu, anda juga dapat secar langsung mengajukan diri kepada seorang yang anda anggap dapat membimbing anda dalam dunia arsitektur.

***

Itulah beberapa tips bagi anda yang ingin menjadi seorang aristek namun tidak memiliki kesempatan untuk mengikuti pendidikan formal. Semoga bermanfaat, terima kasih.

Leave a Comment