Teknik Pijat Refleksi Sederhana Serta Langkah-Langkah Pemijatan

Cara pijat refleksi – Jamak diketahui bahwa pemijatan refleksi merupakan solusi utama relaksasi tubuh yang paling sederhana.

Setelah anda mengetahui manfaat-manfaat pijat refleksi serta titik-titik refleksi untuk setiap keluhan yang anda alami, saatnya untuk melakukan pemijatan.

Terdapat beberapa teknik-teknik pemijatan sederhana terhadap titik-titik refleksi yang dapat anda lakukan untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Pada pembahasan kali ini, kita akan membahas mengenai teknik-teknik pemijatan yang umum digunakan, serta langkah-langkah pemijatan refleksi.

Cara Pijat Refleksi

teknik pijat refleksi
pxhere.com

Cara melakukan pijat refleksi sangatlah sederhana, berikut beberapa jenis teknik – teknik pijatan sederhana yang dapat anda aplikasikan pada saat melakukan pijatan :

Pijat Dasar

Pijatan dasar adalah pijatan-pijatan lembut pada telapak kaki dimulai dari jari-jari kaki sampai tumit dan kembali ke jari-jari kaki.

Berikan tekanan yang berbeda pada setiap pijatan, semakin mendekati ke tumit tekanan yang diberikan semakin ditingkatkan dan sebalikya semakin menjauhi tumit kembali ke jari-jari kaki tekanan pun perlahan-lahan dilepaskan.

Lakukan pijatan ini berulang-ulang selama 30 detik.

Cara pijat refleksi ini bertujuan untuk menstimulus peredaran darah di kaki agar memberikan sensasi nyaman dan hangat pada kaki.

Pijat Memutar

Pijatan ini dilakukan dengan menggunakan ibu jari, tekanan dilakukan pada titik-titik refleksi yang akan berikan rangsangan khusus.

Caranya dengan menggunakan kedua ibu jari sambil membuat lingkaran-lingkaran kecil dengan tekanan sedang.

Pijatan Berlawanan

memijat secara berlawanan arah juga dilakukan dengan menggunakan ibu jari, tekanan dilakukan pada area yang akan berikan rangsangan dengan menggunakan kedua ibu jari dengan arah berlawanan satu sama lain keatas dan kebawah

Pijatan Kepalan

Titik-titik refleksi yang membutuhkan tekanan lebih dapat dilakukan dengan pemijatan menggunkan kepalan.

Pemijatan ini dilakukan dengan tangan terkepal. gunakan bagian atas kepalan untuk melakukan tekanan pada bagian yang akan diberi rangsangan, dengan cara ditekan sambil di putar-putar kemudian dilepas secara lembut.

Umumnya cara pemijatan dengan menggunakan kepalan ini digunakan untuk menekan bagian lengkungan kaki.

Langkah-Langkah Pemijatan

langkah-langkah pemijatan refleksi
pxhere.com

Setelah mengetahui beberapa jenis teknik pemijatan, selanjutnya adalah mempelajari langkah – langkah pemijatan agar cara pijat refleksi dapat dilakukan dengan maksimal.

Mulailah Dengan Relaksasi

Pilihlah tempat yang nyaman dan tenang, dan pastikan jauh dari gangguan dari luar untuk beberapa saat.

Mulailah untuk merilekskan diri sejenak, gunakan lotion atau wangi-wangian aroma terapi yang dapat membantu anda merilekskan diri guna memberikan fleksibilitas pada tubuh anda saat melakukan pemijatan.

Identifikasi Keluhan Tubuh

Saat anda telah merasa nyaman saatnya untuk memulai proses terapi pijat dengan mula-mula melakukan identifikasi atau merasakan bagian-bagian mana pada tubuh anda yang sedang mengalami masalah

Setelah anda mendeteksi bagian tubuh anda yang mengalami masalah, mulailah menentukan titik-titik mana saja yang berhubungan bagian tubuh yang sedang bermasalah dengan mengacu pada panduan titik-titik refleksi yang telah anda pelajari sebelumnya.

Contohnya, apabila anda mengalami masalah pada bagian perut anda maka seperti yang kita ketahui bahwa kebanyakan organ-organ pada perut berada di sebelah kriri sehingga kita fokus pada kaki kiri dengan posisi refleksi perut berada diantara dibawah area dada dan diatas garis pinggang.

Proses Pemijatan

Selanjutnya lakukan pijatan secara pelahan-lahan pada titik-titik refleksi yang telah anda tentukan sebelumnya. tekanan dapat secara bertahap ditingkatkan sampai anda merasakan reaksi berbeda untuk memastikan bahwa titik tersebut telah mendapatkan rangsangan.

Tahan tekanan selama kurang lebih 30 detik dan lepaskan secara pelahan, kurangi tekanan apabila anda merasakan sakit yang berlebih saat melakukan tekanan.

Berikan jeda selama beberapa detik saat anda akan melakukan tekanan selanjutnya.

Gunakan teknik-teknik pijatan yang telah anda pelajari sebelumnya dalam memberikan tekanan pada daerah refleksi sesuai kebutuhan anda.

Setelah memberikan terapi pada titik-titik yang telah anda tentukan sebelumnya, lakukan pijatan ringan pada seluruh area refleksi yang lain.

Saat anda telah menyelesaikan semua pijatan, beristirahatlah sejenak sambil merasakan efek rileks dari pijatan.

Minumlah beberapa gelas air setelah terapi, air akan membantu mengeluarkan racun dari organ – organ dan otot yang keluar sebagai efek dari pemijatan.

****

Demikianlah penjelasan mengenai cara pijat refleksi untuk pemula. Perlu untuk diketahui bahwa terapi pijat refleksi ada baiknya dilakukan secara menyeluruh tidak hanya terfokus pada satu syarat tertentu saja.

Setiap organ dalam tubuh kita banyak memiliki keterkaitan dengan organ-organ lain, sehingga terjadi keseimbangan dalam tubuh.

Semoga bermanfaat.

Leave a Comment