Cara Cek Ongkir Pos Online Langsung dan Tidak Langsung [+Kelebihan dan Kekurangannya]

Cek Ongkir Pos – PT. Pos Indonesia merupakan salah satu pioneer dalam dunia jasa pengiriman di Indonesia. Berdasarkan catatan sejarah, perusahaan yang telah menjadi BUMN ini telah beroperasi sejak jaman penjajahan belanda.

Seiring berjalannya waktu, PT Pos Indonesia terus berbenah dan menyesuaikan diri dengan perkembangan zaman serta tingkat persaingan yang semakin tinggi.

Salah satu layanan yang dihadirkan Pos Indonesia untuk meningkatkan pelayanannya kepada para pelanggan di tanah air adalah dengan adanya fasilitas cek ongkos kirim melalui pos yang dapat di lakukan secara online.

Cek Ongkir Pos Indonesia

cara cek ongkos kirim pos indonesia
Cek ongkir Pos Indonesia via pxhee.com

Tidak dapat di pungkiri lagi bahwa tingkat penggunaan internet di Indonesia semakin hari semakin tinggi dengan jangkauan hingga ke pelosok negeri.

Bertolak dari kondisi tersebut, PT. Pos sendiri ikut melakukan berbagai penyesuaian-penyesuaian yang bertujuan untuk mempermudah masyarakat dalam hal layanan pengiriman.

Salah satu fitur layanan yang disediakan oleh PT Pos adalah layanan kemudahan dalam hal melakukan cek ongkos kirim.

Cek ongkos kirim melalui pos ini dapat dilakukan secara online yang salah satunya adalah dengan mengakses situs Pos Indonesia secara langsung. Bagaimana cara cek tarif pos Indonesia ini? berikut penjelasannya.

Cara Cek Ongkir Pos Indonesia

Untuk meggunakan fitur cek ongkir pos Indonesia ini dapat dilakukan melalui beberapa cara baik secara langsung maupun tidak langsung.

Cek Ongkir Pos Secara Langsung

Cara pertama yang dapat dilakuan untuk melakuan cek tarif pos adalah dengan mengakses secara langsung ke situs PT. Pos Indonesia secara langsung.

1. Mengakses Situs Resmi

cek ongkos kirim melalui pos
situs resmi Pos Indonesia

Langkah pertama yang harus anda lakukan adalah mengakses situs resmi
di posindonesia.co.id.

Setelah masuk pada halaman utama, anda akan menemukan beberapa fitur layanan yang disediakan oleh PT. Pos Indonesia yang salah satunya adalah fitur Cek Ongkos Kirim.

2. Masukkan Data Alamat Asal dan Alamat Tujuan

cek tarif pos
Cek Ongkir Pos

Pada fitur Cek Ongkos Kirim anda dipersilahkan memasukkan data yakni alamat asal dengan keterangan kolom “Dari” dan alamat tujuan dengan keterangan kolom “Ke”, dan jumlah berat paket/kiriman.

Alamat asal adalah alamat pengirim atau tempat barang akan dikirim atau pihak pengirim, sedangkan alamat tujuan adalah alamat yang akan dituju atau pihak penerima kiriman.

Data yang dimasukkan harus detail dan benar agar tidak terjadi error atau kesalahan perhitungan ongkos kirim. Umumnya data yang dibutuhkan adalah nama provinsi, kecamatan, kelurahan/desa, dll.

Setelah semua data dimasukkan maka anda selanjutnya dapat menekan tombol “Cek Tarif”.

3. Memasukkan Detail Kiriman

cara mengecek ongkir pos Indonesia
detail kiriman

Apabila anda melakukan cek tarif di halaman utama maka anda akan diarahkan ke halaman selanjutnya untuk melakukan pengisian detail kiriman.

Pada halaman detail kiriman, anda akan diminta mengisi kolom terkait detail paket kiriman yang akan anda kirim.

Kolom detail kiriman tersebut meminta informasi seputar kirirman anda yakni:

  • Jenis kiriman berupa surat atau paket.
  • Berat kiriman dalam satuan gram.
  • Ukuran dimensi paket (Panjang, Lebar, tinggi) yang dihitung dalam satuan Centimeter.
  • Berapa nilai Barang kiriman.

4. Isi Captcha

detai biaya pengiriman pos indonesia

Captcha

Setelah semua data dilengkapi maka silahkan memberikan tanda centang pada kolom Captcha yang disediakan dan menekan tombol “Cek Tarif”.

Apabila semua data telah diisi dengan benar maka anda akan mendapatkan informasi yang anda butuhkan terkait tarif paket pos per kg untuk tujuan pengiriman berdasarkan data yang telah dimasukkan lengkap dengan varian paket layanan serta estimasi waktu pengiriman.

Itulah cara cek tarif pos yang dapat anda lakukan secara online melalui situs resmi PT. Pos Indonesia.

Cara Melakukan Cek Tarif Ongkir POS Secara Tidak Langsung

Selain dilakukan pada situs resmi PT.POS, Cek ongkir POS juga dapat dilakuan denngan cara lain yakni melalui situs-situs pihak ketiga.

Umumnya situs pihak ketiga yang memiliki fitur cek ongkir POS juga memiliki fitur cek ongkir untuk layanan pengiriman lain. Dengan begitu anda dapat membandingkan layanan mana yang cocok untuk anda.

Kelebihan Cek Ongkos Kirim di Situs Resmi POS Indonesia

Kelebihan utama dalam melakukan cek tarif pos melalui situs resmi adalah anda akan mendapatkan informasi yang up to date langsung dari pihak PT. Pos Indonesia terkait biaya ongkos kirim yang dapat berubah berdasarkan kebijakan perusahaan.

Kekurangan Cek Ongkir POS di Situs Resmi

Saat melakukan pengecekan tarif pos secara online di situs utama PT. Pos Indonesia, terkadang kita dihadapkan pada beberapa permasalahan yang tidak diketahui sumber masalahanya.

Berikut beberapa kekurangan pernah penulis temukan saat melakukan cek ongkos kirim melalui pos di situs utama PT. Pos Indonesia.

1. Cenderung Ribet

Salah satu masalah yang ditemukan oleh kami saat melakukan cek tarif pos adalah pada proses pengisian data yang terkesan ribet.

Hal tersebut akan terasa saat anda melakukan cek tarif pos di halaman utama. Dimana setelah memasukkan data dan menekan tombol “Cek Tarif” anda tidak langsung mendapatkan informasi mengenai tarif akan tetapi anda akan diarakan ke halaman lain untuk melakukan pengisian kelengkapan informasi.

2. Membingungkan Dalam Melakukan Perubahan Data (Untuk yang masih awam)

Bagi mereka yang masih awam mungkin akan mengalami sedikit kebingungan saat akan melakukan perubahan data. Khususnya jika semua data telah dimasukkan hingga data kelurahan.

Jika semua data telah terisi maka anda tidak dapat melakukan perubahan secara langsung akan tetapi anda harus menekan kolom teratas yang bertanda “<” secara bertahap dari kelurahan, kecamatan, kabupaten, hingga provinsi.

Hal tesebut tentu akan membingungkan bagi orang awan atau orang yang baru pertama kali menggunakan layanan tersebut disbabkan tidak adanya tombol navigasi yang lebih jelas.

3. Pencarian Otomatis Terbatas

Pencarian otomatis hanya untuk nama negara dan provinsi, untuk kota, kecamata, dll tidak mencari otomatis berdasarkan huruf yang di ketikkan akan tetapi pengguna harus mencari nama kota dengan memperhatikan satu persatu

3. Gagal Refresh

Saat di refresh data tidak ter-reset akan tetapi masih terpajang sehingga untuk mengecek ongkir pos dengan alamat yang berbeda harus menghapus satu persatu kolomnya, tepatnya setiap kolom harus di back dlu sehingga menjadi kosong.

4. Tombol Reset Tidak Berfungsi

Tombol reset data yang ada pada bagian bawah tidak berfungsi saat kita hendak melakukan reset data.

Bagaimana Penentuan Sistem Tarif Ongkir POS?

tarif pengiriman pos
penentuan tarif via pxhere.com

Penentuan tarif ongkir POS yang ditetapkan oleh POS adalah berdasarakan asal dan tujuan dan dikalikan dengan berat paket.

Penentuan berat sendiri dilakukan melalui dua macam perhitungan yakni perhitungan berat secara langsung (tarif Kilogram) dan perhitungan Volumetrik (Tarif Volume).

Perhitungan Berat Secara Langsung

Perhitungan berat secara langsung biasanya diberlakukan kepada paket kiriman yang berukuran kecil atau tidak memakan banyak tempat.

Caranya dengan dilakukan penimbangan secara langsung menggunakan alat timbang yang ada di kantor pos.

Perhitungan Berat Volumetrik

Pehitungan berat volumetrik diberlakuan kepada paket atau barang kiriman yang besar atau memakan banyak tempat.

Salah satu cara perhitunga volumetrik untuk dikonversi menjadi berat adalah dengan menggunakan rumus (Panjang X Lebar X Tinggi x 1kg)/6000. Namun diluar dari rumus tersebut terkadang ada perbedaan nilai pembagi yang ditentukan oleh kebijakan perusahaan.

***

Demikianlah ulasan singkat seputar cara cek tarif pos, kekurangan dan kelebihannya, serta sistem penentuan tarifnya. Semog bermanfaat. Terima kasih.

Leave a Comment