Review Singkat Perbandingan Kamera DSLR dan Mirrorless

Pilih mana? DSLR atau Mirrorles? Petanyaan ini paling sering muncul saat seseorang ingin membeli kamera baru.
Bukan tanpa alasan. Sebab perkembangan teknolongi kamera yang begitu cepat menjadi akibat munculnya berbagai macam jenis kamera dengan fitur-fitur keunggulan masing-masing.

Belakangan yang paling anyar adalah munculnya jenis kamera mirrorless yang membingungkan masyarakat apakah kamera ini menjadi pengganti kamera sebelumnya seperti DSLR atau muncul sebagai varian baru di teknologi kamera.

Sebuah pertanyaan pun muncul yang dari dulu menjadi perdebatan. Apa bedanya DSLR dan mirrorless?

Bagi anda yang masih bingung mau beli DSLR atau mirrorless, pada pembahasan kali ini kita akan membahas perbedaan mirrorless dan DSLR.

DSLR dan Mirrorless

perbandingan dslr vs mirrorless
publicdomainpictures.net

DSLR adalah singkatan dari digital single lens reflect dengan sistem kerja menggunakan sistem cermin atau kaca yang terletak pada bagian tengah body kamera yang diletakkan sejajar dengan bagian tengah lensa.

Sedangkan mirrorless merupakan kamera jenis terbaru yang tidak lagi menggunakan sistem mekanisme cermin atau kaca didalamnya. Itulah mengapa kamera ini disebut mirrorless atau disebut tanpa cermin atau tanpa kaca toko Manakah yang lebih baik atau mirrorless untuk mengetahui mana ya.

lebih baik mana DSLR atau Mirrorless?

Manakah yang lebih baik atau mirrorless? untuk mengetahui mana yang lebih baik diantaran keduanya, kita harus mengetahui kelebihan dan kekurangan masing-masing kamera tersebut.

Berikut beberapa perbandingan antara kamera DSLR vs Kamera Mirrorless

Perbandingan Ukuran

Dari segi ukuran terlihat jelas bahwa ukuran kamera DSLR terlihat lebih besar. Hal tersebut dikarenakan mekanisme cermin yang digunakan kamera tersebut.

Sedangkan untuk kamera mirrorless ukurannya cenderung lebih kecil dan lebih kompek sebab didalamnya tidak lagi menggunakan sistem mekanisme cermin.

Aspek Efektifitas

Ukuran DSLR yang besar memudahkan bagi produsen untuk menambahkan semakin banyak tombol sehingga menguntungkan dalam hal efisiensi settingan kamera secara cepat.

Sedangkan pada mirrorless tombol-tombolnya cenderung lebih sedikit dikarenakan ukuran yang kecil sehingga tidak memungkinkan untuk memasang lebih banyak tombol.

Akibatnya, untuk melakukan pengaturan settingan pada kamera mirrorless cenderung sedikit merepotkan. Untunglah produsen menggunakan LCD yang sudah mendukung touch screen.

Baca Juga : Kamera keamanan CCTV

Lensa

perbandingan lensa kamera
picryl.com

Dari segi penggunaan lensa, Kamera DSLR memiliki lebih banyak pilihan lensa yang kompatibel dengan body cameranya.

Hal tersebut dikarenakan teknologi kamera DSLR telah dikembangkan jauh sebelum mirrorless.

Sedangkan variasi lensa yang kompatibel dengan mirroless cenderung masi sedikit. Hal tersebut dikarenakan pengembangan mirrorless dapat dikatan masi baru dalam dunia teknologi kamera yakni lebih muda 10 tahun dari DSLR.

Kapasitas Batrai

Dalam hal kapasitas batrai, baterai untuk DSLR memiliki ukuran baterai yang lebih besar Karena bentuk body nya lebih besar sedangkan untuk mirrorless cenderung memiliki kapasitas baterai yang lebih kecil karena bodinya lebih kecil.

Saat digunakan untuk memotret, mirrorless banyak menggunakan LCD yang menggunakan energi listrik lebih banyak sehingga dalam hal ini, mirrorless lebih boros dalam hal penggunaan daya.

Efektifitas View Finder

DSLR memiliki optical viewfinder yang fungsinya Kalau mau ngambil foto kita harus mengintip dulu melalui view findernya ini.

Sedangkan untuk mirrorless kita nggak perlu lagi melihat view finder sebab hasil tangkapan kamera dapat langsung terlihat hasilnya di LCD.

Kualitas Sensor

Meskipun DSLR memiliki bentuk body yang lebih besar tapi ukuran sensor pada kamera DSLR dan kamera mirrorless tidaklah jauh berbeda.

Image Stabilizer

stabilizer kamera
pexels.com

sistem Image Stabilizer pada kamera DSLR terletak pada lensa. Sehingga apabila anda ingin mengganti lensanya, pastikan anda menggantinya dengan lensa yang mendukung image stabilizer.

Sedangkan padan kamera mirrorless terbaru, sistem image stabilizernya berada di body kamera sehingga meski dengan menggunakan bermacam-macam lensa, anda tetal dapat menggunakan image stalbilizernya.

Sistem Autofocus

Dalam hal pengambilan gambar, Sistem auto focus pada kamera DSLR cenderung lebih cepat jika dibandingkan dengan sistem auto fokus pada kamera mirrorless.

Sedangkan dalam hal pengambilan video, yang terjadi malah sebaliknya. Yaitu sistem auto focus pada kamera mirrorless lebih baik dan lebih halus jika dibandingkan dengan kamera DSLR.

Harga

Harga antara kamera DSLR dan Mirrorless tidaklah jauh berbeda.

Kesimpulan

Setelah anda mengetahui perbandingan keduanya maka saatnya anda memilih sesuai kebutuhan anda.

Anda dapat memilih kamera yang besar dengan kapasitas baterai yang lebih tinggi serta dengan pilihan lensa yang lebih banyak atau anda lebih suka jenis kamera yang kompak, kecil, ringan dibawa kemana-mana.

Silahkan sesuaikan dengan kebutuhan anda.

Leave a Comment