Profil Singkat Asosiasi Jasa Konstruksi Tertua di Indonesia GAPENSI

Gabungan Pelaksana Nasional Seluruh Indonesia
Profil singkat GAPENSI via geograph.org.uk

GAPENSI adalah singkatan dari Gabungan Pelaksana Nasional Seluruh Indonesia yang merupakan asosiasi jasa konstruksi terbesar dan tertua di Indonesia.

Berdiri sejak 8 Januari 1959 di Tretes, Jawa Timur, asosiasi ini telah memiliki puluhan ribu anggota yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia.

Sejarah GAPENSI

Berdirinya GAPENSI berawal dari kongres gabungan antara beberapa organisasi pemborong bangunan yang ada di Indonesia yang diadakan di Tretes, Jawa Timur pada tanggal 5 – 9 Januari 1959.

Kongres tersebut diprakarsai oleh tiga organisasi pemborong bangunan yakni IPEMBI (Ikatan Pemborong Indonesia), IABN (Ikatan Ahli Bangunan Nasional), dan GPI (Gabungan Pemborong Indonesia), dengan total peserta yang hadir saat itu sebanyak 160 peserta dari seluruh Indonesia.

Dari kongres tesebut disepakati salah satunya adalah lahirnya sebuah asosiasi jasa konstruksi nasional dengan nama GAPENSI.

Visi Misi

Visi
Mewujudkan organisasi yang mandiri dan professional sebagai wadah pemersatu pelaksana konstruksi yang berkeahlian, berkemampuan, tanggap terhadap kemajuan dan menjunjung tinggi kode etik, tertib hukum dalam menjalankan pegabdian usahanya menuju pembangunnan ekonomi nasional yang sehat untuk kesejahteraan rakyat, persatuan dan kesatuan bangsa.

Misi
Menghimpun dan pengembangan perusahaan-perusahaan nasional di bidang usaha jasa pelaksana konstruksi dalam suatu iklim usaha yang sehat yang menjunjung tinggi kode etik, tanggap terhadap kemajuan dan bertanggung jawab dalam menjalankan usahanya, demi terwujudnya usaha jasa pelaksana konstruksi nasional yang kokoh dan handal.

Anggota GAPENSI

Hingga saat artikel ini dibuat, GAPENSI telah tercatat memiliki anggota sebanyak 42.102 anggota yang merupakan perusahaan kontraktor baik skala kecil, menengah, maupun besar, yang tersebar di seluruh Indonesi.

Program GAPENSI

Hadirnya GAPENSI sebagai salah satu wadah bagi para perusahaan kontraktor di seluruh Indonesia untuk meningkatkan pengetahuan serta mendapatkan informasi-informasi terbaru melalui program-program pendidikan dan pelatihan yang diadakan untuk anggota, serta pemberian info-info terbaru seputar dunia kontraktor baik terkait produk, peluang pasar, teknologi terbaru seputar konstruksi, ragam sertifikasi usaha, dll.

Fungsi dan Tujuan GAPENSI

Hadirnya sebuah lembaga atau asosiasi yang mewadahi setiap anggota yang tergabung didalamnya tentulah memiliki fungsi dan tujuan tersendiri. Berikut fungsi dan tujuannya:

Fungsi Organisasi

  • Menjadi wadah tempat berkomunikasi serta berkonsultasi baik antar anggota, dengan pemerintah, serta dengan masyarakat terkait usaha jasa yang berhubungan dengan konstruksi.
  • Sebagai wadah pemersatu untuk mengerahkan dan mengarahkan usaha dan kegiatan setiap anggota guna tercapainya kepentingan bersama.
  • Sebagai wadah perjuangan guna memperjuangkan segala aspirasi serta kepentingan anggota.
  • Mengarahkan, membina serta mengembangkan kemampuan usaha dalam bidang jasa konstruksi nasional.
  • Sebagai jembatan penghubung dengan pihak pengguna jasa guma memperlancar pelaksanaan aktifitas konstruksi.
  • Melaksanakan pembinaan, pembimbingan, menelitian dan pengembangan, pendidikan dan pelatihan bagi seluruh anggota.
  • Membangun hubungan degan badan pelaksana kegiatan ekonomi, baik lokal maupun global yang berdampak positif pada usaha jasa konstruksi nasional.

Tujuan Organisasi

  • Menghimpun atau mengumpulkan perusahaan-perusahaan nasional yang bergerak di bidang jasa pelaksana konstruksi kedalam sebuah wadah GAPENSI, dalam hal mewujudkan persatuan dan kesatuan bangsa.
  • Pembinaan dan pengembangan tertib hukum serta mewujudkan iklim usaha yang sehat.
  • Perwujudan rasa setiakawan kepada sesama anggota organisasi serta menghindarkan diri dari persaingan usaha yang tidak sehat.
  • Terwujudnya pelaksanaan konstruksi yang berkemampuan, berkeahlian, tanggap, dan bertanggungjawab.
  • Terwujudnya struktur usaha dalam bidang pelaksanaan jasa konstruksi yang kokoh dan dapat diandalkan.
  • Membuka kerjasama dengan lembaga-lembaga yang bergerak di bidang teknologi serta manajemen pembangunan baik lokal maupun internasional.
  • Dll.

Itulah gambaran singkat asosiasi Asosiasi Jasa Konstruksi Tertua di Indonesia GAPENSI untuk lebih lengkapnya silahkan mengunjungi situs resmi GAPENSI. Terima Kasih.

Leave a Comment