Deteksi Awal Gejala Penyakit Ginjal dan Cara pencegahannya

gejala penyakit ginjal
pixabay.com

Tidak hanya di Indonesia, permasalah penyakit ginjal merupakan salah satu permasalahan kesehatan yang paling banyak dikeluhkan di seluruh dinia.

Perubahan pola hidup serta gaya hidup yang tidak sehat di merupakan salah satu penyebab utama meningkatnya jumlah penderita penyakit ginjal ini setiap tahunnya.

Kebanyakan dari penderita ginjal kronis terlambat dalam mendeteksi penyakit yang satu ini. Hal tersebut dikarenakan penyakit yang terjadi pada organ ginjal ini umumnya terjadi secara perlahan-lahan.

Parahnya lagi, kerusakan ginjal berpotensi mempengaruhi organ-organ lainnya.

Seseorang yang menderita penyakit ginjal akan berpotensi terserang penyakit lainnya yang berujung pada terjadi komplikasi penyakit dalam tubuh apabila tidak ditangani dengan cepat dan tepat.

Pembahasan kali ini, kita akan membahas mengenai deteksi gejala-gejala awal munculnya penyakit ginjal, sehingga anda dapat memberikan penanganan lebih dini.

Apa Itu Ginjal

ginjal sehat
flickr.com

Ginjal merupakan salah satu organ dalam tubuh yang memegang peranan yang sangat penting bagi kelangsungan system kerja dalam tubuh.

Ginjal memiliki berbagai macam peran diantaranya berfungsi sebagai filter yang bekerja menyaring zat-zat berbahaya dalam darah yang tidak dibutuhkan oleh tubuh.

Selain itu, ginjal juga berperan mengatur tekanan darah, sebagai stabilizer yang menstabilkan kadar mineral dan garam dalam darah, serta dapat memproduksi vitamin D saat dibutuhkan oleh tubuh.

Oleh karena fungsi-fungsi ginjal yang telah disebutkan diatas, Maka sangat penting bagi kita untuk selalu menjaga kesehatan ginjal agar dapat tetap bekerja sebagaimana mestinya.

Gejala – Gejala Penyakti Ginjal

Penyakit Ginjal akan mulai terasa saat ginjal sudah tidak berfungsi maksimal lagi dan akan terus bertambah parah seiring dengan penurunan fungsi ginjal itu sendiri.

Oleh karena itu, sebaiknya anda tidak menyepelekan jenis penyakit yang satu ini.

Berikut beberapa tanda-tanda yang menunjukkan ginjal anda sedang bermasalah:

1.Merasakan nyeri pada bagian belakang

mencegah penyakit ginjal
pixabay.com

Sering merasakan nyeri pada bagian belakang merupakan salah satu indikasi awal dari penyakit ginjal. Meskipun tidak selamanya nyeri yang dirasakan disebabkan karena penyakit ginjal.

Oleh karena itu, apabila anda sering merasakan nyeri pada bagian belakan anda, ada baiknya jika anda segera memeriksakan diri ke dokter.

Organ ginjal berada pada bagian belakang tubuh, tepat di belakang perut yakni pada sisi tulang belakang di bawah punggung.

Oleh karenanya, rasa nyeri akibat penyakit ginjal akan terasa pada bagian belakang pinggang.

Rasa nyeri pada bagian belakang yang disebabkan oleh penyakit ginjal terjadi karena saat itu ginjal mengalami pembengkakan yang pada akhirnya menekan bagian punggung.

Hal tersebut akhirnya memicu munculnya rasa nyeri pada bagian belakang.

2. Terjadi perubahan siklus buang air kecil

pertanda ginjal rusak
pixabay.com

Kerja ginjal dalam melakukan filtrasi racun dalam tubuh akan menghasilkan pembuangan racun yang salah satunya dalam bentuk urin.

Oleh Karena itu, apabila ginjal mengalami penurunan fungsi atau tidak berfungsi dengan baik akan berpengaruh pada tingkat produksi urin.

Diantara dampaknya adalah terjadinya perubahan pada kebiasaan atau siklus buang air kecil, munculnya rasa nyeri saat buang air kecil, terjadi perubahan warna pada warna urin menjadi sedikit lebih keruh atau tidak jernih seperti sebelumnya.

3. Keluarnya Darah Besama Urin Saat Kencing

ginjal bermasalahAdanya darah yang keluar besama urin saat anda sedang kencing menjadi pertanda bahwa ada masalah dalam tubuh anda. Salah satu indikasinya adalah terjadi kerusakan pada organ ginjal.

Rusaknya ginjal akan mengakibatkan ginjal tidak dapat bekerja maksimal dalam membedakan antara racun dan protein yang dibutuhkan oleh tubuh.

Sehingga protein dalam tubuh juga dapat ikut keluar bersama urin melalu sel darah merah. Bahkan, dalam kasus-kasus tertentu urin yang keluar dapat mengandung nanah yang diakibatkan dari infeksi kandung kemih.

4. Sulit Berkonsentrasi dan Mudah Kelelahan

ginjal kronisTak banyak yang menyadari bahwa sulitnya seseorang berkonsentrasi serta mudah kelelahan merupakan salah satu gejala awal munculnya penyakit ginjal.

Rasa lelah serta sulitnya berkonsentrasi yang muncul akibat penyakit ginjal disebabkan karena ginjal tidak dapat menyaring racun dalam darah sehingga menyebabkan penumpukan racun serta kotoran dalam darah.

Tumpukan-tumpukan racun inilah yang akhirnya menyebabkan seseorang menjadi sulit berkonsentrasi serta mudah lelah.

Cara sederhana mencegah penyakit ginjal

Tak ada yang mengetahui kapan penyakit akan menghampiri setiap orang. Oleh karena itu, selain belajar mengidentifikasi gejala-gejala timbulnya sebuah penyakit, ada baiknya jika kita mulai untuk berusaha mencegah datangnya penyakit tersebut.

Berikut beberapa hal-hal sederhana yang dapat anda terapkan dalam kehidupan sehari-hari untuk mencega diri dari munculnya penyakit ginjal:

Melakukan Cek Kesehatan Rutin

cek ginjal sehat
pixabay.com

Cek kesehatan rutin merupakan langkah awal yang dilakukan untuk mengidentifikasi kondisi kesehatan tubuh.
Pengecekan kesehatan dasar biasanya meliputi pemeriksaan kadar gula dalam darah serta melakukan pengecekan tekanan darah.

Untuk pengecekan kesehatan ginjal, biasanya dilakukan melalu pemeriksaan darah serta urin. Apabila dianggap perlu maka anda dapat melakukan pemeriksaan lanjutan.

Menghindari Asap Rokok

menjaga kesehatan ginjalSecara umum, paparan asap rokok dapat berdampak buruk bagi kesehatan. Tidak tekecuali kesehatan ginjal.
Seseorang yang sering terpapar asap rokok akan beresiko terkena tekanan darah tinggi yang dapat memicu terjadinya gagal ginjal.

Olahraga Rutin

Berolahraga secara rutin akan memberikan dampak positif bagi tubuh baik secara langsung maupun dalam jangka panjang.

Manfaat berolaharga rutin tidak hanya dirasakan secara fisik namun juga secara psikis. Menurut penelitan, olahraga dapat menyehatkan tubuh serta meningkatkan kualitas hidup (lebih bahagia).

Oleh karena itu, tak peduli sesibuk apapun anda, anda sangat dianjurkan untuk meluangkan waktu minimal 30 menit dalam sehari untuk berolahraga.

Menjaga Keseimbangan Asupan Makanan

makan sehat untuk ginjal
pixabay.com

Selain olahraga rutin, keseimbangan asupan makanan yang masuk kedalam tubuh juga perlu untuk diperhatikan.
Keseimbangan tersebut meliputi tingkat konsumsi serat, vitamin, protein, dll.

Cukup Istirahat

Istirahat yang cukup dalam sehari akan memberikan kesempatan bagi tubuh serta organ-organ didalamnya untuk rileks sebelum kebali beraktifitas.

Apabila tubuh tidak diberkan kesempatan untuk beristirahat, tubuh akan kelelahan dan mudah terserang penyakit serta organ-organ dalam tubuh kita sangat berpotensi mengalami penurunan fungsi dari fungsi semestinya.

Apabila hal tersebut terus dibiarkan maka akan berdampak pada tubuh secara keseluruhan.

Mengelola FIkiran

fikiran tenang jiwa sehat
pixabay.com

Belajarlah untuk bisa menenangkan diri dalam kondisi apapun. Tubuh yang stress akibat beban fikiran yang terlalu berat akan berdampak pada menurunnya tingkat kekebalan tubuh.

Penurunan kekebalan tubuh akan berdampak pada tubuh yang mudah terjangkit penyakit. Baik berupa bakteri maupun disebabkan oleh hal-hal lainnya.

***

Demikianlah ulasan mengenai gejala-gejala penyakit ginjal dan cara menghindarinya. Semoga informasi diatas dapat memberikan manfaat bagi anda khususnya dalam menjaga kesehatan ginjal.
Terima Kasih.

Leave a Comment