6 Tips Memilih GPS Tracker yang Baik Untuk Kendaraan Anda

GPS Tracker – Maraknya kasus pencurian mobil belakangan ini semakin meningkatkan aware para pemilik kendaraan untuk menambah sistem keamanan pada kendaraan mereka.

Salahsatu sistem keamanan kendaraan yang banyak dipilih oleh para pemilik kendaraan saat ini adalah dengan menambakan GPS tracker pada kendaraan mereka.

Pemasangan GPS tracker tersebut ditujukan untuk mengetahui posisi real time kendaraan saat digunakan atau dibawah kabur oleh orang lain. Dengan begitu sang pemilik kendaraan akan mudah melakukan pengejaran terhadap kendaraanya tersebut.

Memilih GPS Tracker

GPS Tracker
GPS Tracker via flickr.com

Tingginya minat pemilik kendaraan terhadap GPS tracker mendorong munculnya berbagai macam jenis dan merek di pasaran.

Munculnya beragam jenis GPS untuk kendaraan tersebut menjadi masalah baru sebab para pemilik kendaraan menjadi bingung memilih GPS yang mana yang cocok untuk kendaraan mereka.

Oleh karena itu, pada pembahasan kita kali ini, kita akan membahasa mengenai bagaimana memilih GPS yang pas untuk kendaraan.

Untuk memilih GPS Tracker yang baik bagi kendaraan anda, berikut beberapa hal yang perlu anda perhatikan:

1.Memilik Beragam Fitur

Hal pertama yang perlu diperhatikan dalam memilih GPS yang baik adalah segala hal yang terkait dengan kemampuan serta fitur-fitur yang dimilki.

Diantara fitur wajib yang dimiliki oleh sebuah GPS adalah fitur pemantauan atau pelacaran kendaraan serta kemampuan untuk memantau perjalanan yang telah dilalui selama bebarapa waktu terakhir.

Selain dua fitur diatas, belakangan perkembangan teknologi GPS semakin berkembang dengan beraneka ragam fitur baru seperti dapat merekam percakapan di mobil, mengetahui kecepatan kendaraan, hingga fitur menghidupkan dan mematikan mesin secara remote dari jarak jauh.

2. Memiliki Kemampuan Real Time Tracking

Selain memperhatikan ragam fitur yang ada pada GPS, hal lain yang perlu diperhatikan adalah terkait kemampuan kerja GPS Tracker khususnya dalam hal keakuratan pelacakan secara real time.

Mengetahui posisi kendaraan secara real time akan sangat dibutuhkan khususnya jika kita sedang melakukan pencarian atau pengejaran terhadap kendaraan kita. Dengan laporan akurasi yang tepat maka kemungkinan kendaraan ditemukan akan lebih mudah.

3. GPS Tracker Mudah Digunakan

Teknologi diciptakan untuk memudahkan manusia, itulah esensi dari setiap penciptaan teknologi. Begitu pula dengan teknologi GPS. Teknologi GPS yang baik adalah GPS dengan sistem yang memudahkan khususnya dalam hal penggunaan serta pengaksesannya.

Sistem monitoring yang user friendly akan sangat memudahkan pengguna dalam proses tracking baik untk keperluan pencarian maupun untuk kepentingan-kepentingan lainnya.

4. Memiliki Sistem Penyimpanan History

Tidak hanya sistem pelacakan real time yang dibutuhkan, akan tetapi data terkait hasil pelacakan yang lalu juga terkadang dibutuhkan. Baik untuk penetingan analisa, kepentingan pembuktian, dll.

Oleh karena itu, pilihlah GPS yang memilki dukugan sistem penyimpanan history yang baik yang dapat kembali dibuka jika sewaktu-waktu dibutuhkan.

5. Mempunyai Server Sendiri

server untuk gps tracker
server GPS Tracker via maxpixel.net

Penting untuk diketahui bahwa tidak semua provider GPS memiliki server sendiri. Sebagian provider hanya menyewa server dan bahkan konon kabarnya ada juga yang menumpang di server gratisan.

Pada dasarnya tidak ada masalah jika penyedia hanya menyewa atau menumpang di server gratisan selama server tersebut memiliki kemampuan terkati kecepatan akses data yang mumpuni.

Akan tetapi, umum terjadi bahwa penggunaan server secara bersamaan dengan pengguna lain tentunya akan berpengaruh pada kecepatan akses data pada penggunaan GPS sehingga dapat menggangu proses kerja GPS baik langsung maupun tidak langsung.

Oleh karenanya, perusahaan yang memiliki dan mengelolah server secara mandiri cenderung aman dari gangguan akses data sehingga lebih stabil dalam proses kerja GPS.

6. Cek Perusahaan Produsen GPS Tracker

– Track recordnya

Track record perusahaan produsen GPS Tracker juga perlu menjadi perhatian saat memililih GPS untuk kendaraan anda. Semakin baik Track recornya maka kemungkinan anda mengalami masalah dalam penggunaan produk GPS mereka akan semakin kecil.

– Izin Usahanya

Jangan lupa untuk mengecek apakah perusahaan tersebut telah mengantongi izin operasi di Indonesia. Setiap produk yang beroperasi di Indonesia secara illegal akan diblokir oleh pemerintah jika ketahuan.

– Layanan Purna Jual

Perusahaan yang baik memiliki layanan purna jual yang baik. Dengan begitu anda tidak perlu khawatir jika suatu saat terjadi masalah dengan produk yang anda gunakan.

Sedangkan layanan purna jual yang buruk akan menyulitkan anda jika suatu saat terjadi masalah dengan produk GPS yang anda gunakan yang umumnya terkait masalah aksesibilitas, penyimpanan data, dll.

***

Demikianlah ulasan singkat terkait cara memilih GPS Tracker yang baik. Semoga bermanfaat. Terima kasih.

Leave a Comment