Penjelasan Lengkap Iklan Komersial dan Non Komersial [+Contoh]

Iklan komersial dan non komersial – Dunia iklan belakangan ini semakin semarak dengan banyaknya inovasi-inovasi baru yang bermunculan khususnya dalam ranah digital.

Namun tahukah anda, bahwa iklan yang ada tidak selamanya ditujukan untuk kepentingan keuntungan semata.

Akan tetapi banyak para pengiklan diluar sana yang menggunakan media iklan sebagai sarana penyebaran hal-hal positif tanpa mencari keuntungan.

Oleh karena itu, sebelum anda memutuskan utnuk beriklan, alangkah baiknya jika anda mengetahui jenis iklan apa yang akan anda gunakan.

Pada pembahasan kali ini, kami akan membahas jenis iklan berdasarkan tujuan iklannya yakni iklan komersial dan iklan non komersial.

Iklan

pengertian iklan
thebluediamondgallery.com

Iklan atau dalam KBBI kita sebut pariwara, ialah pesan yang bersifat promosi atau menawarkan, menjual baik jasa, barang, ide dan lain-lainnya.

Iklan adalah tulisan yang kita buat diisi dengan tawaran baik berupa sebuah jasa atau berupa permintaan kepada khalayak untuk melakukan sesuatu.

Iklan banyak kita jumpai di sepanjang jalan-jalan besar yang biasanya berupa video yang ditampilakn dilayar besar , atau reklame yang dipasang di pinggir jalan.

Fungsi iklan secara umum

Secara umum, fungsi iklan terbagi dalam tiga fungsi utama. Yakni:

  1. Sebagai Informasi berfungi untuk memberikan informasi sebuah produk, harga, keunggulan dll.
  2. Sebagai Persuasi berfungsi mengarahkan atau membuat para kandidat konsumen kita untuk membeli.
  3. Sebagai pengingat untuk mengingatkan para konsumen tentang produk tertentu agar mereka berlangganan atau terus memakainya.

Iklan Komersial dan Iklan Non Komersial

iklan komersial dan non komersial
pexels.com

Setelah anda mengetahui pengertian iklan dan serta fungsi iklan secara umum, selanjuntnya kita akan membahas pembagian iklan.

Iklan sendiri di bagi menjadi dua macam yaitu, Iklan komersial dan  Iklan non komersial.

Sebelum mengetahui contoh iklanya kita akan bahas mengenai apa sih iklan komersial itu, apa perbedaannya dengan iklan non komersial.

Pengertian Iklan Komersial

Iklan komersial adalah iklan yang yang dibuat untuk memasarkan atau mengkampanyekan sebuah produk dan jasa dari sebuah perusahaan atau produsen.

Produsen akan bekerja sama dengan jasa pembuat iklan untuk memasarkan dan mengenalakn produknya pada khalayak atau konsumen.

Sebuah perusahaan akan berusaha untuk menjual barangnya, salah satu cara paling ampuh adalah dengan mengiklankan produknya.

Bahkan anda sebagai seorang konsumen pun pasti sadar akan alasan anda memilih sebuah produk, entah karena anda melihatnya di Tv atau Koran tapi itulah tujuan iklan itu dibuat, menarik anda sebagai konsumen.

Macam-Macam Iklan Komersial

Iklan komersial sendiri terbagai kedalam dua macam yaitu iklan Strategis dan iklan Taktis.

Iklan Strategis

Iklan strategis adalah iklan yang digunakan untuk mengembangkan dan membangun merek yang diiklankan.

Hal ini dibuat agar perusahaan mampu mengkomunikasikan nilai merek dan manfaat produk dengan baik dan benar.

Hal yang paling penting dalam jangka panjang yaitu memposisikan merek serta mengembangkan pangsa pikiran dan pangsa pasar.

Iklan Taktis

Iklan taktis sendiri bersifat mendesak. Maksud dari mendesak disini adalah memaksa atau membuat para konsumen yang membaca iklan segera melakukan kontak atau segera membeli produk kita.

Biasanya iklan ini akan melakukan promosi dan penawaran khusus yang berjangka pendek agar konsumen memberi respon cepat.

Tujuan Iklan Komersial

iklan komersial
pexels.com

Setiap iklan yang dibuat tentulah memiliki tujuan masing-masing. Begitupun dengan iklan komersial. Berikut beberapa tujuan iklan komersial:

  1. Membagi sebuah informasi kepada masyarakat tentang suatu produk, barang atau jasa, merek dan perusahaan.
  2. Mempengaruhi orang lain yang menjadi sasaran pemasaran kita agar mereka mau menggunakan dan membeli produk atau jasa yang telah kita tulis diiklan kepada mereka.
  3. Mendapat profit.

Ciri-ciri Iklan Komersial

Iklan selalu menggunakan kata-kata yang persuasive yakni dengan menonjolkan atau menggunakan bahasa yang bertujuan untuk menonjolkan kelebihan produk suatu perusahaan.

Iklan komersial sendiri memiliki beberap ciri-ciri seperti berikut:

  • Memakai kata atau kalimat yang bersifat persuasive
  • Pemilihan kata atau Diksi yang sangat menarik, benar, logis, dan sopan, sehingga mudah dimengerti oleh konsumen atau objek pemasaran kiata.
  • Menjelaskan tentang sebuah produk dari sebuah perusahaan.
  • Memberikan penawaran berupa sebuah jasa.

Contoh iklan komersial

Iklan Produk Komersial

Seperti namanya iklan komersial jenis ini akan mengiklankan atau mempromosikan produk anda.

Iklan produk juga memiliki nama lain yaitu iklan niaga dimana tujuan iklan ini dibuat untuk mempengaruhi konsumen untuk membeli atau menggunakan produk kita.

Contoh Iklan Produk

gambar diata merupakan contoh sebuah iklan produk, dimana contoh iklan diatas sedang mengiklankan sebuah produk yaitu salah satu produk dari perusahaan WINGS dimana produknya adalah So Klin Lantai.

iklan komersial wings
wingscorp.com

Anda bisa lihat ada kata-kata yang juga ikut disematkan dalam iklan tersebut,
“Bersih, Kilap, Harumnya Lebih lama”.

Itu adalah sebuah tagline dalam iklan, jadi sebuah tagline atau slogan adalah salah satu kunci agar konsumen mengingat produk kita.

Contohnya saja banyak perusahaan yang secara sengaja menulis taglinenya dengan sangat menarik tidak lain tidak bukan untuk membuat kita membeli dan membeli produknya lagi.

Siapa yang tak pernah mendengar kata-kata ini “ apapun makannya minumnya the sosro” . tagline harus anda buat dengan semenarik mungkin.

Contoh Iklan penawaran

iklan jasa laundry
flickr.com

iklan penawaran akan menawarkan sebuah jasa untuk mempermudah masyarakat. Cotohnya diatas, iklan tersebut membuka jasa laundry dengan taglinenya “bersih wangi rapi”.

Dengan iklan penawaran seperti ini dapat kita lihat bahwa tujuannya sendiri juga pada profit.

Iklan penawaran seperti ini akan banyak di lirik oleh mereka yang tak punya waktu untuk melakukan semuanya sendiri.

Iklan Non Komersial

Sekarang kita akan membahas tentang iklan non-komersial atau yang biasa kita sebut iklan layanan masyarakat.

Iklan Non-komersial sangat jauh dengan iklan komersial, dimana iklan ini berisi pesan-pesan moral atau himbauan kepada masyarakat untuk melakukan atau menghindari sesuatu.

Iklan ini sama sekali tidak akan menawarkan jasa atau barang dalam iklannya namun, iklan ini mengajak masyarakat untuk lebih memperhatikan lingkungan dan memiliki hidup yang lebih baik.

Dengan membaca pengertiannya saja anda pasti sudah bisa melihat ataupun memngetahui tujuan dari iklan non-komersial.

Tujuan Iklan Non Komersial

Tujuan iklan non komersial sendiri berbeda dengan tujuan iklan komersial yang umunya bertujuan untuk mendapatkan keuntunga.

Berikut beberapa tujuan iklan non komersial :

  1. Mengajak masyarakat untuk hidup lebih baik.
  2. Memberi peringatan kepada para pelanggar lalu lintas
  3. Memberi motivasi

Contoh iklan non komersial

Berikut beberapa contoh iklan non komersial.

iklan non komersial
sites.psu.edu

” Jangan menelpon saat berkendara”

iklan merokok membunuhmu
lsjkhappy.wordpress.com

Iklan non komersial tentang merokok yang telah menjadi penyebab kematian banyak orang.

Dengan melihat contohnya anda pasti sudah tahu iklan non-komersial itu seperti apa, nah iklan jenis ini akan sangat banyak kita temui di semua media massa yang ada.

Iklan seperti ini biasanya dibuat oleh pemerintah ataupun organisasi-organisasi yang bergerak dalam bidang pemerhati masyarakat.

Berbeda dengan iklan komersial yang semata-mata melakukan iklan karena sebuah profit, maka iklan ini bisa kita sebut sebagai iklan non-profit.

Iklan ini semata-mata ingin mengajak masyarakat untuk lebih cinta akan hidup, bumi dan diri mereka sendiri.

Namun sebelum anda membuat sebuah iklan anda sebaiknya memperhatikan struktur iklan anda.

Struktur Iklan Komersial dan Non Komersial

struktru iklan komersial dan non
pexels.com

Teks iklan tidak dibuat begitu saja, anda harus memperhatikan diksi dan kata-kata yang memang akan mampu menarik perhatian para target iklan yang dalam hal ini adalah masyarakat.

Struktur iklan dibawah ini berlaku baik pada iklan komersial maupun iklan non komersial.

Beriktu struktur sebuah iklan :

1. Judul

berada di bagian paling atas dalam teks iklan. Namun, tidak semua iklan memakai sebuah judul di dalam konten. Beberapa iklan biasanya hanya menulisakan nama produknya di bagian teratas;

2. Nama produk.

Berbeda dengan judul, nama produk anda tidak boleh anda hilangkan. Bayangkan saja ketika anda melakukan sebuah perikalnan tapi tidak memiliki sebuah nama produk, apa yang anda mau iklankan?. Dan bagaimana cara konsumen tahu kalau itu adalah produk anda.

3. Deskripsi produk.

Pada bagian deskripsi sebuah produk, Anda harus mendeskripsikan produk yang mau anda jual atau promosikan secara serinci dan sepadat mungkin, namun menarik untuk disimak.

Isi sebuah deskripsi produk biasnya, Spesifikasi, kegunaan, kelebihan cara memperolah produk, alamat, dan kontak yang dapat dihubungi.

*****

Itulah pembahasan tentang iklan komersial dan iklan non komersial, semoga dengan membacanya anda akan mengetahui perbedaan, pengertian, ciri dan jenis iklan (komersial atau non komersial) yang anda temui. Terima kasih.

Leave a Comment