Ulasan Lengkap Iklan Layanan Masyarakat Beserta Contohnya

iklan layanan Masyarakat – Sebagai mahluk sosial kita tentu tak lepas dari yang namanya interaksi satu sama lain. Sedikitnya seseorang akan beriteraksi dengan 5 sampai 7 orang dalam sehari.

Topik pembicaraan pun berbeda-beda setiap orang, politik, uang, keluarga, masalah dll. Rentetan pembahasan semua orang juga bergantung pada usia mereka.

Misal pada anak-anak mereka akan cenderung membahas masalah film kartun atau mainan baru yang mereka miliki.

Anak-anak akan sangat tertarik terhadap apa yang baru mereka miliki atau mereka liat dan datangi. Anak-anak sangat rapuh dari segi mental mereka, Jadi tak heran ketika seorang anak sangat mudah menangis dan ketakutan.

Biasanya lingkungan sangatlah berpengaruh dalam proses tumbuh kembang anak, maka tidak heran ketika anak yang sedari kecil terbiasa mneghirup asap rokok prentasenya ketika dia dewasa sebagai perokok sebanyak 60%.

Rokok saat ini benar-benar menjadi candu dikalangan remaja-remaja, maka dari itu buat anda yang merasa pergaulan anaknya mulai nggak terkontrol baiknya anda memberikan waktu kepada.

Contohnya bicara dengan mereka, habiskan waktu bersama, dan berikan nasehat-nasehat yang sifatnya membangun bagi mereka.

Bahkan pemerintah banyak melakukan himbauan agar rokok tidak menjadi konsumsi pokok bagi masyrakat. Upaya pemerintah ini banyak kita jumpai baik dalam bentuk baliho, di koran, Tv, maupun di handphone anda.

Ini yang disebut iklan layanan masyarakat, tidak hanya pemerintah bahkan beberapa organisasi yang bergerak dalam bidang sosial kadang ikut dalam pembuatan iklan jenis ini.

Iklan Layanan Masyarakat

pengertian iklan layanan masyarakat
pxhere.com

Kita tahu bahwa iklan pada umumnnya adalah sebuah upaya sebuah perusahaan untuk menjual produknya kepada khalayak.

Namun tidak dengan iklan jenis ini, dari namanya saja iklan layanan masyarakat ya artinya iklan yang tujuannya untuk melayani masyarakat.

Melayani, emang bisa sebuah iklan memberi pelayanan kepada masyarakat?, tentu bisa, namun iklan ini memberi pelayanan secara tersurat dan dalam bentuk motivasi, masukan dan segala jenis peringatan-peringatan yang bersifat membangun dan menyadarkan masyarakat.

jenis iklan ini sendiri dapat kita jumpai di berbagai media cetak, koran contohnya. Dalam beriklan koran sangat membatasi bagia periklanannya.

Namun koran akan menampilkan sebuah tulisan atau berita yang sebenarnya didalamnya terdapat sebuah iklan untuk layanan masyarakat.

Contohnya dalam berita tersebut membahas masalah banjir, maka akan tertera sebuah peringatan bahwan “bahaya membuang sampah sembarang tempat”, “berhenti membuah sampah anda di sungai’.

Sejatinya ini adalah contoh iklan layanan masyarakat yang dilakukan secara halus dan disertai dengan penjelasan dan akibatnya.

Jadi intinya iklan layanan masyarakat adalah sebuah iklan yang sifatnya memberi hibauan atau nasehat yang ditujukan kepada masyarkat agar mereka bisa sadar akan akibat dari apa yang mereka lakukan.

Pengertian Iklan Layanan Masyarakat

iklan anti human traffickingIklan layanan masyarakat merupakan iklan yang memberikan pesan-pesan sosial agar masyarakat mampu untuk menumbuhkan rasa kepedulian mereka kepada beberapa persoalan yang sedang mereka hadapi.

Adapun persoalan yang dimaksud adalah persoalan yang dapat mengganggu keselarasan dan kenyaman mereka sebagai mahluk sosial.

Iklan sosial ini dapat dibuat atau dipromosikan tidak hanya dari pemerintah saja. Namun beberapa organisasi yang bergerak dibidang sosial dengan tujuan meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Iklan saat ini sudah sangat dibutuhkan oleh negara yang menomorsatukan sistem perekonomian yang mengarah pada pasar.

Aturan Pemerintah Mengenai Iklan Layanan Masyarakat

Karena iklan sangatlah berguna dalam menyampaikan dan membagi informasi tentang produk maupun jasa yang sedang ditawarkan.

Umumnya sebuah iklan akan dikenakan tarif atau biaya pada setiap pengiklanan yang dilakukan.

Beda halnya dengan iklan layanan masyarakat dimana semua proses pengiklanan tidak dipungut biaya sepeser pun.

Pemerintah secara tegas mengharuskan media massa menggratiskan iklan sosial. Sebagaimana yang tertulis dalam aturan undang-undang penyiaran pasal 33.

Dikatakan dalam UU tersebut menegaskan bahwa siaran iklan layanan masyarakat harus punya kesempatan 10% dari total waktu siaran niaga untuk lembaga swasta.

Sedang untuk lembaga penyiaran yang diutus pemerintah sendiri harus menyediakan waktu sekitar 20 menit dalam satu hari.

Untuk anda yang bekerja dalam instansi-instansi penyiaran maka anda diwajibkan menaati aturan tersebut.

Hal tersebut terasa amat sesuai, karena jenis iklan ini merupaka sumber yang memberi informasi-informasi yang sangat penting perihal masalah sosial yang ada di masyarakat.

Sejarah Iklan Layanan Masyarakat

Dalam sejarahnya Amerika Serikat adalah negara yang paling pertama mengenalkan dan menampilkan iklan layanan masyarakat.

Pada saat Perang Dunia ke II sedang berlangsung iklan layanan masyarkat menjadi sarana motivasi untuk masyarakat untuk mampu dalam memenangkan perang dunia.

Selain itu iklan sosial ini menganjurkan masyarakat Amerika agar dapat membuat Warbons atau yang lebih dikenal surat berharga untuk pembiayaan perang.

Iklan tersebut dipegang dan dikelola oleh lembaga organisasi periklanan yang ada di Amerika Serikat, yaitu Ad Council Inc. yaknin Dewan Periklanan Amerika.

Kebanyakan anggota atau kariyaawan dari organisasi ini juga berasal dari beberapa Asosiasi, seperti Agen Periklanan Amerika, Asosiasi Penerbit Majalah, Asosiasi Nasional Pemasangan Iklan, Asosiasi Iklan outdoor, dan Biro Periklanan Surat Kabar.

Ad Council Inc sendiri telah membuat beberapa peraturan perihal iklan apa saja yang termasuk ke dalam iklan layanan masyarakat.

Merekea berasumsi bahwa iklan layanan masyarakat tidak ada unsur keagamaan, non politis, non komersil, bisa dipublikasikan, berwawasan nasional, mengandung nasehat.

Dan iklan dipublikasikan karena hasil ajuan dari sebuah organisasi yang telah diakui dan diterima pemerintah dan telah memiliki dampak besar serta memiliki tujuan yang jelas dan tinggi dan semua media nsional maupun lokal harus memberikan dukungan.

Sejarah Iklan Layanan Masyarakat di Indonesia

Sedangkan sejarah iklan layanan masyarakat di Indonesia mulai ada pada tahun 1968, dimana saat itu biro iklan Intervista merupakan biro iklan layanan sosial pertama.

Biro Intervista adalah biro yang mempelopori pembuatan iklan non komersial yang membahas masalah perihal pemasangan petasan yang sedang marak-maraknya saat itu.

Dan Pada tahun 1974 iklan layanan masyarkat kemudian berkembang dimana pada saat itu Matari Ad membuat iklan yang mengangkat makna pentingnya sebuah hubungan antara orang tua dan anak-anaknya.

Ada juga beberapa kampanye tentang iklan layanan masyarakat yang banyak dikenal luas di Indonesia seperti kampanye yang lagi marak yaitu tentang Keluarga Berencana, Aku Anak Sekolah Pemilu Visi Anak Bangsa.

Kemudian di tahun 1970an, Iklan Matari Ad membuat iklan bergendre non komersial yang dapat diingat sampai saat ini yaitu iklan tentang “Renungan Bagi Orang Tua” dengan berdasar pada puisi Khalil Gibran.

Di tahun 2007, barulah Laurier membuat iklan sosial yang mengangkat bahaya seks bebas pada usia remaja yang sedang marak terjadi.

Aku anak sekolah atau yang sebut A2S dalah salah satu Organisasi yang dibuat oleh Komite Pendidikan sektor Pemerintah juga Swasta yang bertujuan untuk menanggulangi Permasalahan-permasalaha umum di dunia pendidikan di Indonesia.

Iklan Layanan Masyarakat Menurut Para Ahli

Kasali 1992:121. Iklan layanan masyarakat atau Public Service Announcement adalah permintaan penyiaran yang dipublikasikan oleh Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) dengan bantuan pemerintah secara langsung sebagai bentuk solidaritas terhadap masalah masyarakat.

Contoh bisa kita lihat yaitu program pemerintah, ketertiban lalu lintas dan berbagai macam informasi-informasi penting lainnya.

Liliweri 1992:32. Mengatakan bahwa iklan layanan masyarakat adalah ikan yang sifatnya non-profit yaitu iklan yang tidak menginginkan sepeser uang pun dalam pengiklananya.

Sehingga iklan seperti ini tidak melihat lagi keuntungan setelah iklan tersebut telah dipulikasikan atau diiklankan.

Susamto 1976:203. Menurutnya iklan layanan masyarakat adalah sebuah media informasi yang membahas semua hal tentang layanan masyarakat.

Proses publikasi iklan tidak melalui proses jual beli ruang dan waktu, setiap iklan yang disiarkan mengenai pelayanan masyarakat dilaukan dengan dasar kegiatan non-profit (tidak mengejar keuntungan).

Fungsi Iklan Layanan Masyarakat

iklan non komersil layanan masyarakat

1. Sebagai Media Informasi Sosial

Informing dimana iklan sosial ini memberikan informasi berupa nasehat kepada masyarakat terhadap sebuah program atau layanan, serta kegiatan-kegiaatan pemerintah yang berkaitan dengan kehidupan sosial.

2. Mengajak atau Membujuk Masyarakat

Persuading yaitu iklan layanan masyarakat akan memberikan sebuah persuading atau membujuk masyarakat agar masyarakat dapat ikut serta dengan program-program yang dilakukan pemerintah seperti BPJS, KTP, KB dan program bermanfaat lainnya.

3. Media Pengingat Bagi Masyarakat

Reminding dimana iklan layanan masyarakat menjadi iklan yang akan terus membuat masyarakat ingat terhadap program yang sedang dilaksanakan oleh pemerintah.

4. Meningkatkan Nilai Hidup Masyarakat

Adding Value dimana iklan layanan masyarakat menjadi sebuah proses periklanan yang diharapakan mampu memberi nilai tambah terhadap program tertentu melalui pandangan dari masyarakat.

iklan ini disebut juga Iklan non niaga dimana kita ketahui tidak bertujuan untuk mempengaruhi masyarakat untuk membeli barang maupun jasa.

Iklan non niaga sangatlah jauh berbeda dengan iklan komersial yang sifatnya menarik pelanggan. Iklan layanan masyarakat juga memilik beberapa ciri-cirinya sendiri.

Ciri – Ciri Iklan Layanan Masyarakat 

Ciri-ciri iklan layanan masyarakat paling utama yang ditonjolkan yaitu bertujuan untuk menyampaikan informasi berupa masalah-masalah sosial yang banybak kita dapati dalam kehidupan seperti dampak merokok dan dampak penggunaan narkoba.

berikut ciri-ciri iklan layanan masyarakat :

  1. Iklan berisi kata-kata singkat berupa slogan-slogan yang disertai dengan gambar-gambar.
  2. Iklan dibuat semata-mata untuk semua lapisan masyarakat
  3. Iklan bersifat tidak komersial atau iklan yang tidak untuk mencari keuntungan.
  4. Tidak bersangkut paut dengan agama.
  5. Iklan juga tidak bersifat politis, namun lebih memebrikan perhatian ke masalah-masalah sosial.
  6. Iklan buat oleh organisasi yang sudah diakui, seperti BNN atau Badan Narkotika Nasional.
  7. Iklan jenis ini mempunyai efek yang tinggi, sehingga banyak mendapat dukungan dari beberapa media-media besar nasional.

Demikian mengenai 6 ciri-ciri tentang iklan layanan masyarakat yang patutnya kita ketahui sebelum membuatnya dan memasangnya.

Jenis iklan ini sejatinya akan dapat kita jumpai di pinggir-pinggir jalan, dalam media cetak seperti, koran, majalah, poster, hingga di elektronik televisi ataupun smartphone anda.

Iklan non komersial ini biasanya dibuat oleh organisasi-organisasi besar yang memiliki tujuan mempengaruhi masyarakat sehingga mempunyai rasa simpati terhadap masalah-masalah sosial yang ada diantara mereka.

Dengan keberadaan iklan non komersial ini, diharapkan mampu mencegah atau setidaknya mengurangi masalah-masalah sosial yang ada.

Biasanya iklan layanan masyarakat juga memberikan informasi penting tentang penyuluhan yang sifatnya belum diketahui secara keseluruhan oleh masyarakat, maka dari itu iklan jenis ini sering sekali kita jumpai dimana-mana.

Kriteria Umum Iklan Layanan Masyrakat

Berdasar pada pendapat yang diberikan oleh dewan periklanan asal Amerika Serikat yang banyak mensponsori iklan layanan masyarakat terdapat beberapa kriteria yang umum digunakan dalam menentukan sebuah iklan tersebut merupakan iklan layanan masyarakat atau bukan.

  1. Tidak memiliki nilai komersial (contoh: iklan pemakaian helm dalam berkendara)
  2. Tidak bersifat keagamaan.
  3. Tidak bersifat politis.
  4. Berwawasan nasional
  5. Ditujukan untuk semua lapisan masyarakat.
  6. Dibuat oleh organisasi yang telah diakui dan diterima.
  7. Bisa diiklankan.
  8. Memiliki dampak dan kepentingan tinggi sehingga patut memperoleh dukungan media lokal maupun nasional.

Di Indonesia sendiri tidak terdapat sebuah organisasi khusus yang dibentuk secara khusus untuk menangani iklan layanan masyarakat.

Sehingga iklan layanan masyarakat pada umumnya dibuat secara sendiri-sendiri oleh biro iklan dimana mereka akan melakukan kerja sama dengan media-media dan pengiklanan.

Inilah yang menyebabkan sehingga kurangnya komitmen dan sinergi dalam merumuskan iklan dan biaya serta pesan yang berniat disampaikan sehingga iklan layanan masyarakat tidak dilakukan secara berskala atau secara terus menerus.

Dan juga sekarang ini iklan layanan masyarakat juga sudah dikenakan pajak periklanan, meskipun ruang dan waktunya disumbangkan oleh media.

Kesimpulan

Setelah membaca semua tulisan diatas dapat kita simpulkan bahwasnya Iklan layanan masyarakat sendiri merupakan iklan yang berupa seruan, ajakan, atau berupa pemberitahuan yang dimaksudkan kepada masyarakat agar mereka dapat menjadi masyarakat yang lebih baik.

Masyarakat diharapkan bisa melakukan apa yang dicanangkan pada iklan tersebut yang telah dibuat oleh Pemerintah ataupun mereka yang dari suatu Organisasi Kemasyarakatan yang turut serta dalam pembenahan kehidupan masyarakat menuju kehidupan yang lebih baik.

Contoh – Contoh Iklan Layanan Masyarakat

Untuk lebih lengkapnya admin akan tambahkan contoh-contoh iklan layanan masyarakat, dibawah ini merupakan contoh-contoh iklan layanan masyarakat. Baik itu iklan tentang kesehatan, pendidikan, lingkungan, dan lain-lain yang saya buat dalam satu artikel dibawah.

Dengan begitu mungkin saja kamu juga dapat mencontoh dan membuatnya menjadi sesuai kreatifitas iklan-iklan tersebut untuk menjadi sumber iklan layanan masyarakat lain yang berguna dalam meningkatkan taraf hidup masyarakat Indonesia tercinta kita ini

Contoh Iklan Layanan Masyarakat tentang Bahaya Merokok dan Narkoba

Dibawah ini adalah contoh iklan layanan masyarakat tentang begitu berbahayanya rokok. Saking berbahayanya rokok sangat mempengaruhi pemakai dan pengguna rokok tersebut.

Bukan hanya itu orang yang pasif orang yang berada di sekitarnya atau ikut menghisap asap rokok jauh lebihberbahaya ketimbang perokok aktif.

iklan layanan masyarakat bahaya merokok

iklan stop merokok

Contoh iklan diatas adalah salah satu contoh iklan layanan masyarakat untuk mengingatkan orang atau masyarakat tentang dampak merokok.

Yang menyatakan bahwa merokok dapat mengikis umur kita secara perlahan tanpa kita sadari.

Contoh Teks dan Gambar Iklan Layanan Masyarakat tentang Pendidikan

Di bawah ini merupakan beberapa contoh iklan layanan masyarakat mengenai pentingnya pendidikan dan ilmu pengetahuan bagi anak-anak atau generasi penerus.

Baik itu bagi seorang balita sampai orang tua sama-sama akan selalu membutuhkan pendidikan dan ilmu pengetahuan.

Pendidikan tidak hanya bisa di dapat di sekolah saja tapi dari rumah berdasarkan cara anda sebagai orang tua membimbing anak anda.

iklan layanan masyarakat pendidikan

iklan layanan masyarakat tentang kesehatan

Contoh Iklan Layanan Masyarakat tentang Global Warming

Video oleh : Raka Maheka Auramuwahid

Global warning saat ini benar-benar harus menjadi hal yang sangat harus anda perhatikan dan tahu mengenai hal tersebut.

Admin kasih iklan layanan masyarakat yang membahas tentang sangat pentingnya Bumi ini untuk dijauhkan dari polusi dan dalam upaya mereka menjaga lingkungan dari terjadinya efek Global Warming.

Contoh Iklan Layanan Masyarakat tentang Lalu Lintas

iklan sadar lalulintas sat lantas

iklan layanan masyarakat berkendara

iklan layanan masyarakat lalulintas

Contoh terakhir ini adalah contoh iklan layanan masyarakat tentang pentingnya anda menjaga keamanan dalam berkendara.

Mengingatkan kita bahwa dirumah ada orang-orang yang kita sayangi yang selalu menunggu kita pulang.
Jadi cerdaslah dalam berkendara!

Demikian lah pembahasan mengenai iklan layanan masyarakat yang mampu mimin kasih.

Wishing you got something to learn for better life.

Thank you.

Leave a Comment