Ulasan Singkat Seputar Teknologi Ip Camera

Perkembangan teknologi kamera semakin hari semakin pesat. Hal tersebut terlihat pada munculnya beragam jenis serta model kamera yang ada di pasaran.

Salah satu jenis kamera yang juga mengalami perkembangan yang sangat pesat adalah kategori kamera pemantau.

Dahulu kita hanya mengenal kamera pemantau jenis CCTV yakni kamera pemantau yang mentransmisikan sinyal analog yang kemudian dirubah menjadi sinyal digital.

ip camera
Ip Camera set via Commons.wikimedia.org

Akan tetapi teknologi tersebut perlahan mulai tersubtitusi dengan teknologi IP Camera yang dapat merekam dan mentransimisikan hasil tangkapannya secara langsung dalam bentuk digital sehingga tidak memerlukan lagi alat konveris.

Ip Camera sendiri pada dasarnya sudah ada sejak dahulu, akan tetapi dahulu teknologi ini masih terbilang sangat canggih dan langka di pasaran.

Akan tetapi dengan perkembangan teknologi dan informasi, jenis kamera ini kemudian menjadi teknologi yang mudah dijumpai saat ini bahkan dengan harga yang relatif murah.

IP Camera

Ip Camera adalah salah satu jenis kamera yang dapat difungsikan sebaga kamera pemantau baik untuk kebutuhan pengamanan maupun untuk tujuan lain.

Kelebihan utama dari kamera pengitai ini terdapat pada jenis hasil tangkapannya berupa file digital sehingga dapat menerima dan mengirim data melalui jaringan komputer atau internet secara langsung tanpa harus di konversi lagi.

Cara Kerja IP Camera

Cara kerja kamera ini sangatlah sederhana, yakni menangkap dan mentransmisikan gambar secara langsung ke pengguna.

Karena file yang ditransmisikan adalah file digital maka Camera tidak lagi membutuhkan perangkat tambahan seperti DVR pada kamera analog yang berfungsi untuk merubah file analog menjadi file digital.

Komponen – Komponen Utama IP Camera

Berikut beberapa komponen-komponen utama yang ada pada Ip Camera:

Lensa

Lensa pada kamera bertugas sebagai penangkap citra gambar pada kamera. Kualitas gambar bergantung pada kualitas lensa yang digunakan.

Processor

Processor berfungsi sebagai pengolah hasil tangkapan lensa baik berupa gambar atau video.

CPU

CPU adalah perangkat utama dalam kamera sehingga dapat terhubung dengan user atau NVR.

Ethernet Port

Port pada kamera berfungsi sebagai penghubung kamera dengan switch atau NVR jika kamera tersebut menggunakan jaringan LAN.

Jenis Jenis Ip Camera

macam-macam ip camera
jenis-jenis Ip Camera via publicdomainfiles.com

Kamera dengan teknologi terbaru ini dibagi menjadi dua jenis yakni kamera terpusat dan kamera desentralisasi atau stand alone.

IP Camera Terpusat

IP Camera terpusat adalah kamera yang terhubung dengan pusat pengolahan gambar berupa Network Video Recorder (NVR).

Berbeda dengan DVR yang befungsi untuk melakukan konversi analog ke digital, NVR hanya bertuga untuk menampung gambar dari beberapa kamera yang terhubung dengan NVR.

IP Camera Desantrilisasi

Ip Camera desentralisasi adalah jenis kamera yang tidak menggunakan NVR sebab telah memiliki penyimpanan tersendiri yang terpasang pada kamera yang biasanya dalam bentuk micro SD.

Kelebihan Menggunakan Ip Camera

Berikut beberapa kelebihan penggunaan kamera pengintai jenis ini jika di bandingkan denga Analog Camera (CCTV Analog):

  • Memiliki Resolusi atau Kualitas gambar yang lebih baik.
  • Dapat diakeses dari jarak jauh melalui perantara sambungan internet.
  • Hemat penggunaan kabel sebab hanya membutuhkan satu kabel atau via wifi.

Kekurangan IP Camera

Meskipun memiliki banyak kelebihan jika dibandingkan dengan analog kamera, kamera ini juga memiliki beberapa kekurangan khususnya dalam teknis pengaplikasiannya.

Salah satu kekurangan yang paling menonjol adalah dalam hal ukuran file yang ditransmisikan.

Berbeda dengan file analog yang cenderung berukuran kecil, file digital yang ditransmisikan oleh kamera jenis IP umumnya berukuran besar apalagi jika file gambar atau video tersebut dalam resolusi tinggi.

Oleh karena itu, tidak heran jika seseorang atau instansi ingin memesan jenis kamera yang satu ini kepada provider atau penyedia jasa CCTV akan sarankan untuk menambah ruang penyimpanan pada NVR yang akan digunakan.

Leave a Comment