Jasa Instalasi Listrik Makassar

pemasangan instalasi listrik wilayah makassar

Jasa Instalasi Listrik Makassar

Kami adalah penyedia layanan jasa instalasi listrik di kota Makassar yang siap membantu anda dalam perancangan dan pemasangan instalasi listrik yang baik dan aman bagi hunian anda.

SPACE IKLAN

saat ini kami sedang membuka space iklan bagi anda yang ingin menampilkan jasa instalasi listrik pada page ini. Info pemasangan silahkan hubung : 082221444201

Contact us to get started.

We’d love to hear from you and build out your next dream project. Drop us a line and we’ll get back to you as soon as we can!

NASA Mission Control Center
Clear Lake, Houston, TX 77058

Email: hello@example.com
Phone: 800-854-5841


Jasa Instalasi Listrik Makassar – Tak dapat dipungkiri lagi bahwa saat ini listrik telah menjadi kebutuhan utama bagi semua golongan masyarakat, mulai dari masyarakat kecil hingga konglomerat sangat membutuhkan hal yang satu ini.

Hal tersebut dapat dilihat di hampir semua rumah baik yang berukuran kecil maupun yang berukuran besar telah terpasang instalasi listrik.

namun sayangnya, meskipun listrik telah menjadi kebutuhan mendasar, tidak semua orang sadar akan pentingnya pemasangan instalasi yang benar.

Kebanyakan masyarakat hanya membuat instalasi seadanya yang sangat berpotensi mengakibatkan kecelakaan fatal bagi para penghuninya seperti tersengat listrik, kerusakan perangkat elektrionik, hingga korsleting listrik yang dapat mengakibatkan kebakaran rumah.

Oleh karena itu, sangat penting untuk memperhatikan sistem pemasangan instalasi yang baik dan benar bagi hunian anda.

Jasa Instalasi Listrik Makassar

Instalasi Listrik

Perlu dikeahui bahwa proses pemasangan instalasi airan listrik merupakan tanggung jawab pemilik rumah bukan tanggung jawa petugas PLN. Dalam hal ini pihak PLN hanya bertugas sebagai pemasok energi listrik ke rumah anda.

Oleh karena itu, jik anda sedang membangun atau merenovasi rumah anda maka anda perlu memperhatikan sistem instalasi yang terpasang dengan benar baik yang dipasang oleh anda sendiri atau menggunakan jasa instalasi listrik Makassar.

Hal-hal yang Perlu Diperhatikan Terkait Pemasangan Instalasi Listrik

Setiap perancangan serta pemasangan instalasi baik yang dilakukan oleh anda secara langsung atau dilakukan oleh pihak penyedia jasa instalasi listrik Makassar, maka sebaiknya memperhatikan beberapa hal berikut.

1. Denah Instalasi

membuat denah instalasi
Contoh denah instalasi listrik via commos.wikimedia.org

 Pembangunan jaringan listrik pada sebuah bangunan sebaiknya tidak dilakukan secara serampangan. Oleh karena itu, sebelum melakukan pemasangan, ada baiknya jika anda membuat denah untuk instalasi yang tepat.

Denah instalasi merupakan panduan instalasi yang dijadikan acuan dalam membangun instalasi pada sebuah bangunan.

Dari denah tersebut dapat diketahui kebutuhan-kebutuhan apa saja yang dibutuhkan pada instalasi tersebut seperti panjang kabel, jumlah stop kontak, jumlah lampu, dll.

Selain untuk mengetahui kebutuhan bahan instalasi, denah instalasi juga digunakan sebagai acuan penempatan perangkat instali yang dibuat berdasarkan kebutuhan gedung atau rumah.

2. Kualitas Bahan Instalasi

Instalasi listrik merupakan merupakan instalasi yang terkait dengan tegangan. Oleh karananya faktor keaman merupakan hal paling utama.

Salah satu penjamin keamanan instalasi adalah pada penggunaan perangkat yang berkualitas seperti penggunaan kabel yang disesuaikan dengan daya hantar. Semakin besar daya yang dihantarkan maka besar pula ukuran dan kulaitas ketahanan yang digunakan.

Untuk pengaliran tegangan rendah, anda dapat menggunakan kabel dengan diameter 1.5 mm. Akan tetapi jika tegangan yang dialirkan cukup tinggi maka anda dapat menggunakan kabel dengan diameter 2.5 mm yang dapat menghantarkan listrik hingga 5000 watt.

Selanjutnya, untuk menambah keamanan kabel maka anda dapat menambahkan pengaman tambahan seperti pipa conduit sehingga kabel dapat terlindungi dengan baik.

3. Penggunaan MCB dan ELCB

Hal penting yang juga perlu diperhatikan untuk keamanan instalasi adalah pemasangan MCB dan ELCB

MCB adalah singkatan dari Mini Ciricuit Brreaker. MCB adalah gerbang keamanan instalasi terhadap arus listrik yang berlebihan. Dengan terpasangnya MCB ini maka perangkat elektronik anda akan terlindungi dari kerusakan akibat tegangan yang berlebihan.

MCB bekerja dengan memutus arus listrik jika terjadi lonjakan arus atau arus menjadi sangat tinggi melampaui kapasitas tahanan MCB.

Namun perlu diketahui bahwa penggunaan kabel instalasi harus disesuaikan dengan MCB, jika kabel yang digunakan memiliki daya hantar lebih kecil dari maka dapat menyebabkan kebocoran arus akibat kabel yang rusak akibat panas sehingga dapat memicu kebakaran.

Alat keamanan selanjnya adalah ELCB atau Earth Leakage Circuit Breaker. ELCB merupakan pengamanan ganda setelah MCB. ELCB akan bekerja dengan memutus aliran listrik jika terjadi kebocoran arus pada instalasi.

4. Kapasitas Listrik

daya yang digunakan untuk instalasi listrik
Kapasitas daya listrik via maxpixel.net

Hal penting yang harus diperhatikan dalam pemasangan jaringan arus listrik adalah terkait kapasitas listrik. Perancangan dan pemasangan instalasi harus disesuaikan dengan kapasitas tegangan listrik yang dimiliki.

Jika daya listrik yang anda miliki adalah 1200VA, maka instalasi yang digunakan tidak boleh lebih dari 1200VA. Apa bila anda ingin menggunakan daya diatas 1200VA maka anda harus mengajukan permohonan kenaikan daya kepada pihak PLN.

5. Perancangan Jalur

Dalam perancangan instalasi yang baik, anda sebaiknya mengetahui perangkat-perangkat apa saja yang anda akan gunakan sehingga anda dapat melakukan perancangan jalur dengan mudah.

Bagilah jalur berdasarkan kebutuhan anda. Pembagian jalur sendiri biasanya dibagi menjadi dua macam yakni jalur kecil dan jalur besar.

Jalur keci dugunakan untuk mengliri komponen-komponen berdaya rendah sedangkan jalur besar digunakan untuk menglaliri komponen-komponen tegangan tinggi.

Pembagian jalur ini ditujukan agar setiap komponen tidak terganggu satu sama lain serta menjaga perangkat-perangkat anda agar lebih awet digunakan. Setiap jalur baiknya dipasang MCB sebagai pengontrol aliran listrik yang melalui jalur tersebut.

6. Grounding

Secara sederhana, Grounding adalah proses pengalihan tegangan guna melepaskan aliran listrik yang berlebihan ke tanah. Grounding adalaha hal yang tak boleh terlewatkan dalam sebuah desain instalasi listrik.

Grounding umumnya ditujukan untuk menghindarkan kerusakan pada kompone kelistrikan serta alat-alat elektronik yang terhubung jika terjadi kebocoran arus akibat peningkatan tegangan secara tiba-tiba yang biasanya terjadi akibat sambaran petir atau sedang ada perbaikan pada sumber listrik.

7. Pemeriksaan Berkala

pemeriksaan secara berkala
Pemeriksaan instalasi secara berkala via pexels.com

Hal terakhir yang mesti tetap diperhatikan oleh pemilik rumah adalah pengecekan. Pengecekan pada dasarnya akan dilakukan beberapa waktu setelah instalasi selesai dan listrik digunakan dengan lancar. pemerikasan dilakukan guna melihat kondisi kelayakan instalasi.

Jika dianggap ada bagian yang membutuhkan perbaikan maka anda dapat segera memperbaikinya sebelum menimbulkan permasalahan.

***

Itula beberapa hal yang perlu diperhatikan terkait instalasi listrik yang baik sehingga dapat menghindarkan anda dan keluarga dari hal-hal yang tidak diinginkan.

Jika anda tidak memiliki pengalaman terkait instalasi listrik, ada baiknya anda meminta bantuan kepada teman atau kenalan anda yang telah memiliki pengalaman di bidang tersebut. Selain itu anda juga dapat meminta bantuan penyedia jasa yang profesional.

Jasa Instalasi Listrik Makassar

Saat membangun atau merenovasi rumah, setiap hal yang bersifat fundamental sebaiknya diserahkan kepada ahlinya guna menghindari hal-hal yang tidak diinginkan dikemudian hari.

Pemasangan instalasi listrik merupakan salah satu hal yang fundamental dalam proses pembangunan atau renovasi rumah. Untuk itu, pemasangan instalasi harus benar-bernar diberikan perhatian khusus baik pada perencanaan yang matang, pemilihan jenis bahan tepat, serta pelaksanaanya.

Untuk itu, ada baiknya jika anda menggunakan bantuan jasa instalasi listrik Makassar yang telah berpengalaman dan tersertifikasi. Selain aman, menggunakan bantuan jasa instalasi listrik Makassar juga dapat membantu anda dalam pemilihan bahan yang terbaik serta perawatan berkala.

Jasa Instalasi Listrik Makassar

Leave a Comment