Jual ayam potong Makassar

makassar dagang ayam potong

Toriolo Farm.

Kami menyediakan ayam potong segar untuk wilayah kota Makassar dan sekitarnya. Untuk Informasi pemesanan silahkan menghubungi kami di :

0812-4111-5567

atau klik

Toriolo Farm.

Menyediakan kebutuhan dasar anda:

Office
Jl. Inspeksi PAM Timur, Komp. Murina Regency. – Makassar.

Email:
Phone: 0812-4111-5567


Jual ayam potong Makassar – Daging ayam merupakan salah satu menu favorit masakan khas Indonesia sejak dahulu. Serat dagingnya yang lunak dan pendek menjadikannya sangat mudah dicerna oleh semua kalangan dari anak-anak hingga orang dewasa.

Terdapat dua jenis ayam yang paling banyak dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia yakni ayam Ras dan ayam Kampung dimana keduanya merupakan sumber protein hewani yang sangat dibutuhkan oleh tubuh.

Kandungan Gizi Daging Ayam

gizi ayam potong sekitar kota makassar
Kandungan gizi daging ayam

Disadari atau tidak, daging ayam memiliki memiliki berbagai macam kandungan gizi yang dibutuhkan oleh tubuh. Ragam jenis gizi tersebut juga membawa ungsi yang berbeda beda bagi tubuh, ada  yang bermanfaat sumber energi, sumber nutrisi, membantu proses pemulihan dari sakit, dll.

Daging ayam merupakan salah satu sumber protein hewani yang dibutuhkan oleh tubuh manusia. Penelitian menyebutkan bahwa kandungan protein pada daging ayam mengandung asam amino esensial yang tinggi yang sangat dibutuhkan oleh manusia.

Selain sebagai sumber protein, vitamin, karbohidrat, air dan mineral juga terkandung pada daging  dengan kadar yang berbeda-beda. Besarnya kadar kandungan vitamin pada daging ayam dibedakan berdasarkan usia, spesies, serta jenis kelamin ayam.

Untuk setiap 85 gram  dapat mengandung kurang lebih 19gr protein, 2gr lemak, dan 102 kalori. Kadar tersebut akan semakin bertambah jika daging masih melekat dengan kulit.

Kandungan lemak tinggi ada pada kulit ayam. Semakin tua umur ayam semakin tinggi kandungan lemaknya. Kandungan lemak pada ayam betina juga cenderung lebih tinggi dari ayam jantan.

Selain mengandung kalori dan lemak, daging unggas ini juga mengandung vitamin ( vit A, B3, B5, B6), nutrisi, kalsium, zat besi, kalium, dan fosfor.

Bagaimana Memilih Daging Ayam yang Baik

jual ayam potong makassar
Tips memilih ayam potong

Meskipun telah menjadi menu favorit masyarakat Indonesia, masyarakat tidak boleh gegabah dalam membeli daging unggas yang satu ini di pasaran.

Tingginya permintaan akan daging unggas ini dalam negeri menjadi celah baru bagi para pedagang-pedagang nakal yang jual ayam potong Makassar untuk meraup keuntungan lebih. 

Tidak sedikit dari mereka jual ayam potong yang sudah tidak layak jual kepada masyarakat. 

Oleh karena itu, setiap masyarakat sangat penting untuk mengetahui ciri-ciri daging  yang baik dan segar. Berikut beberapa ciri-ciri ayam segar lagi baik.

1. Warna dan Penampakan Daging

Warna daging ayam segar umumnya berwarna putih kemerahan serta terlihat cerah. Penting bagi anda untuk berhati-hati jika anda melihat daging yang berwarna pucat hingga berwarna hijau atau kebiru-biruan. Waspada pula jika warna daging terlihat mengkilap sebab bisa jadi telah diberi zat kimia seperti formalin dll.

Kulit ayam yang segar akan terlihat lembab,  tidak kering akan tetapi juga tidak berlendir. Pastikan bahwa ayam tidak mengeluarkan cairan berlendir.

2. Tekstur Daging

Tekstur daging ayam yang masih segar cenderung kenyal apabila diberi tekanan. Oleh karenanya penting bagi anda untuk mengecek tekstur daging dengan cara menekan permukaan daging jika anda ingin membeli daging dari pedagang yang jual ayam potong Makassar.

Apabila setelah ditekan permukaan daging kembali pada posisi semula maka dapat diartikan daging tersebut masih terbilang segar.

Sebaliknya jika daging diberi tekanan kemudian bentuk permukaannya tidak kembali lagi seperti semula maka kemungkinan daging tersebut sudah tidak segar lagi atau telah melalui beberapa kali proses pembekuan yang mengakibatkan sel-sel daging menjadi rusak.

3. Formalin Free

Hal selanjutnya yang perlu diperhatikan jika hendak membeli daging ayam adalah memastikan daging bebas dari formalin.

Daging yang telah diberi formalin dapat diketahui dengan melihat penampakan daging. Daging yang terlihat terlalu mengkilap adalah salah satu tanda daging tersebut telah dibubuhi dengan bahan kimia.

Selanjutnya anda juga dapat meraba permukaan daging. Apabila anda merasakan tekstur berpasir pada permukaan daging, maka bisa jadi tekstur pasir tersebut adalah sisa bahan kimia yang telah dimasukkan pada daging tersebut.

4. Aroma Daging Ayam

Daging ayam yang masih segar akan mengeluarkan aroma khas daging. Apabila daging telah mengeluarkan bau yang menyengat maka bisa jadi daging tersebut sudah tidak segar lagi. 

Hindari pula daging yang berbau bahan kimia apabila anda menemukannya pada pedagang nakal yang jual ayam potong Makassar, sebab bisa jadi daging tersebut telah diberi zat pengawet yang berbahaya apabila dikonsumsi.

Kesalahan-Kesalahan Pengolahan Daging Ayam

pengolahan daging ayam potong kota makassar
Pengolahan daging ayam

Meskipun telah mengolah dan mengkonsumsi ayam sejak dahulu, kebanyakan masyarakat belum menyadari kesalahan-kesalahan yang mereka lakukan dalam proses pengolahan daging.

Tahukah anda bahwa daging yang diolah dengan tidak benar dapat mengundang munculnya bakteri Patogen yang dapat berbahaya bagi tubuh.

Bakteri Salmonella dan Campylobacter merupakan dua jenis bakteri bersifat Patogen yang bisa jadi terdapat pada daging ayam.

Oleh karena itu, adalah hal yang sangat penting bagi masyarakat untuk mengetahui beberapa hal yang sebaiknya tidak dilakukan dalam pengolahan daging ini. Berikut diantaranya.

1. Meletakkan Daging Pada Suhu Ruangan Dalam Waktu yang Lama

Kesalahan pertama yang banyak dilakukan oleh masyarakat dalam memperlakukan daging sebelum diolah adalah menempatkannya pada suhu ruangan dalam waktu yang lama.

Hal tersebut dapat memberi kesempatan bagi bakteri untuk berkembang yang berbahaya apabila dikonsumsi.

Oleh karenanya, sangat dianjurkan untuk segera memasukkan daging ke dalam lemari pendingin atau freezer jika tidak segera diolah atau dimasak guna mencegah bakteri berkembang biak.

2. Tidak Menggunakan Wadah Khusus Saat Menyimpan

Kesalahan selanjutnya yang banyak dilakukan oleh masyarakat saat membeli daging dari pedagang yang jual ayam potong Makassar adalah dalam hal penyimpanan.

Kebanyakan mereka menyimpan daging langsung setelah dibeli hanya dengan menggunakan kantong plastik dari penjual. 

Padahal jika disimpan hanya menggunakan kantong plastik maka besar kemungkinan cairan daging bisa saja merembes ke makanan lain yang ada di kulkas.

Cairan tersebut berpotensi membawa bakteri yang dapat mengkontaminasi makanan lain yang ada di kulkas.

Oleh karena itu, apabila ingin menyimpan daging di kulkas ada baiknya jika diletakkan di wadah khusus yang tertutup rapat sebelum kemudian dimasukkan kedalam lemari pendingin.

Apabila ingin mengolahnya maka daging yang telah membeku sebaiknya dicairkan di dalam kulkas atau direndam, hindari pencairan pada suhu ruangan.

3. Mencuci Daging Ayam Sembarangan

Mencuci ayam juga membutuhkan perhatian khusus. Mencuci ayam harus dilakukan di tempat khusus yang jauh dari bahan makanan serta peralatan-peralatan dapur lainnya.

Hal tersebut dilakukan untuk mencegah kontaminasi bakteri pada cairan hasil pencucian ayam yang membawa bakteri Salmonella, Campylobacter, maupun Clostridium perfringens.

4. Kesalahan Pada Proses Pemberian Bumbu

Umumnya masyarakat Indonesia membumbui ayam dengan cara direndam kedalam air bumbu. Akan tetapi jika dilakukan dengan cara yang salah maka akan memicu berkembangnya bakteri.

Bakteri pada ayam sangat mudah berkembang pada suhu ruangan. Oleh karenanya jika hendak dibumbui dengan cara direndam beberapa saat maka ada baiknya jika saat proses perendaman nya disimpan di dalam lemari pendingin guna mencegah berkembangnya bakteri.

Air bumbu rendaman harus dibuang setelah digunakan agar tidak digunakan lagi sebab air yang telah bersentuhan dengan daging sangat besar kemungkinan telah terpapar bakteri.

5. Kesalahan Penggunaan Alat

Alat yang telah digunakan untuk mengolah daging ayam sebaiknya segera dibersihkan sebelum kembali digunakan. Baik untuk kembali mengolah ayam atau untuk kepentingan memasak lainnya.

Menempatkan Daging Mentah Bersebelahan Dengan Makanan Lainnya

Menempatkan daging di samping makanan lainnya seperti tahu tempe merupakan hal yang juga harus di hindari. Hal tersebut demi mencegah penyebaran bakteri yang bisa saja mengkontaminasi makan lainnya.

Oleh karena itu sebisa mungkin tempatkan selalu daging mentah pada wadah tertutup dan terpisah dari bahan makanan lainnya.

6. Tidak Membersihkan Tangan Setelah Mengolah Daging 

Kebanyakan orang lupa membersihkan tangan mereka dengan baik setelah membersihkan daging yang mereka beli di pasar. Padahal tanpa disadari bakteri di daging bisa saja melekat di permukaan tangan yang telah bersentuhan dengan daging.

Itulah beberapa kesalahan-kesalahan yang banyak dilakukan masyarakat dalam mengolah daging yang sebaiknya diperbaiki.

Tips Konsumsi Daging Bagi Anda yang Melakukan Program Diet

daging ayam segar di makassar dan gowa
Tips konsumsi daging ayam untuk program diet

Bagi anda yang sedang melakukan diet umumnya menghindari makanan yang mengandung lemak tinggi. 

Kandungan lemak pada daging ayam pada dasarnya tidak begitu besar, terlebih lagi jika usia ayam tersebut masih muda.

Semakin tua usia ayam maka kandungan lemak akan semakin tinggi. Kandungan lemak pada ayam banyak terdapat pada bagian kulit ayam.

Oleh karena itu, jika anda sedang dalam proses diet maka ada baiknya jika anda tidak mengkonsumsi kulit ayam terlebih lagi jika proses pengolahannya dengan cara di goreng.

Bagaimana Cara Mendapatkan Daging Segar di Wilayah Kota Makassar

Untuk mendapatkan supply daging segar di kota Makassar anda dapat mendatangi pasar-pasar tradisional atau supermarket di wilayah kota Makassar.

Atau anda dapat melakukan pemesanan secara online di TOROLO Farm.

TORIOLO Farm

Toriolo Farm adalah platform online yang menyediakan kebutuhan dapur anda seperti daging ayam segar, daging sapi, buah-buahan, serta sayur sayuran.

Daging ayam yang dijual oleh TORIOLO Farm adalah daging yang Halal dan Higienis.

Untuk informasi pemesanan silahkan hubungi 0812-4111-5567.

Leave a Comment