Ulasan Lengkap Seputar Bahan Amunzen [Tekstur, Karakteristik, Kelebihan, Jenis, Dll]

Bahan Amunzen – Dunia fashion adalah dunia yang tidak pernah berhenti dalam berinovasi, baik dari segi desain, rancangan, hingga bahan-bahan yang digunaka.

salah satu inovasi yang tak pernah berhenti adalah keaneka ragaman bahan yang terus berkembang seiring dengan berjalannya waktu. salah satunya adalah munculnya variasi bahan kain yakni Bahan Amuzen.

Bahan Amunzen

pengertian bahan amunzen crepe adalah
Bahan Amunzen

bahan amunzen adalah salah satu bahan kain yang termasuk dalam jenis kain Crepe. Jenis amunzen crepe ini secara visual hampir menyerupai saudaranya dari bahan Crepe lainnya yakni Wollycrepe.

Jika diperhatikan dengan seksama, maka kita akan melihat efek permukaan yang terlihat kasar tapi halus seperti pasir halus atau kulit jeruk.

Kain Amunzen memiliki susunan serat yang berbentuk menyusun, tampilan yang terlihat mengkilap, serta bentuk yang tipis tapi tidak menerawang menjadikannya sepintas sangat mirip dengan dengan bahan Wollycrepe, oleh karenanya amunzen crepe ini juga dikenal dengan Wollycrepe Amunzen.

Tekstur Kain Bahan Amunzen

kain amunzen memiliki tekstur yang sedikit kasar atau timbul dengan bentuk menyusun dan lebih padat. Hal tersebut menjadi nilai lebih bagi kain jenis ini karena meskipun tebilang lebih ringan dan lebih tipis, Tekstur Amunzen Crepe ini tidak menerawang atau tembus pandang saat digunakan.

Karakteristik Bahan Amunzen

Dari sekian banyak jenis kain yang termasuk dalam kategori bahan kain Crepe, Bahan Amunzen atau Amunzen Crepe merupakan salah satu bahan pakaian yang memiliki karakter yang unik.

Karakteristik dari bahan jenis ini yang paling istimewa adalah efek kilap yang dipancarkannya sehingga terlihat sangat elegan untuk digunakan.

selain itu, karakteristik khusus yang lain adalah memiliki tekstur yang tidak kaku, tidak mudah kusut, cenderung jatuh, serta masih tergolong ringan dalam penggunaannya.

Meskipun tidak termasuk dalam kelompok kain jenis katun, kain Amunzen ini tetap dingin atau tidak menyebabkan gerah saat digunakan.

Kelebihan-Kelebihan Bahan Amunzen

beberapa kelebihan bahan amunzen
Kelebihan bahan Amunzen

secara spesifik, amunzen crepe memiliki beberapa kelebihan-kelebihan tersendiri yang membuatnya berbeda dengan bahan kain lainnya. Berikut beberapa kelebihan-kelebihan kain Amunzen crepe yang menjadikannya terlihat elegan saat digunakan :

1. Tekstur yang Lebih Jelas

jika dibandingkan dengan bahan Crepe lainnya, Amunzen memiliki penampakan tekstur yang lebih jelas jika dibandingkan dengan jenis kain lainnya yang termasuk dalam kategori kain bahan Crepe.

perlu diketahui bahwa tampilan tekstur dari kain-kain berbahan crepe lainnya cenderung lebih halus dan cenderung berukuran kecil.

2. Warna Lebih Tegas

kelebihan lain dari bahan Amunzen Crepe ini jika dibandingkan dengan bahan Crepe lainnya adalah pada penampakan warnanya. Amunzen Crepe mememiliki tampilan warna yang cenderung lebih tegas serta tidak terlihat seperti doff.

selain itu jika terkena cahaya, wana Amunzen Crepe akan terlihat glossy atau mengkilap namun tidak terlalu menonjol. Hal tersebut memberikan kesan elegan bagi pengguna jenis bahan ini.

3. Berat Kain Lebih Stabil

salah satu detail penting yang juga berpengaruh dalam pembuatan sebuah desain pakaian adalah ukuran berat kain atau dalam istilah khusus disebut gramasi.

Msikipun terlihat lebih glossy, namun gramasi pada kain Amunzen Crepe cenderung lebih stabil yakni tidak terlalu ringan dan tidak terlalu berat.

oleh keran itu, Amunzen Crepe ini cocok untuk digunakan salahasatunya dalam membuat sebuah dress dengan bentuk desain lingkaran pada bagian bawah yang cenderung lebat.

4. Textur Serat Kain Cenderung Berbentuk Menyusun dan Lebih Padat

Kelebihan selanjutnya yang dimilik oleh bahan Amunzen Crepe ini adalah dari bentuk serat kainnya yang berbentuk menyusun dan cenderung lebih padat.

hal tersebut berpengaruh pada tingkat penyerapan cahaya pada kain, sehingga meskipun tidak setebal kain katun namun kain Amunzen tidak menerawang atau tembus pandang.

Jenis-Jenis Kain Amunzen

jenis-jenis kain amunzen
Jenis-Jenis Amunzen via Charismaku_id

kain amunzen sendiri memiliki beragam jenis dengan ragam karakteristik yang berbeda-bedan pada masing-masing kain.

Namun secara umum, jenis-jenis kain tersebut tidak terlepas dari karakteristik utama amunzen yakni tetap nyaman digunakan, tidak panas, dll.

Adapun jenis-jenis kain amunzen yang dapat ditemukan dipasaran diantaranya adalah Amunzen stretch, Amunzen Flamingo, Amunzen Emboss, dan Amunzen Buble.

Amunzen Strech

Jika dilihat dari Namanya, kain jenis Amunzen Strech memiliki sifat melar. Sebagaimana kita ketahui Bersama bahwa Strech secara sederhana berarti “melar”.

Dengan begitu, secara sederhana dapat kita simpulkan bahwa kain jenis Amunzen Strech ini merupakan jenis kain Amunzen dengan karakteristik melar atau dapat diregangkan yang merupakan kebalikan dari kain non stretch.

Namun meskipun bersifat melar atau meregang, kain jenis ini tetap tidak terlepas dari karakter utama amunzen yakni tetap bersifat lembut, berserat, halus, glossy, tidak tembus pandang, tidak mudah kusut, serta memiliki gramasi yang stabil.

Jika dipandang dengan Sepintas, kain Amunzen Strech ini memiliki kemiripan dengan kain jersey yang halus, adem, dan melar.

Amunzen Flamingo

Kain Amunzen Flamingo merupakan jenis lain dari kain bahan Amunzen. Jenis kain yang satu ini memiliki kemiripan dengan kain Elenacrepe dengan tingkat ketebalan yang sama namun lebih ringan dari sisi gramasi.

Bahan Flamingo banyak digunakan pada pakaian-pakaian premium. Jenis kain ini biasanya di aplikasikan pada gamis atau khimar kualitas premium karena kualitas kainnya yang sangat nyaman saat dikenakan.

Meskipun begitu, Amunzen Flamingo tetap memiliki krakteristik umum bahan Amunzen Flamingo yakni tidak mudah kusut, tidak menerawang, tetap adem saat dipakai cocok dengan iklim tropi seperti di Indonesia.

Dari sisi warna, umumnya warna-warna yang dimiliki Amunzen flamingo ini cenderung lebih tegas dimana setiap seratnya menggunakan warna yang sama. Terlihat glossy namun tidak berlebihan.

Amunzen flamingo sangat cocok digunakan untuk desain dress atau pakaian dengan bentuk lingkar bawah yang melebar.

Untuk mengaplikasikan kain ini pada sebuah desain, sebaiknya dilakukan oleh penjahit yang professional untuk hasil yang maksimal. Sifat kain yang agak licin atau tidak sekaku kain cotton mmbutuhkan ketelitian serta kehati-hatian dalam pengerjaannya.

Amunzen Emboss

Bahan emboss umumnya terkait dengan bahan kain yang memiliki corak atau desain yang terlihat seperti timbul atau berbentuk 3 dimensi. Hal tersebut juga dapat ditemukan pada kain amunzen yakni Amunzen Embos.

Adanya tambahan desain yang terlihat timbul merupakan karakterisitik bahana amunzen Embos yang paling mudah dikenali.

Diluar dari hal tersebut, amunzen embos tetap memiliki krakteristik amunzen crepe seperti pada umumnya yakni lembut, nyaman, adem, tidak tembus pandang, dll.

Jenis kain ini kebanyakan ditemukan pada pakaian-pakain premium seperti gamis dan sangat cocok jika dipadu padankan dengan bahan-bahan lainnya seperti bahan wolfis, chiffon, dll. Sehingga terlihat sangat elegan dan mewah.

Amunzen Buble

Amunzen Bulbe merupakan jenis kain Amunzen yang lainnya yang memiliki karakteristik mirip dengan Amunzen stretch.

Jenis kain agak tipis tapi tidak tembus pandang, tidak mudah kusut, dengan sifat kain yang melar dan agak jatuh. Sifatnya yang sedikit melar menjadikan kain ini menjadi pilihan kebanyakan orang khususnya dalam membuat gamis.

Pengaplikasian bahan amunzen crepe Pada Busana

kain amunzen
kain Amunzen

Dengan karakteristik kain yang unik maka kain bahan amunzen ini dapat diaplikasikan kedalam berbagai macam desain pakaian.

Saat ini, jenis kain amunzen kebanyakan diaplikasikan pada desain gamis, tunik, jilbab, rok, jilbab,dan baju koko , yang dapat dipadukan dengan bahan-bahan lainnya.

berapa harga harga kain bahan amunzen crepe di pasaraan?

harga kain amunzen yang dijual di pasaran beraneka ragam. hal tersebut dikarenakan jenis kain serta grade kualitas bahan yang dijual.Mulai dari harga yang termurah yakni sekitar Rp.12.000/meter hingga yang paling mahal.

Harga biasanya berbanding lurus dengan kualitas, meskipun tidak selamanya begitu tergantung dengan ketelitan anda dalam memilih kain.

****

Itulah ulasan singkat seputar bahan Amunzen. Semoga bermanfaat. Terima kasih.

Leave a Comment