6 Tips Sederhana Keamanan Rumah Saat Ditinggal Pergi

Rumah yang kerap ditinggal pergi oleh pemiliknya merupakan sasaran empuk bagi para pencuri untuk beraksi. Semakin sering rumah tersebut terlihat kosong maka semakin besar kemungkinan menjadi target pembobolan oleh para maling.

Sejatinya para pencuri yang telah berulang kali melakukan pencurian pastinya tidak serta merta melakukan pencuria akan tetapi mereka kerap kali melakukan perencanaan sebelum melancarkan aksinya.

Oleh karena itu, jika anda kerap bepergian atau meninggalkan rumah dalam keadaan kosong, ada baiknya jika anda memperhatikan tips keamanan rumah berikut agar hunian anda dapat terhindar dari aksi-aksi kejahatan dari orang-orang yang tidak bertanggung jawab.

1. Keamanan pintu

menjaga keamanan pintu rumah
Kemanan pintu rumah via pixabay.com

Hal pertama yang perlu anda perhatikan adalah kemanan pintu. Pastikan setiap pintu terkunci dengan baik, baik pintu utama maupun pintu samping atau pintu belakang.

Bila perlu tambahkan kunci ganda pada pintu rumah anda khususnya jika kunci pintu anda berupa kunci pintu yang berukuran kecil yang mudah di rusak oleh maling.

Diatara kunci ganda yang dapat anda gunakan seperti kunci geser, rantai kunci, dll. Bila dilokasi sekitar hunian anda memang rawan terjadinya pencurian, ada baiknya jika anda menambahkan pintu teralis besi sebagai bentuk keamanan berlipat.

2. Memasang Teralis Pengaman Jendela

memasang pengan jendela rumah
Teralis pengaman jendela via pixabay.com

Selain dengan merusak pintu, kebanyakan pencuri juga kerap memasuki rumah melalui jendela, khususnya pada jendela yang tidak terlihat dari luar seperti jendela samping atau jendela belakang.

 Oleh karenanya, memberikan pengamanan berganda pada bagian jendela juga merupakan prioritas utama. Hal yang paling umum dilakukan untuk meningkatkan pengamanan jendela adalah dengan menabahkan teralis besi.

Dengan adanya teralis besi maka para pencuri akan kesulitan memasukir rumah setelah berhasil merusak atau mencongkel jendela rumah.

3. Mengunci Setiap Kamar

menjaga keamanan pintu kamar rumah
mengunci pintu kamar rumah via pixabay.com

Tempat penyimpanan barang berharga yang paling umum adalah didalam kamar. Mengunci setiap kamar adalah cara selanjutnya untuk melindungi harta benda anda dari pencurian.

Sayangnya, kebanyakan orang telah merasa aman setelah mengunci pintu dan jendela saat hendak meninggalkan rumah tanpa merasa penting untuk mengunci pintu kamar.

Dengan mengunci setiap kamar maka anda dapat menyulitkan para pencuri untuk mengambil barang berharga anda. Sehingga meskipun telah berhasil masuk ke dalam rumah, akan tetapi mereka akan terhadang dengan pintu kamar yang telah terkunci rapat.

4. Membuat seakan-akan ada orang di rumah saat berpergian

kamuflase
Ada orang di rumah via pixabay.com

Meskipun ditinggal pergi, jangan biarkan rumah terlihat benar-benar kosong. Buatlah kondisi rumah anda seakan-akan tetap berpenghuni.

Salah satu cara yang paling umum dilakukan oleh orang-orang agar rumah tetap terlihat berpenghuni adalah dengan tetap menyalakan lampu pada bagian-bagian tertentu di rumah. Dengan begitu, rumah anda akan terlihat ada orangnya.

Cara lain yang juga digunakan orang adalah dengan menggunakan perangkat cerdas yang dapat dihidupkan dan dimatikan dari jauh dengan menggunakan jaringan internet.

5. Meminimalisir Pandangan

menghalau pandangan pencuri
Meminimalisir pandangan via pixabay.com

Cara selanjutnya untuk meminimalisir pencurian dirumah saat ditinggal pergi adalah dengan meminimalisir pandangan kedalam rumah seminimal mungkin.

Tutup segala bagian-bagian yang memungkinkan pencuri untuk melihat atau memantau kondisi dalam rumah.

Tambahkan gorden pada jendela dan pintu sehingga dapat menghalangi pandangan para pencuri yang hendak memantau rumah. Baik untuk mencari barang berharga maupun untuk memastikan kondisi rumah sedang tidak berpenghuni.

6. Menggunakan Teknologi pemantau

teknologi pemantau untuk keamanan rumah
Teknologi CCTV pemantau via pixabay.com

Jika anda memiliki dana yang lebih, maka tidak ada salahnya jika anda membeli dan memasang teknologi-teknologi terbaru terkait keamanan rumah. Salah satunya adalah teknologi pemantau.

Teknologi pemantau yang dapat anda gunakan untuk memantau kondisi rumah adalah dengan memasang kamera CCTV.

Kamera CCTV merupakan kamera yang dapat bekerja 24 jam memantau kondisi hunian anda, baik didalam maupun diluar rumah.

Semakin banyak kamera CCTV yang anda gunakan maka pantauan anda akan semakin luas terhadap rumah anda, khususnya jika rumah anda berukuran luas atau banyak memiliki sekat-sekat ruangan.

Selain untuk memantau kondisi rumah, pemasangan kamera CCTV pada dasarnya adalah bentuk pencegahan terjadinya pencurian dirumah anda.

Sebab apabilah seseorang hendak mencuri dan melihat terdapat banyak kamera maka besar kemungkinan mereka akan mengurungkan niatnya untuk beraksi.

Oleh karenanya, sangat disarankan untuk memasang kamera pemantau pada bagian-bagian yang dapat terlihat oleh para pencuri meskipun anda juga dapat menyimpannya pada bagian yang tidak terlihat.

****

Itulah beberapa tips keamanan rumah yang mungkin dapat anda terapkan di rumah anda khusunya jika rumah anda kerap ditinggal pergi. Semoga bermanfaat dan terima kasih.

Leave a Comment