6 Keterampilan Arsitek Agar Bisa Bersaing Di Dunia Profesional

Keterampilan Arsitek – Profesi arsitek merupakan sebuah profesi yang banyak dicita-citakan oleh anak muda saat ini. Khususnya yang memiliki passion di bidang kreatif.

Tak salah memang, akan tetapi berbicara profesi arsitek tidak hanya bebicara tentang hal kreatifitas.

Masih banya keterampilan-keterampilan lain yang juga harus dimiliki oleh serang arsitek sebagai penunjang dalam membuat suatu maha karya.

Keterampilan Arsitek

keterampilan arsitek
keterampilan yang harus dimiliki arsitek via maxpixel.net

Tugas arsitek tidak hanya terbatas pada pembuatan desain rumah untuk pelanggan. Akan tetapi seorang yang berprofesi sebagai arsitek juga memiliki andil dalam perwujudan desain tersebut menjadi sebuah hunian nyata yang didambakan oleh pengguna jasanya.

Oleh karena itu, seorang arsitek sudah selayaknya memiliki berbagai macam keterampilan untuk mendukung kesempurnaan karyanya khususnya karya-karya yang diharapkan oleh pelanggannya.

Keterampilan apa saja yang dimiliki oleh seorang yang berprofesi sebagai arsitek dalam mendukung kesempurnaan karyanya? Berikut penjelasannya.

1. Keterampilan Berpikir Kreatif dan Imajinatif

Keterampilan pertama yang harus dimiliki oleh seorang arsitek adalah keterampilan berfikir kreatif. Seorang pengguna jasa arsitek pastilah berharap akan sebuah rancangan yang kreatif, unik, serta berbeda dengan lainnya.

Untuk mewujudkan hal tersebut, kratifitas merupakan harga mati yang harus dimiliki oleh para arsitek sehingga desain-desain yang dihasilkan tidak monoton bahkan cenderung mirip dengan desain-desain yang telah ada sebelumnya.

2. Pemecahan Masalah

Seorang arsitek adalah problem solver atas setiap masalah terkait hunian pelanggan dan setiap pelanggan memiliki masalah yang berbeda-beda.

Diantara permasalahan yang umumnya dikonsulatasikan oleh para pelanggan adalah permasalahan-permasalahan terkait fungsi hunian, kenyamanan, lingkungan, tampilan bangunan, hingga permasalahan terkait anggaran.

Dari permasalahan-permasalahan tersebut maka pihak penyedia jasa arsitek diharapkan dapat memberikan solusi terbaik untuk para pelanggannya.

3. Keterampilan Komunikasi

keterampilan komunikasi arsitek
maxpixel.net

Untuk mendukung pemecahan masalah maka dibutuhkan kemampuan komunikasi yang baik. Seorang arsitek akan bertemu dengan klien yang memiliki latar belakang dan kepribadian yang berbeda beda.

Untuk dapat mengetahui serta memberikan solusi atas setiap permasalahan klien maka dibutuhkan keterampilan komunikasi yang baik.

4. Keterampilan Matematis

Tidak hanya membuat desain bangunan yang kreatif dan imanjinatif, arstik juga harus membuat rancangan bangunan memiliki ketahanan, kuat, kokoh, serta berfungsi dengan maksimal bedasarkan kebutuhan konsumen.

Untuk merumuskan hal tersebut, seorang arsitek diharuskan memiliki kemapuan matematis sehingga setiap bagian dari bangunan dapat bekerja dan berfungsi dengan maksimal.

5. Penguasaan Alat Kerja

Setelah merumuskan serta membuat ide rancangan awal sebuah bangunan, langkah kerja selanjunya adalah menuangkan ide tersebut dalam bentuk gambar.

Media yang digunakan untuk mewujudkan ide desain tersebut dapat berupa gambar langsung dengan menggunakan alat kerja beruap meja gambar, atau menggunakan aplikasi arsitektur yang beraneka ragam.

Keragaman alat-alat kerja tersebut umumnya ditujukan untuk  fungsi yang berbeda,-beda. Oleh karena itu, pengusaaan alat kerja merupakan hal yang wajib bagi para arsitek untuk merealisasikan sebuah ide menjadi sebuah desain nyata.

6. Keterampilan Sebagai pembelajar yang Cepat

Dunia informasi bergerak sangat cepat, oleh karenanya keterampilan untuk dapat mempelajari segala hal dengan cepat juga sangat dibutuhkan untuk dapat beradaptasi dengan perkembangan zaman.

Setiap pengetahuan yang dimiliki oleh seorang yang berprofesi sebagai arsitek akan menjadi varibel-variabel pembantu dalam membuat suatu rancangan yang kreatif. Oleh karena itu, kemampuan untuk terus belajar dan belajar adalah hal wajib untuk dimiliki.

*****

Itula beberapa keterampilan-keterampilan yang baiknya dimiliki oleh para kreatif dibidang arsitek dalam rangka mewujudkan sebuah desain yang kreatif, inovatif, serta berfungsi maksimal sebagaimana yang diinginkan oleh pelanggannya.

Namun diluar dari kemampuan-kemampuan diatas masih banyak lagi kemampuan-kemampuan yang baiknya dimiliki oleh seorang arsitek. Semakin banyak kemampuan makan kemungkinan hasil karya yang diciptakan akan semakin maksimal.

Leave a Comment