3 Keutamaan Umroh Serta 3 Keutamaan Umroh di Bulan Ramadhan

Ibadah umroh merupakan salah satu ibadah mulia yang dilakukan di tanah Haram setelah ibadah Haji yang memiliki sangat banyak keutamaan.

Selain haji, ibadah umroh juga memiliki keutamaan yang sangat besar sebab ibadah ini sering dilakukan oleh Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam dan diikuti oleh para sahabat Rasul baik semasa hidup maupun saat beliau telah tiada sebagai bentuk kemulaan ibadah ini.

Berikut beberapa keutamaan melaksanakan ibadah Umroh:

1. Umroh Merupakan Ladang Jihad Bagi Wanita

keutamaan umroh bagi wanita
pixabay.com

Suatu ketika Aisyah Raidayllahu anhuma bertanya kepada Rasul, “apakah wanita juga diwajibkan untuk berjihad?, Rasul pun menjawab “iya”, kemudian melanjutkan dengan berkata “para kaum wanita wajib berjihad tanpa harus melalui peperangan yakni Berhaji dan Umroh.

Kisah diatas diambil dari hadits yang diriwayatkan oleh Ibnu Majah no.2091. yang menggambarkan keutamaan melakukan ibadah umroh khususnya kaum wanita. Dimana mereka yang melakukan ibadah umroh akan diganjar dengan pahala setara dengan orang yang berjihad.

‘Aisyah berkata,
قُلْتُ يَا رَسُولَ اللَّهِ عَلَى النِّسَاءِ جِهَادٌ قَالَ « نَعَمْ عَلَيْهِنَّ جِهَادٌ لاَ قِتَالَ فِيهِ الْحَجُّ وَالْعُمْرَةُ ».
“Wahai Rasulullah, apakah wanita juga wajib berjihad?” Beliau shallallahu ‘alaihi wa sallam menjawab, “Iya. Dia wajib berjihad tanpa ada peperangan di dalamnya, yaitu dengan haji dan ‘umroh.” (HR. Ibnu Majah no. 2901, hadits ini shahih sebagaimana kata Syaikh Al Albani).

2. Ibadah Umroh Menghapus Dosa di Antara Dua Umroh

ibadah umroh menghapus dosa
pixabay.com

Keutamaan lain dari ibadah umroh adalah umroh dapat menghapus dosa antara dua umroh.

Berdasarkan dalil hadits dari Abu Hurairah dimana Rasulullah bersabda “antara umroh yang satu dan umroh yang lainnya akan menghapus dosa diatara keduanya”.

Namun, Berdasarkan jumhur ulama, dosa yang dimaksud disini adalah dosa-dosa kecil dengan ketentuan harus menjauhi dosa-dosa besar.

Adapun dosa-dosa besar harus ditebus dengan memohon ampun sepenuhnya kepada Allah dengan memohon rahmat serta ampunannya.

Dari Abu Hurairah, ia berkata, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,
الْعُمْرَةُ إِلَى الْعُمْرَةِ كَفَّارَةٌ لِمَا بَيْنَهُمَا ، وَالْحَجُّ الْمَبْرُورُ لَيْسَ لَهُ جَزَاءٌ إِلاَّ الْجَنَّةُ
“Antara umrah yang satu dan umrah lainnya, itu akan menghapuskan dosa di antara keduanya. Dan haji mabrur tidak ada balasannya melainkan surga.” (HR. Bukhari no. 1773 dan Muslim no. 1349).

3. Ibadah Umroh Menghilangkan Kefakiran

ibadah umroh menjauhkan kefakiran
pixabay.com

Keutamaan ibadah umroh yang lainnya menghilangkan kefakiran. Sebagaimana kata rasulullah dalam haditsnya kerkata “haji dan umroh dapat menghilangkan kemiskinan seperti api yang dapat menghilangkan karat pada besi, emas maupun perak”.

Dari Abdullah, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,
تَابِعُوا بَيْنَ الْحَجِّ وَالْعُمْرَةِ فَإِنَّهُمَا يَنْفِيَانِ الْفَقْرَ وَالذُّنُوبَ كَمَا يَنْفِى الْكِيرُ خَبَثَ الْحَدِيدِ وَالذَّهَبِ وَالْفِضَّةِ وَلَيْسَ لِلْحَجَّةِ الْمَبْرُورَةِ ثَوَابٌ إِلاَّ الْجَنَّةُ
“Ikutkanlah umrah kepada haji, karena keduanya menghilangkan kemiskinan dan dosa-dosa sebagaimana pembakaran menghilangkan karat pada besi, emas, dan perak. Sementara tidak ada pahala bagi haji yang mabrur kecuali surga.” (HR. An Nasai no. 2631, Tirmidzi no. 810, Ahmad 1/387. Kata Syaikh Al Albani hadits ini hasan shahih).

Selain ketiga keutamaan diatas, ibadah Umroh juga memiliki kutamaan tambahan jika dilaksanakan pada bulan ramadhan.

Berikut keutamaan beribadah umroh di bulan ramadhan.

1. Setara Dengan Naik Haji

umroh ramadhan dan haji
pixabay.com

Suatu ketika di dalam suatu perjalanan berhajinya Rasulullah bertemu dengan seorang wanita dari kalangan anshar yang tidak ikut melakukan ibadah haji bersamanya.

Rasulullah kemudian bertanya “apa yang menghalangimu untuk melakukan ibadah haji berjasa kami?”, Wanita anshar tersebut kemudian bercertia kepada Rasululullah seputar alasannya tidak ikut berhaji bersama nabi.

Setelah mendengar wanita tersebut, Rasulullah kemudian berpesan kepada wanita tersebut untuk berumrah pada bulan ramadhan sebab nilainya sama dengan menunaikan haji bersamanya.

Kisah diatas di nukil dari hadits bukhari dan Muslim.

Hadits Bukhari (1782) dan Hadits Muslim (1256) telah meriwayatkan dari Ibnu Abbas, dia berkata,
“Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam bersabda kepada seorang wanita dari kalangan Anshar. “Apa yang menghalangimu untuk melakukan haji bersama kami?” Dia berkata, “Kami hanya punya dua onta, yang satu dibawa oleh bapak dan anaknya, yang satu lagi kami gunakan untuk menyiram kebun.” Maka nabi berkata,”Jika datang bulan Ramadan, lakukanlah umrah, karena umrah itu sama dengan haji.” Dalam riwayat muslim, “Sama dengan menunaikan haji bersamaku.”

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,
فَإِذَا كَانَ رَمَضَانُ اعْتَمِرِى فِيهِ فَإِنَّ عُمْرَةً فِى رَمَضَانَ حَجَّةٌ
“Jika Ramadhan tiba, berumrahlah saat itu karena umrah Ramadhan senilai dengan haji.” (HR. Bukhari no. 1782 dan Muslim no. 1256).

Namun meskipun begitu, berumroh pada bulan ramadhan tidak dapat menjadi pengganti ibadah haji.

Berdasarkan pendapat imam Nawawi, “yang dimaksud setara dengan haji disini adalah pahalanya setara dengan melaksanakan ibada haji. Jadi tidak dapat disimpulkan bahwa Umroh dibulan ramadhan merupakan pengganti haji.

Sejalan dengan pendapat Syaikh Bin Baz Rahimahullah mengatakan ibadah di bulan ramadhan tidaklah bisa menggantikan ibadah haji.

Hanya saja, bagi yang melakukan ibadah umroh di bulan ramadhan akan mendapatkan keutamaan serta pahala seperti berhaji.

Jadi dapat disimpulkan bahwa ibadah umroh di bulan ramadhan tidak serta merta menghilangkan kewajiban berhaji bagi yang telah berkewajiban melaksanakan ibadah haji.

2. Mendapatkan Pahala yang Berlipat Ganda

ibadah umroh ramadhan pahala berlipat ganda
flickr.com

Sebagaimana diketahui bersama bahwa bulan ramadhan adalah bulan yang istimewa dari bulan-bulan lainnya.

Dinatarnya adalah barang siapa yang menjalankan kewajiban pada bulan ramahdhan maka nilainya sama dengan menunaikannya sebanyak 70 kali dibulan lainnya.

Selain itu, juga diketahui bahwa sholat dimesjid Rasulullah (masjidil Haram) sama nilainya dengan sholat sholat seribu kali dimesjid lainnya.

3. Dikabulkan Doanya

doa mudah diijabah saat umroh ramadhan
pixabay.com

Salah satu waktu yang paling mustajab untuk berdoa adalah saat beribadah umroh dibulan ramadhan.

Sebagaimana Sabda Rasulullah shalallahu ‘alaihi wassalam bahwa orang yang mengerjakan ibadah Haji dan Umroh adalah tamu Allah, apabila mereka memohon kepada-NYA pasti akan dikabulkan-NYA, dan apabila mereka memohon ampunan pasti akan diampuni-NYA.

* * *

Demikianlah tiga keutamaan ibadah umroh serta tiga keutamaan ibadah umroh di bulan Ramadhan.

Semoga Allah memberikan kemudahan kepada kita melaksanakan ibadah Umroh yang mulia ini.

Leave a Comment