7 Nasihat Sederhana Untuk Kamu Para Vloger Level Super Noob, Biar Kuat Nge-vlog-nya

Tips Vlog – “Selamat datang di Chanel saya”, “jangan lupa subscribe ya..” adalah kata-kata yang paling sering terdengar saat mulai menonton sebua video di youtube. Yap, itulah video blog yang saat ini dikenal dengan Vlog.

Menjadi terkenal seperti di tv tidaklah sesulit jaman dulu. Sebab dengan perkembangan teknologi yang semakin pesat dan variatif, setiap orang memiliki kesempatan untuk terkoneksi dengan banyak orang.

Dahulu, seorang praktisi dunia periklanan pernah bertutur bahwa “ kelak setiap orang akan memiliki panggung sendiri”, dan hal tersebut menjadi nyata saat ini.

Trend Video Blogging

trending vlog dari waktu ke waktu
pixabay.com

Trend vlogging akhir-akhir ini semakin booming. Hampir semua jenis aktifitas para warganet dapat dilihat melalui video di youtube.

Aktifitasnya pun bermacam-macam, mulai dari mainstream sampai anti mainstream dapat kamu lihat di internet.

Fakta Vloger Pemula

Boomingnya trend vlogging ini memunculkan banyak vloger-vloger baru yang mencoba exsist di dunia vloging.

Tidak hanya anak muda, bahkan anak-anak hingga orang tua juga ikut membuat chanel vlog pribadi.

Namun faktanya, membuat sebuah video untuk vlog ternyata tidak semudah kelihatannya.

Tidak sedikit para vlogger-vloger baru akhirnya berhenti ditengah jalan karena merasa apa yang mereka lakukan sangat jauh berbeda dengan vloger-vloger kenamaan panutan mereka. Sangat disayangkan memang.

Masalahnya sih sederhana, bukan masalah jenis kamera atau hal-hal tekniks lainnya, cuman kurang ilmu dan kurang semangat aja.

7 Tips Vloging Untuk Kamu Para Pemula

tips membuat video blog
pixabay.com

Buat kamu yang ingin membuat membuat video seperti para vloger-vloger kamu, kamu harus banyak belajar. Apalagi kalau kamu masih di level super noob.

Berikut beberapa tips awal buat kamu yang masih noob dalam dunia vlogging. Intinya lebih ke mindset sih. Let’s check it out!.

1 Kenali Dirimu, Sebab Tak Ada yang Mengenalmu Selain Kamu

Yap, mengenali diri itu penting ya, khususnya buat kebutuhan vlogging. Dengan mengetahui dirimu maka kamu akan tahu seperti apa kamu akan tampil di video nantinya.

For example, Kalau kamu seorang introvert, maka membuat video didalam ruangan, sendiri, yang hanya ditemani oleh kamera dan cahaya adalah bukan masalah tentunya.

Pribadi seperti ini biasnya lebih cocok untuk kegiatan-kegiatan video blog indoor seperti review gadged atau lain sebagainya.

Berbeda kalau anda seorang yang ekstrovert. Seorang ekstrovert akan lebih merasa hidup jika apa yang dilakukan melibatkan orang-orang banyak dengan suasan yang lebih hidup.

2. Mau Jadi Apa Kamu? Jadilah Berbeda

Setelah mengenali diri, selanjutnya kamu dapat membuat karaktermu sendiri. Kamu mau dikenal sebagai siapa diluar sana. Semuanya sebaiknya disesuikan dengan karakter dan kepribadian kamu.

Dengan begitu membuat video akan lebih menyenangkan karena dibuat apa adanya, bukan dibuat-buat seperti sedang menggunakan topeng.

Jadilah berbeda, sebab salah satu kunci kesuksesan dalam bermain vlog adalah faktor pembeda.

Takperlu risau apakah karakter yang kamu pilih ada penggemarnya alias subscriber. Sebab setiap karakter pasti ada pecintanya kamu aja yang belum tahu.

3. Tak Ada Yang Lain Saat Kamu Merekam VLog mu

Saat di depan kamera, sadarilah kalau kamu sedang sendiri.

Dilihat banyak orang mungkin merupakan salah satu hal yang paling menakutkan bagi kebanyakan dari anda.

Oleh karenanya kebanyakan dari anda saat merasa diperhatikan banyak orang akan berlaku kaku atau sangata memperhatikan setiap gerak gerik yang akan dilakukan.

Hal tersebut juga berlaku bagi mereka yang berada didepan kamera. Merasa menjadi pusat perhatian, merasa diatas panggung yang besar, serta rasa-rasa lainnya.

Karena merasa akan diperhatikan oleh banyak orang maka mereka menjadi sangat memperhatikan setiap gerak yang akan dilakukan. Hasilnya, semua menjadi terlihat kaku.

Oleh karena itu, dalam membuat sebuah video, hal pertama yang perlu anda tanamkan dalam diri adalah “anda sedang sendiri”.

So, takperlu kaku takperlu khawatir kalau akan ada yang akan menertawakan kamu. Ngalir aja.

4. Fokuslah Pada Audience Pertamamu “KAMERA”

Viewer pertama kamu adalah kamera, oleh karena itu berlakulah seperti sedang berbicara kepada seseorang.

Layaknya berbicara dengan seseorang, maka fokuskan pandanganmu tepat di lensa kamera, anggap saja itu matanya.

Jangan melihat sana sini jika tidak diperlukan, Kecuali kamu sedang mereview sesuatu.

5. Jangan Takut Salah Sebab Semuanya Bisa Diedit!

Dua hal yang perlu kamu perhatikan dalam melakukan hal-hal yang baru yakni “jangan takut salah dan takperlu berharap kesempurnaan”.

Menjadi takut salah menjadikanmu sangat sulit untuk memulai membuat video pertamamu. Taukah kamu kalau hasil rekaman video yang kamu ambil masih bisa diedit loh!. So jangan takut salah dan mulailah melangka.

Selain takut salah, penyakit seorang pemula adalah berharap kesempurnaan di langkah pertama.

Ingin menyempurnakan semua diawal akan menyulitkan gerakmu. Yang ada kamu malah merasa kesulitan tidak jarang merasa depresi dan berhenti sebelum waktunya.

6. Jangan Lupa Berdoa

Bagi kita yang beragam, agama tidak lepas dari setiap aktifitas kita. Jadikan setiap aktifitas menjadi berkah dan selalu dalam lindungan tuhan dengan membiasakan diri berdoa sebelum melakukan sesuatu. Termasu dalam hal membuat video.

Gak usah neko-neko berdoanya, dalam hati aja.

7. Mulai Aja Dulu

Yap, gak perlu menunggu semuanya siap dengan sempurna utuk memulai. Mulailah dengan apa yang kamu miliki saat ini dan bergeraklah. Semua akan menjadi sempurna seiring berjalannya waktu.

Sebagaimana pepatah “ langkah besar selalu dimulai dengan langkah kecil”

***

Demikianlah ilmu awal untuk kamu para vloger pemula agar kamu bisa bertahan dalam belantara vlogging yang semakin crowd. Terimakasih, semoga bermanfaat.

Leave a Comment