4 Macam Modus Penipuan Online yang Paling Sering Terjadi

Modus Penipuan Online – Boomingnya bisnis startup digital akhir-akhir ini memicu munculnya beragam aplikasi-aplikasi baru sebagai ladang bisnis baru di era milenial.

Salah satu bisnis yang sedang naik daun adalah startup bisnis di bidang financial teknologi atau bisa disingkat fintech.

Hingga saat ini, telah banyak bermunculan berbagai platform finacial yang memberikan aneka tawaran yang menggiurkan dengan metode yang beraneka ragam.

Diantaranya adalah tabungan online, pembayaran tagihan secara online, investasi reksadana, serta pinjaman kredit online.

Setiap platform menawarkan berbagai macam kemudahan dalam bertransaksi. Sebut saja salah satu platform fintech besutan Traveloka yang bernama PayLater.

Melalu PayLater pengguna dapat menikmati sebuah liburan tanpa harus membayar langsung dengan Cash melaikan dapat di cicil belakangan.

Oleh karena kemudahan tersebut maka banyak orang yang tertari untuk menjadi pengguna platform tersebut.

Inilah salah satu contoh yang kemudian yang menjadi peluang yang banyak dimanfaatkan oleh para pebisnis untuk meraut keuntungan di bisnis Fintech.

Sayangnya, selain mereka yang benar-benar ingin menggeluti bisnis fintech ini, ada segelintir orang tidak bertanggung jawab yang juga ikut bermain di layanan ini.

Modusnyapun sangat beragam diantaranya pinjaman online dengan bunga yang sangat tinggi, ada yang meminta uang terlebih dahulu sebelum memberikan pinjaman, atau ingin mengambil data-data rahasia dari pengguna.

Untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan dikemudian hari, berikut beberapa macam modus penipuan online yang paling banyak dipraktekkan saat ini:

1. Modus Pencairan Pinjaman Yang Sangat Mudah dan Cepat

modus penipuan fintech online
maxpixel.net

Modus penipuan online yang pertama yang paling banyak dilakukan oleh para penipuan online adalah proses pencairan pinjaman yang terbilang mudah dan singkat.

Hal tersebut umumnya dilakukan agar korban yang secara psikologi sangat membutuhkan uang akan segera mengajukan pinjaman.

Tak bisa dipungkir bahwa proses kredit secara online memang terbilang cepat jika dibandingkan dengan pinjaman konvesional.

Namun dibalik semua itu, perlu kehati-hatian dalam pengajuannya sebab tidak jarang para korban tergiur dengan penawaran tersebut sehingga tidak lagi memperhatikan hal-hal penting yang dapat merugikan mereka.

Dinatara kerugian-kerugian yang mungkin dirasakan oleh korban adalah mereka terjebak pada pinjaman bunga berbunga atau berbunga sangat tinggi, selain itu data-data pribadi mereka juga terkadang menjadi sasaran bagi mereka panyedia pinjaman.

2. Modus Penipuan Online : Mengisyaratkan Pembayaran Administrasi Via Transfer Sebelum Pencairan

modus tipu-tipu onlien
maxpixel.net

Modus selanjutnya adalah dengan meminta berbagai macam pembayaran didepan yang salah satunya sebagai pembayaran administrasi sebelum dilakukan pencaira.

Modus yang satu ini juga sering dilakukan dengan memanfaatkan kondisi korban yang sedang butuh dana.

Dengan iming-iming pencairan akan dilakukan segera setelah membayar dana administrasi maka tidak sedikit dari korban yang mengikuti keinginan mereka. Bahkan tidak jarang parang korban diminta untuk meminjam dulu pada tetangga untuk membayar uang administrasi tersebut sebagai syarat pencairan kredit.

Namun sayangnya setelah dana administrasi ditransfer, para penipu yang berpura-pura sebagai pemberi kredit menghilang tanpa jejak.

Jika si korban lengah dengan modus yang satu ini, bukannya dana segar yang didapatkan melainkan utang yang kian menumpuk yang akan dirasakan.

3. Modus Penipuan Online : Menjanjikan Keuntungan Berlipat

penipuan online bermodus bonus
maxpixel.net

Modus selanjutnya adalah dengan memberikan keuntungan berlipat jika para korban mau menggunakan jasa mereka.

Adayang memberikan hadia, bahkan ada yang memberikan cash back sebagai keuntungan berganda jika memakai jasa mereka.
Masyarakat yang kurang teliti akan hal ini tentu akan sangat mudah tergiur untuk menggunakan jasa mereka yang kemudian menyerahkan data-data pribadi yang seharusnya dirahasiakan oleh pihak konsumen.

Tidak semua penyedia pinjaman bermain dalam kredit berbunga tinggi akan tetapi sebagian dari mereka hanya membutuhkan data-data pribadi anda yang kemungkinan besar akan digunakan ditempat lain. Baik untuk berbelanja secara kredit atau digunakan untuk kepentingan lain dibeberapa tempat sekaligus.

Sehingga para korban dibulan selanjutnya akan mendapatkan tagihan yang merekapun tidak mengetahui dari mana berasa.

Modus penawaran seperti ini kerap digunakan pada pembelian barang atau tiket pesawat dengan harga miring serta keuntungan lainnya yang sangat menggiurkan.

Oleh karena itu, jika anda mendapatkan kejanggalan seperti diatas, ada baiknya jika anda melakukan konfirmasi ulang terhadap perusahaan yang bersangkutan untuk mendapatkan kejelasan.

3. Modus Penipuan Online : Tawaran Pelunasan Pinjaman

pelunasan utang penipu
maxpixel.net

Modus penipuan online terakhir yang juga paling banyak memakan korban adalah modus pelunasan hutang.

Dilihat dari kondisi korban yang sedang terlilit hutang menjadikan para penjahat online ini menawarkan jebakan yang sulit ditolok oleh para korbannya yakni pelunasan hutang.

Biasanya para pelaku memperkenalkan diri sebagai orang yang dapat dengan mudah melunasi hutang-hutang mereka dengan cara khusus yang begitu meyakinkan.

Untuk jasanya tersebut, mereka meminta imbalan berupa pembayaran didepan. Semakin besar hutang yang harus dibayarkan maka semakin besar pula biaya jasanya.

Tidak sedikit dari mereka para korban yang berada dibawah himpitan utang menjadi gelap mata dan mengikuti semua keinginan mereka dengan berharap utang mereka segera terlunaskan.

Namun sayangnya lagi-lagi mereka akhirnya sadar bahwa mereka telah ditipu.

Itula beberapa modus penipuan online yang ikut berbamain dalam kategori finacial technologi.

Oleh karenai itu sangat penting bagi anda untuk tetap berhati hati dalam menggunakan jasa-jasa yang berhubungan dengan financial technologi khususnya dalam hal pinjam-meminjam.

Periksalah selalu tawaran-tawaran yang menghampiri anda agar anda dapat terhindar dari masalah-masalah keuangan dikemudian hari.

Semoga bermanfaat dan semoga kita semua dapat terhindar dari modus penipuan online. Terima kasih.

Leave a Comment