Berapa Nilai Ambang Batas SKD Seleksi ASN Jalur Sekolah Kedinasan 2021? Berikut Penjelasannya[+ Syarat Kelulusan]

Nilai Ambang Batas SKD – Pemerintah yang diwakili oleh Kemenpan RB sebentar lagi akan mengumumkan hasil seleksi administrasi untuk jalur penerimaan sekolah kedinasan.

Selanjutnya, para calon ASN yang dinyatakn lolos seleksi tahap pertama akan mengikuti ujian selanjutnya yakni seleksi kompetensi dasar atau SKD.

Seleksi Kemampuan Dasar (SKD)

SKD merupakan tahapan seleksi lanjutan yang telah ditetapkan oleh pemerintah dengan penetapan nilai-nilai ambang batas kelulusan atau passing grade yang harus dipenuhi.

Oleh karena itu, setiap peserta harus benar-benar mempersiapkan diri untuk menghadapi seleksi SKD ini.

Agar tidak salah dalam melangkah, ada baiknya jika para peserta memiliki pengetahuan dasar terkait seleksi SKD berdasarkan ketentuan-ketentuan yang telah ditetapkan oleh penyelenggara khususnya terkait dengan nilai batas minimal kelulusan atau Passing grade.

Pemerintah sendiri, yang dalam hal ini diwakili oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi telah membuat aturan terkait berapa nilai minimal kelulusan atau Passing Grade untuk tes kompetensi dasar ini.

Aturan yang telah dibuat oleh KEMENPAN RB tersebut dituangkan dalam surat keputusan Menpan RB nomor 921 tahun 2021 sebagai syarat kelulusan untuk menuju ke seleksi tahap selanjutnya.

Cakupan Materi SKD

nilai ambang batas skd
Tes Seleksi ASN

Setelah proses seleksi pertama atau administrasi di lalui, para calon ASN tersebut akan di ikutkan dalam tes kemampuan dasar atau SKD yang terdiri dari tiga materi ujian. Ketiga materi tersebut yakni:

  • Tes Karakteristik Pribadi (TKP).
  • Tes Intelegensia Umum (TIU).
  • Tes Wawasan Kebangsaan (TWK).

Ketiga materi di atas memiliki standar nilai minimal kelulusan atau passing grade yang harus terpenuhi agar peserta tidak dinyatakan gagal menuju tahap seleksi selanjutnya.

Nilai Ambang Batas SKD

Passing Grade atau Nilai ambang batas adalah nilai terendah atau minimal yang harus terpenuhi dalam durasi pengerjaan soal agar dapat dinyatakan lolos ke tahapan selanjutnya.

Penetapan nilai Passing Grade tidaklah ditetapkan secara sembarangan melainkan ditetapkan langsung oleh Kemenpan RB.

Penetapan tersebut dituangkan dalam surat keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) No. 921/2021 tentang Nilai Ambang Batas SKD Seleksi Penerimaan Mahasiswa/Praja/Taruna Sekolah Kedinasan pada Kementerian/Lembaga T.A 2021.

Berdasarkan surat keputusan tersebut, nilai minimal ambang batas untuk setiap materi adalah sebagai berikut:

Materi TKP

Jumlah soal untuk Materi TKP adalah sejumlah 45 soal dengan nilai ambang batas minimal kelulusan atau Passing grade 156 serta Nilai tertinggi TKP: 225.

Nilai tersebut dapat diketahui melalui Rincian bobot untuk setiap jawaban materi yakni:

Nilai jawaban tertinggi: 5.
Nilai jawaban terendah: 1.
Tidak menjawab: 0.

Materi TIU dan TWK

Jumlah soal materi TIU ditetapkan sebanya 35 soal dengan nilai ambang batas minimal kelulusan 80 serta Nilai tertinggi 175.

Adapun jumlah soal untuk materi TWK sebanyak 30 dengan nilai ambang batas minimal kelulusan 65 serta nilai tertinggi TWK: 150.

Adapun rincian bobot nilai untuk setiap soal Baik TIU dan TWK adalah sebagai berikut:

Benar: 5.
Salah/tidak menjawab: 0

Catatan Tambahan terkait Nilai Ambang Batas SKD

passing grade skd
Tes CAT

Passing Grade diatas diberikan pengecualian kepada beberapa daerah tertentu di tanah air.

Daerah-daerah tersebut merupakan daerah yang mendapat afirmasi yang diusulkan oleh lembaga/kementerian penyelenggara yang selanjutnya disetujui oleh Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi.

Penetapan nilai Passing Grade kelulusan atau Passing grade adalah sebagai berikut:

Nilai Komulatif SKD adalah 281
Nilai ambang batas untuk materi TIU adalah 55

Kriteria Kelulusan

Selain mengetahui nilai Passing Grade kelulusan, para peserta seleksi ASN sekolah kedinasan juga perlu memperhatikan kriteria atau ketentuan kelulusan yang telah ditetapkan oleh Badan Kepegawaian Daerah (BKD).

Kriteria kelulusan tersebut adalah :

  • Total nilai komulatif seleksi kemampuan dasar yang lebih tinggi
  • Apabila diantara peserta terdapat total nilai seleksi kemampuan dasar yang sama maka penetuan kelulusan akan dihitung secara berurutan yang dimulai dari nilai Tes Karakteritstik Pribadi (TKP), nilai Tes Intelegensi Umum (TIU), dan nilai Tes Wawasan Kebangsaan (TWK).
  • Jika setelah dilakukan pengurutan nilai dan masih ditemukan nilai yang sama maka penentuan kelulusan akan didasarkan pada nilai rata-rata ijazah sekolah atau rapor.
  • Jika masih didapatkan nilai yang sama maka akan dilakukan penetapan berdasarkan usia tertinggi.

Itulah ulasan singkat mengenai berapa Berapa Nilai Ambang Batas SKD Seleksi ASN Jalur Sekolah Kedinasan 2021. semoga bermanfaat.

Leave a Comment