Aneka Obat Keputihan Herbal Alami di Sekitar Kita

Obat keputihan – Setiap wanita pastilah akan mengalami yang namanya siklus keputihan. Saat hal itu terjadi setiap wanita akan merasa risih dan terganggu, apalagi kalau keputihan yang menjangkiti terhitung parah.

Apa Itu Keputihan?

Pada dasarnya, keputihan adalah kondisi yang terjadi secara alami pada seorang wanita guna membersihkan serta memberikan perlindungan pada miss V dari masalah iritasi bahkan infeksi.

Namun, saat siklus keputihan yang terjadi ikut diinfeksi oleh jamur maka akan menimbulkan rasa gatal, bau yang tidak sedap, hingga rasa nyeri pada miss V.

Bagaimana Ciri-Ciri Keputihan?

Keputihan yang terjadi pada seorang wanita dapat ditandai dengan munculnya lendir kental berwarna putih di sekitar miss V.

Lendir yang normal tidak berbau namun apabila telah terinfeksi oleh jamur maka lendir tersebut akan mengeluarkan bau yang tak sedap serta berdampak negatif pada miss V seperti gatal bahkan nyeri.

Bagaimana Cara Mengatasi Infeksi Jamur Pada Miss V?

Oleh karena ketidak nyamanan yang ditimbulkan oleh keputihan. Maka kebanyakan kaum wanita akan berusaha mencari cara untuk membersihkan miss V mereka dari kontaminasi jamur.

Cara termudah untuk menyembuhkan penyakit keputihan adalah dengan menggunakan bahan-bahan alami yang ada di sekitar kita.

Berikut beberapa bahan alami yang dapat digunakan untuk menyembuhkan keputihan:

Obat Keputihan Alami

Daun Siri

obat keputihan daun siri
pexels.com

Daun sri merupakan salah satu bahan obat keputihan alami yang paling banyak manfaatnya.

Salah satunya adalah sebagai obat penawar untuk penyakit keputihan yang sering dialami oleh wanita.

Didalam daun sirih terkandung berbagai mancam zat aktif yang dapat bermanfaat bagi tubuh. Diantaranya adalah vitamin C, Tiamin, Niacin, Riboflavin, Seskuiterpen, Pati, Diatase, zat Samak serta Kavikol.

Zat-zat yang terkandung pada daun siri tersebut umumnya dapat digunakan sebagai pelindung anti kuman, anti oksidasi, antijamur, serta anti fungisida.

Bawang Putih

khasiat bawang putih untuk keputihan
pixabay.com

Selain menjadi salah satu bahan utama bumbu dapur dan penyedap makanan, bawang putih juga dapat dijadikan sebagai obat keputihan pada wanita.

Bawang putih memiliki kandungan senyawa terapeutik yang sangat baik yaitu Allicin.

Zat yang terkandung pada bawang putih dipercaya dapat membunuh berbagai macan mikroorganisme penyebab terjadinya infeksi baik pada kulit maupun pada organ-organ tubuh lainnya.

Lidah Buaya

lidah buaya sebagai anti septik
pixabay.com

Sejak dahulu kala, lidah buaya telah dipercaya sebagai obat alami untuk berbagai penyakit, mulai dari luka ringan seperti hingga luka berat dan termasuk didalamnya adalah sebagai obat keputihan bagi wanita.

Kandungan anti bakteri pada lidah buaya dapat digunakan untuk mengatasi bakteri-bakteri penyebab keputihan.

Dari berbagai penilitan yang telah dilakukan terhadap lidah buaya, ditemukan setidaknya enam jenis antiseptik alami yang terkandung pada lidah buaya.

Antisepti-antiseptik tersebut telah terbukti dapat mengatasi jamur, virus serta bakteri.

Kunyit Sebagai Anti Peradangan

membasmi keputihan dengan kunyit
pixabay.com

Takdiragukan lagi jika tanaman yang satu ini memiliki sangat banyak manfaat. Salah satunya adalah sebagai obat keputihan.

Kandungan Curcuminoid yang tinggi pada kunyit dapat difungsikan untuk mengatasi penyakit-penyakit yang disebabkan oleh peradangan dan termasuk didalamnya adalah penyakit peradangan pada organ kewanitaan yakni keputihan.

Manjakani – Obat Keputihan Paling Ampuh

manjakani solusi keputihan
flickr.com

Bahan herbal keputihan yang paling terkenal adalah buah Manjakani. Saking terkenalnya, buah ini banyak diolah menjadi produk kesehatan untuk megatasi keputihan pada wanita meskipun tetap saja banyak yang memilih membeli buah manjakani utuh.

Tidak hanya dapat mengobati penyakit keputihan pada wanita, buah manjakani juga dapat mengatasi keluhan-keluhan lain seperti miss v yang kering atau miss v yang becek serta sebagai pembasmi bakteri dan jamur disekitar miss V.

Ketumbar

ketumbar menambah daya tahan
pixabay.com

Seperti dengan bawang putih, bahan herbal yang satu ini juga sering menjadi kebutuhan utama penyedap makanan.

Namun tahukah anda bahwa biji ketumbar memiliki manfaat yang sangat dibutuhkan oleh wanita. Khususnya bagi mereka yang sedang mengalami keputihan.

Zat-zat yang terkandung didalam ketumbar memiliki manfaat yang sangat baik untuk mengatasi keputihan, khususnya untuk penyembuhan dari dalam.

Ketumbar bekerja untuk menikatkan daya tahan tubuh akan serangan bakteri.

Daun Kemangi Sebagai Obat Keputihan

kemangi dan keputihan
pixabay.com

Daun kemangi merupakan salah satu bahan pengobatan herbal yang banyak digunakan oleh masyarakat India dalam pengobatannya.

Daun kemangi memiliki kandungan anti bakteri yang dapat dugunakan untuk mengobati keputihan.

Daun kemangi mengandung senyawa eugenol yang dapat membunuh jamur yang menjadi penyebab keputihan pada organ reproduksi wanita.

Selain itu, daun kemangi juga mengandung senyawa boron dan onetol yang dapat merangsang hormon Esterogen.

Cuka Apel Untuk Obat Keputihan

cuka apel solusi keputihan
pixabay.com

Bahan alami selanjutnya yang dapat digunakan untuk menetralkan keputihan adalah Cuka Apel.

Cuka Apel diyakini dapat menyeimbangkan tikat keasaman pada tubuh. Selain menyemibangkan kada asam dalam tubuh secara keseluruhan, cuka apel juga dapat menormalkan Asam Flora pada miss V, Sehingga dapat meminimalisir bau tak sedap.

Selain menormalkan kadar asam, cuka apel juga dapat digunakan untuk membunuh mikroorganisme jahat yang hidup di sekitar miss V.

***

Demikianlah beberapa bahan alami yang dapat digunakan sebagai obat keputihan untuk wanita. Semoga bermanfaat.

Leave a Comment