Mari ke Pantai “Tebing” Apparalang!

mari ke apparalang
Apparalang by : instagram.com/achsanarfndi

Pantai Apparalang – Berbicara keindahan alam di pulau Sulawesi memang tidak ada habisnya, selalu saja ada tempat-tempat baru yang memanjakan para petualang untuk berekspresi dan bereksplorasi. Utamanya adalah pemandangan lautnya.

Dengan bentangan garis pantai yang sangat panjang menjadikan pulau sulawesi menjadi surga bagi para penikmat wisata bahari

Di Pulau ini Para pengunjung akan dimanjakan dengan ribuan spot spot wisata yang menyuguhkan pemandangan laut dan pantai yang sangat indah dan mempesona.

salah satunya adalah pantai Apparalang. Pantai yang menyimpan sejuta pesona baik pemandangan alam lepas pantainya maupun pemandangan di bawah lautnya.

Pantai Apparalang

apparalamg toriolo.com
Image by : instagram.com/imamuhidate

Apparalang adalah salah satu spot wisata bahari yang berada di Sulawesi Selatan, tepatnya berada pada Desa ara, Kecamatan Bonto Bahari, Kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan.

Berbeda dengan Tanjung Bira yang terkenal dengan pasir putihnya yang sangat indah, di Apparalang anda tidak akan menemukan Pasir Putih meskipun umumnya masyarakat menyebutnya “Pantai Apparalang”, sebab tempat ini memang sejatinya dikelilingi oleh tebing-tebing karang.

Ada Apa di Appralang?

Mengunjungi Apparalang maka mata anda akan dimanjakan dengan keindahan tebing yang menjulang tinggi di sepanjang garis laut Apparalang, serta pemandangan batu karang yang sangat indah dan alami.

Ada Suguhan Pesona Pemandangan Alam

Menikmati apparalang
Sumber : instagram.com/apparalang

Karena belum sepopular Tanjung Bira, maka tempat ini sangat cocok bagi anda yang menginginkan ketenangan.

Hal tersebut dikarenakan kondisi Apparalang yang masih belum begitu ramai dengan hiruk-pikuk pengunjung.
Dengan begitu anda dapat menikmati kesegaran udara, keindahan pemandangan alam, serta suasana yang sangat tenang tanpa ada gangguan yang berarti.

Tidak hanya menyuguhkan keindahan dari atas, Apparalang juga menawarkan keindahan bawah laut yang tidak kalah menariknya.

Berenang or Snorkeling Juga Boleh Disini

toriolo apparalang
Sumber : instagram.com/ammyshincan

Air yang Sangat jernih serta terdapat banyak spot-spot terumbu karang yang indah di sekitar tebing sangat cocok bagi mereka yang senang melakukan kegiatan snorkeling.

Pihak Pengelola Apparalang Sendiri telah memfasilitasi pengunjung yang ingin berenang di laut Apparalang dengan sebuah tangga serta anjungan, sehingga pengunjung dapat dengan mudah untuk turun dan menikmati panorama bawah laut Apparalang.

Meskipun tetap diakui bahwa terumbu karang yang ada tidak sebanyak terumbu karang yang ada di spot-spot lainnya di sekitar bira.

Namun hal tersebut cukup untuk memanjakan Anda yang ingin berenang di sekitar Apparalang.

Fasilitas Umum di Apparalang

toriolo apparalang
sumber : instagram.com/alif_ilhamsyah

Hingga saat ini kawasan wisata Apparalang masih dikelola secara swadaya oleh masyarakat sekitar. Sehingga fasilitas di kawasan ini masih terbilang sangat minim, belum ada penginapan apalagi hotel di daerah ini.

Di Sana hanya terlihat beberapa Gazebo sebagai tempat peristirahatan pengunjung, area parkir, kamar kecil, serta kios-kios jajanan yang sepenuhnya dikelola secara swadaya oleh masyarakat sekitar.

Untuk mendapatkan penginapan Anda harus kembali ke arah kota atau Anda dapat meneruskan perjalanan anda mencari penginapan di sekitar Pantai Tanjung Bira.

Bagaimana Akses ke Apparalang?

toriolo ke apparalang
Sumber : viveusa.mx

Karena lokasinya yang masih berdekatan dengan Pantai Bira maka akses menuju ke Apparalang dari kota Bulukumba berada pada jalur yang sama dengan akses menuju Pantai Tanjung Bira.

Di tengah perjalanan menuju Pantai Bira Anda akan menemukan pertigaan yang di tengahnya terdapat sebuah Tugu. Untuk menuju apparalang anda harus belok kiri di pertigaan tersebut.

Setelah belok kiri pertigaan tersebut anda akan mendapatkan banyak tanda untuk menuju Apparalang atau apabila anda masih ragu Anda dapat bertanya kepada masyarakat sekitar.

Hingga saat ini belum kendaraan umum yang khusus menuju ke Apparalang. Jadi untuk mencapai daerah tersebut, anda harus menggunakan kendaraan pribadi atau menyewa kendaraan sendiri baik berupa mobil maupun berupa motor

Selanjutnya, untuk mempermudah perjalanan Anda sebaiknya anda menggunakan GPS sebagai alat bantu penunjuk arah.

Sekedar informasi tambahan bahwa akses jalan menuju Apparalang belum sepenuhnya baik sehingga tidak perlu khawatir atau tidak perlu merasa salah Jalan Apabila Anda menemukan jalan yang belum beraspal atau masih berkontur tidak rata baik karena bebatuan, kerikil, ataupun berlubang.

Tips Bagi Anda Yang Ingin Berkunjung ke Pantai Apparalang

berlibur bersama toriolo makassar
Sumber: abta.com

Apabila anda ingin berkunjung ke Apparalang sebaiknya menggunakan kendaraan berupa minibus, suv, atau menggunakan kendaraan bermotor agar anda tidak direpotkan dengan kontur jalanan yang masih belum sepenuhnya merata serta sedikit curam.

Bagi Anda yang senang berpetualang sebaiknya Anda menyiapkan tenda untuk Menghabiskan malam di apparalang.

Sebab di sana belum ada penginapan dan mungkin akan merepotkan bagi anda Apabila Anda harus kembali ke kota yang berjarak kurang lebih 30 km untuk mencari penginapan.

Siapkan segala kebutuhan anda sejak awal sebab di sana hanya terdapat kios kecil yang belum tentu dapat menyediakan Apa yang anda butuhkan saat anda berada di sana.

Untuk menikmati suasana keindahan alam di apparalang Sebaiknya anda berkunjung di luar waktu libur.

Meskipun belum seramai Tanjung Bira, namun disaat libur tempat ini tetap mendapatkan lonjakan jumlah pengunjung yang cukup signifikan dibanding dengan hari-hari biasa yang umunya hanya dikunjungi oleh beberapa wisatawan dan warga lokal yang ingin mengisi hari dengan kegiatan memancing.

* * *

Demikianlah sedikit informasi mengenai Pantai Apparalang. Apabila ada informasi terupdate mengenai lokasi tersebut harap tulis di komentar agar informasinya dapat di perbaharui. Semoga bermanfaat. thanks 😀

Leave a Comment