6 perlengkapan naik gunung yang wajib ada dalam list para pendaki

Perlengkapan Naik Gunung – Mendaki gunung adalah sebuah kegiatan yang sangat-sangat menyehatkan bagi anda. Bagaimana tidak mendaki gunung akan menjadi sebuah kegiatan olahraga sekaligus wisata.

Bayangin aja lemak yang akan terbakar ketika anda menapaki jalir-jalur yang menantang.

Yang paling penting adalah ketika anda mencapai puncak tertinggi sebuah gunung, maka anda akan merasakan betapa indahnya pemandangan yang akan anda saksikan.

Bayangin aja setelah perjalanan jauh anda mendaki, kemudian dipuncak anda akan melihat semua hal yang tak akan anda pernah liat dalam hidup anda.

Menyaksikan matahari terbi ataupun terbenam, negeri di atas awan yang begitu memanjakan mata. Benar-benar sebuah pengalaman yang tak akan terlupakan.

Namun sebelum mendaki ada beberap hal yang anda harus perhatikan sebelum menaki sepert, kesehatan tubuh dan peralatan anda. Terutama pada peralatan, peralatan mendaki gunung benar-benar harus anda perhatikan.

Meskipun ini menjadi pengalaman pertama anda dalam mendaki namun anda tidak boleh ceroboh dalam meilih alat yang harus anda bawa.

Berikut beberapa perlengkapan naik gunung yang wajib ada dalam list perlengkapan anda:

Perlengkapan naik gunung pertama : Tas gunung atau Carier

perlengkapan utama naik gunung
pixabay.com

ini adalah peralatan pertama dan merupakan peralatan palig penting sebelum muncak.

Tas yang dibuat khusus untuk mendaki ini wajib anda bawa ketika anda mendaki tidak peduli merek tapi biasanya ukurannya bermacam-macama, antara 40L sampai 100 L.

Carier akan menjadi tempat anda menyimpan semua barang-barang atau perlengkapan yang anda bawa. Maka dari itu pilihlah kapasitas ukuran yang benar untuk barang-barang anda.

Menurut mimin Carier yang baik itu yang dilengkapi dengan airflow back system, rain cover, belt yang empuk dibagian pinggang, memiliki banyak kantong, compression straps, dan yang pastinya kualitas tas juga menjadi hal paling penting.

Perlengkapan naik gunung  ke-2 : Jaket

perlengkapan saat mendaki gunung
pxhere.com

jaket merupakan perlengkapan naik gunung  selanjutnya yang akan paling anda butuhkan ketika mendaki.

Bagaimana tidak, suhu dibawah 10 derajat akan membekukanmu maka dari itu bawalah jaket yang tebal tapi tidaka mempersulit gerak anda ketika mendaki.

Kamu wajib membawa paling itdak dua jaket, jaket pertama carilah jaket dengan bahan parasut. Jaket parasut akan membuat anda lebih berkeringat dan menjaga suhu tubuh anda tetap hangat.

Jaket kedua carilah yang bahanyya lebih tebal, atau yang memiliki dual layer atau yang bisa anda bolak balik.

Penting menjaga suhu tubuh anda agar tetap hangat karena bahaya dari hypothermia bisa membunuh anda.

Jangan Lupa Makanan dan peralatan masak

perlengkapan memasakIni juga menjdai hal paling pentng berikutnya karena anda tidak akan bertahan tanpa mereka.

Sebaiknya anda membawa makanan dan minuman yang anda suka atau berupa cemilan-cemilan yang anda makan ketika sedang beristirahat.

Selain itu bawalah makanan yang bisa anda masak seperti sayur, tahu, tempe serta mie instan sehingga anda tidak kekurangan stamina.

Cooking set, adalah hal yang pelru anda perhatikan, seperti kompor, panic, wajan kecil, sendok, piring dan gelas.

Selain itu anda dapat membawa beberapa bungkus teh dan kopi untuk anda seduh untuk menjaga suhu tubuh tetap hangat ketika berada di puncak.

Perlengkapan naik gunung  ke 4: Tenda

perlengkapan saat ingin mendaki gunung
maxpixel.net

karena dipuncak gunung ngga ada hotel maka anda wajib membawa tenda atau bahas anak pendaki dome.

Meskipun ada shelter sebagai tempat berteduh namun bermalam di tenda akan memberikan pengalaman yang jauh lebih tak terlupakan.

Penting membawa tenda dengan kapasitas yang cukup atau jika diperlukan anda dapa membawa lebih dari satu tenda.

Perlengkapan naik gunung  ke 5: Alas Kaki (min. Sepatu dan Sendal)

sepatu mendaki gunung
pixabay.com

keduanya anda sangat butuhkan. Tentunya anda harus membawa yang tipe khusus atau sepatu gunung dan sandal gunung. Agar tidak mudah rusak dan tidak membuat kaki anda mengalami luka selama pendakian.

Perlengkapan naik gunung  ke 6 : Sleeping Bag

pelengkapan tidur saat mendaki
pixabay.com

Sleeping bag atau kantong tidur wajib ada dalam Carier anda karena sleeping bag akan membuat tidur anda tetap nyaman dan tetap menghangatkan tubuh anda. Ketimbang sarung atau selimut yang akan mengambil banyak tempat, mending bawa sleeping bag.

Pilih sleeping bag yang bisa anda lipat dengan mudah atau yang sesuai dengan ukuran yang anda perlukan.

Demikianlah 6 perlengkapan naik gunung yang wajib ada dalam list perlengkapa yang akan anda bawa saat muncak. Adapun perlengkapan lain, dapat anda tambahkan sesuai kebutuhan masing-masing. Semoga bermanfaat.

Leave a Comment