11 Manfaat Pijat Refleksi Yang Belum Disadari Kebanyakan Orang

Pijat refleksi – Aktifitas yang tinggi, kurangnya waktu istirahat, serta pola makan yang salah menjadikan kita sangat mudah terserang penyakit, tak jarang yang akhirnya membutuhkan waktu dan proses pngobatan untuk mengembalikan tubuh ke kodisi semula.

Namun, mahalnya biaya pengobatan menjadi masalah selanjutnya yang harus dihadapi.

Selain itu efek dari Penggunaan obat – obatan kimia dalam jangka waktu yang lama juga akan menimbulkan masalah baru untuk kesehatan yang semakin memperparah keadaan.

pijat refleksi
image by: schoopwhoop.com

Dari permasalahan – permasalahan tersebut, kebanyakan orang akhirnya memilih untuk mencari alternatif-alternatif penyembuhan yang lebih alami, mudah, serta lebih ekonomis, terapi pijat refleksi adalah salah satunya.

Meskipun hanya sebagai pengobatan alternatif namun telah banyak orang yang telah merasakan manfaat besar dibalik terapi pijat refleksi.

Terapi ini dapat membantu memulihkan beragam keluhan, mulai dari keluhan ringan seperti otot terasa kaku, sakit kepala, sampai keluhan berat sekalipun seperti ginjal, penyakit jantung, dll, tanpa penggunaan obat – obatan kimia serta sangat mudah dalam pengaplikasiannya.

Pijat Refleksi

Pijat refleksi sendiri merupakan salah satu metode penyembuhan alami yang menggunakan teknik pijatan atau tekanan lembut pada area refleksi di bagian kaki, tangan, atau bagian-bagian lain pada tubuh dengan menggunakan jari tangan atau alat pijat tertentu.

Tekanan yang diberikan pada area tersebut akan memberikan rangsangan sehingga menghasikan efek khusus pada bagian lain dari tubuh yang terkoneksi dengan area refleksi tersebut.

deskripsi tentang pijat refleksi
pexel.com

Tahukah anda, penyembuhan dengan metode pijat refleksi ini telah di lakukan sejak ribuan atahun lalu sebagai pengobatan tradisional oleh para raja-raja di berbagai negara seperti di Mesir, Cina, India dan di Indonesia tentunya, seperti terlihat pada relif-relif peninggalan sejarah seperti di piramida Mesir dan di candi Borobudur.

Bahkan konon kabarnya Julius Caesar pun, yang yang sering mengalami sakit kepala, memperoleh perawatan berupa pemijatan setiap hari untuk menyembuhkan sakitnya tersebut.

Sayangnya, meskipun pijat refleksi telah dikenal selama ribuan tahun, namun tidak banyak yang tau persis manfaat dari pijat refleksi itu sendiri.

Jamak diketahui bahwa pijat refleksi hanya sebatas pijatan relaksasi saja, padahal selama beribu tahun yang lalu telah banyak dikembangkan teknik-teknik pijatan yang memiliki khasiat yang berbeda-beda.

manfaat pijat refleksi

Pijat refleksi sejatinya memberikan sangat banyak manfaat bagi tubuh secara fisik maupun psikis, bahkan sifatnya yang  jauh dari penggunaan obat-obatan kimia dapat membantu anda secara perlahan melepaskan diri dari ketergantungan pada obat – obatan kimia apabila dikerjakan dengan rutin.

beberapa manfaat pijat refleksi yang umumnya bisa anda rasakan dari pijat refleksi dikutip dari lama massageenvy.com diantaranya,

manfaat pijat refleksi
image by: getwell.guru

1. Pijat Refleksi Memberikan Efek Relaksasi

Pemijatan refleksi dapat melancarkan kembali aliran darah serta cairan tubuh yang tersumbat sehingga menyebabkan suplai nutrisi serta oksigen ke sel – sel tubuh menjadi lancar kembali, sehingga memberikan efek relaks dan kesegaran pada tubuh.

2. Pijat Refleksi Sebagai Penghilang Stress

Riset membuktikan bahwa pijat refleksi dapat menormalkan denyut jantung dan tekanan darah, melenturkan otot-otot, meningkatkan produksi endorfin dalam tubuh, memproduksi kelenjar sorotonin dan dopamin yang kesemuanya itu akan berdampak pada munculnya rasa tenang dan nyaman dalam diri sehingga memudahkan untuk meredam stress dalam diri.

3. Memperbaiki Postur Tubuh

Menurut Janice Novak, m.s. penulis buku “Posture, Get It Staight”, postur tubuh yang buruk merupakan penyebab utama munculnya rasa kaku dan tegang pada bagian leher dan pundak.

Postur tubuh yang buruk juga mebuat beberapa otot-otot dalam tubuh bekerja dengan tidak seimbang. Bahkan sirkulasi udara, pernafasan dan pencernaan anda pun juga bisa ikut terganggu.

Postur tubah yang diluar bentuk normal tersebut dapat diatasi dengan terapi pijat yang akan mengembalikan bentuk tubuh anda ke bentuk alaminya serta mengendurkan otot-otot yang tegang akibat ketidak seimbangan bentuk tubuh.

4. Memperlancar Sirkulasi Darah

Sirkulasi darah yang lebih baik adalah salah satu manfaat pijat refleksi yang dapat dirasakan dalam jangka panjang apabila di lakukan secara teratur.

Seorang dengan sirkulasi darah yang buruk akan mengalami berbagai macam ketidaknyamanan diantaranya yang paling umum terjadi adalah kelelahan, terkumpulnya asam laktat di otot yang menimbulkan rasa sakit, dingin pada tangan dan kaki, otot tegang, dll.

Dengan teknik pemijatan yang benar sirkulasi darah yang buruk akan kembali lancar sehingga darah yang kaya akan oksigen dapat terdistribusi ke seluruh tubuh dengan baik.

Tekanan-tekanan dari pijatan juga dapat memproduksi kelenjar getah bening yang dapat mencegah penumpukan sisa-sisa metabolisme seperti asam laktat yang tertumpuk di otot atau organ-organ lainnya, menurunkan tekanan darah serta meningkatkan fungsi tubuh.

5. Solusi Untuk Tekanan Darah Tinggi

manfaat pijat refleksi
pxhere.com

Salah satu cara yang efektif untuk mencegah tekanan darah tinggi secara alami adalah dengan terapi pijat. Terapi pijat akan menurunkan tekanan darah sehingga depresi, kecemasan, dan tingkat produksi hormon penyebab stress akan menurun seiring dengan menurunnya tekanan darah sehingga kemungkinan anda terkena serangan jantung, gagal ginjal, atau stroke dapat diminimalisir.

6. Refleksi Melenturkan Otot

Membawa beban berat, postur tubuh yang buruk, melakukan gerakan berulang-ulang merupakan beberapa penyebab ketegangan otot. Namun, tahukah anda bahwa kegiatan sederhana yaitu “duduk” adalah penyebab utama kebanyakan orang di Amerika menderita ketegangan pada otot, seperti, leher, punggung dan bagian sensitif lainnya.

Tegang pada otot dapat di sembuhkan dengan melakukan  terapi pijat pada otot-otot yang tegang, pijatan akan mendorong aliran darah yang membawa oksigen dan nutrisi ke bagian otot yang tegang hal ini bertujuan untuk mengurangi pembengkakan, kekakuan, meningkatkan fleksibilitas serta membantu menghilangkan rasa sakit pada otot yang terkena.

7. Menyembuhkan Sakit Kepala

Umumnya, seseorang yang menderita penyakit sakit kepala kronis juga menderita migrain. hal ini kebanyakan disebabkan oleh tingkat stres yang tinggi atau kurangnya waktu tidur.

Gangguan ini sangat rentan terjadi kepada siapa saja mengingat penyebabnya yang sangat umum terjadi kepada setiap orang sehingga tidaklah mengherankan apabila sangat banyak orang yang mencari alternatif meredakan sakit kepala.

Perlakuan terapi pijat terhadap penderita sakit kepala akan memberikan sensasi nyaman pada kepala serta mengurangi tingkat stres, cara pijat refleksi untuk sakit kepala yaitu deng memfokuskan pijatan pada bagian leher, bahu dan kepala bertujuan untuk mengurangi tekanan yang terjadi saat sedang mengalami migrain atau sakit kepala.

Pijatan akan meningkatkan produksi hormon serotonin dalam tubuh yang dipercaya memiliki peran penting dalam hal peningkatan rasa nyaman dalam diri.

8. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Seseorang dengan tingkat stres yang tinggi memiliki resiko lebih tinggi terserang penyakit. Tingginya tingkat stres ditambah dengan kurangnya waktu istirahat serta nutrisi makanan yang tidak mencukupi akan menyebabkan ketahanan tubuh terhadap penyakit, bakteri maupun infeksi akan menurun secara drastis.

Sebuah studi mengenai manfaat pijat refleksi dilakukan oleh Gail Ironson, M.D. terhadap seorang pasien yang positif menderita HIV diberikan terapi pijat refleksi selama 45 menit, 5 hari dalam seminggu selama satu bulan menununjukkan terjadi peningkatan hormon serotonin dalam tubuh pasien serta terjadi peningkatan produksi sel-sel yang menjadi bagian terdepan dalam pembentukan sistem kekebalan tubuh pasien.

9. Mempercepat Proses Penyembuhan Cedera

Proses rehabilitasi atau penyembuhan dari cedera sampai kembali normal seperti sebelumnya  adalah suatu proses yang panjang dan membosankan tidak sedikit yang akhirnya memaksakan untuk kembali beraktifitas sebelum cederanya benar-benar pulih dengan berbagai resiko.

Melancarkan peredaran darah dan melakukan relaksasi otot melalui terapi pijat dapat mempercepat proses penyembuhan cedera, pijat membantu tubuh memompa suplai oksigen dan nutrisi ke jaringan-jaringan dan organ yang vital sehingga dapat menyembuhkan cedera lebih cepat.

10. Meningkatkan Flexibilitas Gerak Tubuh

Seperti pada umumnya, pijat refleksi adalah cara terbaik untuk mengendurkan otot yang tegang, menstimulasi aliran darah dan meningkatkan fleksibilitas tubuh, juga merenggangkan otot-otot, dimana hal tersebut sangat dibutuhkan khususnya oleh mereka yang beraktifitas fisik tinggi.

11. Pijat Refleksi Melancarkan Pernafasan 

Salah satu dari tanda tanda-tanda dari kecemasan dan stres dapat terlihat dari cara bernafas anda. Nafas yang pendek dan tersengal akan sangat menyulitkan anda khususnya untuk memasuki keadaan rileks hal ini terkadang disebabkan oleh masalah pada otot-otot disekitar tulang rusuk dan perut anda sehingga dibutuhkan terap pijat untuk mengembalikan kondisi otot di sekitar perut dan rusuk anda kembali seperti semula.

***

Dari penjabaran diatas dapat disimpulkan bahwa pijat refleksi merupakan salah satu alternatif penyembuhan yang terbaik, mudah,murah dan jauh dari penggunaan obat-obatan kimia serta dapat diaplikasikan secara langsung. selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Leave a Comment