Ulasan Singkat Seputar Politeknik Pos Indonesia [Program Studi, Panduan Pendaftaran, Jalur Masuk, dll]

Politeknik Pos Indonesia – Salah satu kewajiban pemerintah dalam memakmurkan masyarakatnya adalah melalui pemenuhan kebutuhan yang adil dan merata.

Secara geografis, Indonesia merupakan negara kepulauan yang memiliki ribuan pulau yang terbentang dari Sabang sampai Merauke.

Dengan kondisi tersebut, untuk memenuhi kebutuhan masyarakat secara adil dan merata maka negara membutuhkan sebuah sisitem pendistribusian kebutuhan yang baik dan kuat.

Sistem pendistribusian yang kuat akan akan menjamin penyaluran kebutuhan masyarakat secara merata ke seluruh negeri.

Di sisi lain, peran penting suatu sistem pendistribusian juga dibutuhkan dalam meperlancar perputaran perekonomian bangsa.

Dengan terpenuhinya kebutuhan masyarakat dengan adil dan merata yang ditopang dengan Perekonomian yang kuat maka akan tercipta ketahanan nasional serta kemakmuran bangsa InsyaAllah.

Politeknik Pos Indonesia

politeknik pos indonesia
POLTEKPOS via @PoliteknikPosIndonesia

Peran Institusi pendidikan dalam mendukung terciptanya sebuah sistem pendistribusian logistik di Indonesia sangat dibutuhkan oleh pemerintah baik dalam tingkat Nasional maupaun Internasional.

Oleh karena itu, Yayasan Pendidikan Bhakti Pos Indonesia (YPBI) memandang perlu untuk mendirikan sebuah institusi yang diharapkan dapat melahirkan generasi yang dapat memberikan konstribusi terhadap kemajuan bangsa khususnya di bidang logistik.

Politeknik Pos Indonesia merpakan sebuah Institusi Pendidikan Tinggi yang terbentuk pada tanggal 5 Juli 2001 oleh Yayasan Bhakti Pos Indonesia (YBPI) melalui Surat Keputusan Kementrian Pendidikan Nasional Nomor 56/D/O/2001.

Dengan kurikulum berbasis SAP/ERP, serta fasilitas yang lengkap maka Politeknik Pos Indonesia diharapkan dapat menjadi salah satu solusi terhadap pemenuhan akan tenaga profesional yang didasarkan pada kompetensi yang dibutuhkan oleh industri khususnya pada bidang Manajerial dan bidang operasional dalam industri (bisnis) logistik.

Program Pendidikan

Dalam program pendidikannya, Politeknik Pos Indonesia menggunakan kurikulum SAP/ERP. Adapun model pendidikan yang dikembangkan pada institusi ini yakni meluputi Integrated Logistic serta Supply Chain Vocational Education.

Saat ini, Politeknik Pos Indonesia menjalankan dua program utama yakni program Diploma III atau Ahli Madya dan program Diploman IV atau Sarjana Terapan dengan program jurusan sebagai berikut:

Program Ahli Madya (D-III)

  • D3 Teknik Informatika
  • D3 Manajemen Informatika
  • D3 Manajemen Bisnis
  • D3 Logistik Bisnis
  • D3 Akuntansi

Program Sarjana Terapan (D-IV)

  • D4 Teknik Informatika
  • D4 Manajemen Bisnis
  • D4 Logistik Bisnis
  • D4 Akuntansi Keuangan

Panduan Pendaftaran Politeknik Pos Indonesia

program poltekpos
via depokpos.com

Penerimaan mahasiswa baru POLTEKPOS akan dibuka setiap tahunnya di setiap ajaran baru. Adapun informasi seputar pendaftaran dapat dilihat langsung di web resmi PMB Online.

Pendaftaran dapat dilakukan melalui beberapa cara yaitu:

  • Melalui web resmi,
  • Melalui Sekretariat PMB POLTEKPOS,
  • Melalui Kantor Pos Berbasis Online, dan
  • Melalui Guru BK di Sekolah Masing-Masing.

Jalur Pendaftaran

Untuk pendaftaran mahasiswa baru, POLTEKPOS membuka beberapa jalur pendaftar dengan kriteria atau persyaratan yang berbeda-beda.

Berikut beberapa jalur pendaftaran yang dibuka oleh POLTEKPOS untuk para calon mahasiswa baru.

1. Jalur Rapor/PMDK (Penelusuran Minat dan Kemampuan

Jalur rapor atau PMDK adalah jalur pendaftaran yang dibuka oleh POLTEKPOS bagi siswa SMA dan sederajat kelas XII yang ingin mendaftar tanpa harus mengikuti tes.

Penerimaan mahasiswa untuk jalur ini didasarkan pada kriteria yang telah ditentukan yang didasarkan pada prestasi siswa baik dalam bidang akademik, seni, atau olahraga.

2. Jalur Reguler

Jalur reguler adalah jalur yang terbuka secara umum bagi para lulusan SMA atau sederajat dengan tahun kelulusan paling lama emat tahun terakhir. Pendaftaran jalur reguler umumnya dibagi menjadi tiga gelombang.

Untuk dapat diterimah menjadi mahasiswa melalui jalur ini, setiap pendaftar harus mengikuti ujian seleksi masuk secara online.

3. Jalur Undangan

Jalur undangan adalah jalur pendaftaran dengan sistem undangan. Siswa yang memenuhi kriteria yang telah ditentukan sebelumnya oleh panitia SMB diberikan undangan langsung dari Institusi melalui layanan jasa pengiriman POS atau melalui Email resmi POLTEKPOS.

Jika berminat maka penerima undangan dapat menjadi mahasiswa tanpa harus mengikuti tes seleksi masuk. Cukup dengan melakukan registrasi ulang baik secara online atau offline dengan mendatangi sekretariat SMB POLTEKPOS secara langsung.

4. Jalur Mandiri

Jalur Mandiri adalah jalur khusus yang dibuka bagi calon mahasiswa baru. Untuk jalur ini, calon mahasiswa diwajibkan mengikuti tes seleksi masuk secara online dengan pengumuman hasil tes di hari yang sama.

Program Rekognisi Pembelajaran Lampau (RPL)

Selain program-program diatas, POLTEKPOS juga melaksanakan program Rekognisi Pembelajaran Lampau berdasarkan surat yang dikeluarkan oleh KEMENRISTEK DIKTI Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan No. 792/B2/TU/2018.

Program Rekognisi Pembelajaran Lampau atau yang disingkat dengan RPL adalah program yang diberikan kepada calon mahasiswa yang telah memiliki pengalan kerja atau belajar untuk memasuki perguruan tinggi.

Program RPL ini bertujuan untuk meningkatkan jumlah angkatan kerja terdidik, oleh karena itu, program rpl tidak memberikan batasan umur.

Lama waktu belajar dalam program ini adalah kurang lebih 1 tahun untuk program D-III dan 1,5 tahun untuk program D-IV setelah sebelumnya dilakukan assesment terhadap pengalaman dan kompetensi kerja yang kemudian ditetapkan sebagai raihan SKS mata kuliah.

Program Studi

Adapun program studi yang dibuka bagi program RPL adalah:

  • D3 Logistik Bisnis
  • D3 Manajemen Informatika
  • D4 Logistik Bisnis

Demikianlah ulasan singkat seputar Politeknik Pos Indonesia (POLTEKPOS). Semoga bermanfaat. Terima kasih.

Leave a Comment