Pos Kilat Khusus – Kelebihan, Ketentuan Layanan, Penentuan Tarif, Cara Cek Resi, dll.

Pos Kilat Khusus – Menjamurnya perusahaan jasa pengiriman belakangan ini menjadikan persaingan di dunia jasa pengiriman semakin ketat.

Persaingan untuk mendapatkan pelanggan menuntut setiap perusahaan untuk semakin kreatif dalam memanjakan pelanggan guna mendapatkan tempat di hati para pelanggan.

Hal tersebut juga dilakukan oleh salah satu perusahaan jasa pengiriman tertua yakni PT. Pos Indonesia.

Salah satu cara yang dilakukan oleh PT. Pos Indonesia untuk terus mempertahankan dab meningkatkan pelanggan adalah dengan membuka variasi layanan Pos yang dibuat berdasarkan kebutuhan pelanggan.

Salah satu jenis layanan yang banyak digunakan oleh pelanggan adalah layanan Pos Kilat Khusus.

Pos Kilat Khusus

pos kilat khusus
Pos kilat khusus via PosIndonesia

Pos kilat khusus adalah salah satu paket layanan dari sekian banyak paket layanan jasa pengiriman yang ditawarkan oleh Pos Indonesia.

Layanan ini menitik beratkan pada beberapa kelebihan yakni aman, cepat, serta memiliki jangkauan hingga ke seluruh wilayah Indonesia.

Oleh karenanya layanan ini menjadi pilihan tepat bagi anda yang membutuhkan kecepatan serta keamanan dalam pengiriman. Sangat cocok digunakan untuk mengirimkan surat, dokumen, paket, atau barang-barang tertentu.

Kelebihan-Kelebihan Layanan Pos Kilat Khusus

Berikut beberapa kelebihan-kelebihan utama layanan Pos Kilat ini yang ditawarkan oleh Pos Indoensia kepada para konsumen.

1. Tersedia Di Semua Cabang

Berbeda dengan beberapa jenis layanan lainnya yang hanya tersedia pada outlet-outlet tertentu, layanan yang satu ini bisa anda dapatkan di setiap kantor pos di seluruh Indonesia.

2. Jaringan Luas

Kiprah Pos Indonesia yang telah beroperasi sejak zaman belanda menjadikan perusahaan ini telah membangun jaringan yang sangat luar di seluruh Indonesia. Luasnya Jaringan tersebut menjadikan layanan ini dapat menjangkau hingga ke pelosok Indonesia dengan cepat.

3. Harga Terjangkau

Harga yang ditawarkan kepada masyarakat pengguna untuk layanan khusus yang satu ini terbilang sangat kompetitif jika dibandingkan dengan perusahaan lainnya dengan paket yang sama.

4. Terjamin

Tarif yang terbilang sangat kompetitif tidak serta merta menurunkan kualitas layanan. Dalam menjamin kualitas layanannya, Pos Indoensia memberikan jamina ganti rugi jika terjadi kerusakan atau kehilangan pada barang kiriman. Bahkan keterlambatan pengiriman pun diberikan ganti rugi.

5. Fasilitas Pelacakan

Setiap pengguna layanan diberikan bukti pengiriman yang berisi nomor resi yang dapat digunakan utuk melakukan pelacakan atau mengetahui posisi terakhir barang yang dikirmkan.

Pelacakan sendiri dapat dilakuan melalui website resmi, kantor pos terdekat, atau melalui layanan HaloPos di line 161.

6. Pick Up Service (Untuk Pelanggan Khusus)

Bagi pelanggan khusus, Pos Indonesia memberikan layanan tambahan berupa Pick Up Serivce atau layanan penjemputan barang kiriman. Sehingga pelanggan tidak perlu untuk membawa barang kirimannya ke kantor pos.

Ketentuan-Ketentuan Seputar Layanan Pos Kilat Khusus

ketentuan layanan pos kilat khusus
Ketentuan layanan Via PosIndonesia

Untuk menjamin kelancaran serta memaksimalkan layanan, pihak Pos memberlakukan beberapa ketentuan terkait layanan ini. Berikut beberapa ketentuan terkait layanan Pos Kilat Kuhsus:

A. Ketentuan Berat dan Ukuran Dimensi

  • Berat barang atau paket yang dikirimkan tidak melebihi 50 kg.
  • Total ukuran barang yang ditetapkan tidak boleh melebihi 400 cm dengan rumus total ukuran = Panjang + 2 (Lebar + Tinggi).
  • Panjang maksimal untuk dimensi tepanjang barang tidak boleh melebihi 150 cm atau 1.5 m.

B. Ketentuan Tarif

Ketentuan perhitungan penarifan atau ongkos kirim pada layanan Khusus ini,ditentukan berdasarkan biaya pengiriman yang telah tetapkan oleh PT.Pos.

Penentuan tersebut dihitung berdasarkan lokasi awal dan lokasi tujuan yang dikalikan dengan berat barang.

Penentuan berat barang kiriman dilakukan dengan dua cara yaitu berdasarkan berat aktual dan berdasarkan hitungan volume.

1. Menggunakan berat aktual (Actual Weigt) barang

Perhitungan Aktual Wight ini biasanya diterapkan kepada barang-barang berukuran kecil yang tidak memakan banyak tempat.

Perhitungan berat aktual dilakukan degan menimbang barang yang akan dikirim sehingga didapatkan berat aktual dari barang tersebut.

2. Menggunakan Perhitungan Volumetrik

Sistem perhitungan Volumetrik biasanya diaplikasikan pada barang kiriman yang berukuran besar yang memakan banyak tempat saat pengiriman.

Perhitungan Volumetrik ini dliakukan dengan rumus

(Panjang x Lebar x Tinggi x 1kg)/6000;

Dengan perhitungan tersebut akan didapat berapa jumlah Volumetriknya yang selanjutnya dikonversi menjadi berat.

C. Ketentuan Pengiriman dan Penyerahan Kiriman

  • Standar waktu Penyerahan kiriman yang ditetapkan untuk pengiriman khusus ini terbilang lebih cepat dari layanan pos satandar yakni 2-9 hari setelah paket atau barang di poskan.
  • Penyerahan kiriman dapat di lakuan dengan pengantaran ke alamat tujuan atau dapat diambil di kantor pos tujuan.

cara cek resi pos kilat khusus

Salahsatu kelebihan yang berikan pada layanan pos kilat khsus ini adalah layanan tracking pos atau pelacakan barang kiriman.

Dengan adanya fasilitas tersebut, para pelanggan dapat memonitor atau mengetahui posisi ter-up date dari barang atau paket yang dikirimkan.

Untuk pelacakan paket sendiri dapat dilakukan via online maupun offline.

1. Cara Cek Resi Pos Kilat Khusus Online

Cara cek resi secara online dapat dilakukan dengan dua macam cara yakni melalu situs resmi PT. Pos Indonesia atau melalui website pihak ketiga yang menyediakan jasa tracking paket. Berikut cara lengkapnya.

A. Cara Cek Resi Pos Kilat Khusus Online Melalu Situs Resmi

Berikut langkah-langkah cara mengecek resi pos untuk paket pengiriman kilat khusus online Melalu Situs Resmi

1. Mengakses Situs Resmi

Halaman Utama situs resmi Pos Indonesia

Langkah pertama yang dapat anda lakukan adalah mengakses situs resmi Pos Indonesia di www.posindonesia.co.id atau langsung masuk pada page tracking di https://www.posindonesia.co.id/id/tracking .

2. Memasukkan Nomor Resi

Memasukkan Nomor Resi

Setelah anda berhasil mengakses situs resmi atau page tracking, anda selanjutnya dapat memasukkan nomor resi pada kolom no.resi yang telah disediakan pada bagian “Lacak Kiriman”.

Saat memasukkan nomor resi, anda harus memperhatikan nomor resi yang anda input dengan seksama sehingga tidak terjadi kesalahan input.

3. Tracking

Setelah anda memasukkan nomor resi dengan benar, selanjutnya anda dapat menekan tombol berwana merah yang berlabel “Tracking”.

Tambahan

Pesan Kesalahan Data

Apabila setelah anda menekan tombol tracking dan anda mendapatkan pesan bahwa data anda tidak ditemukan maka besar kemungkinan terjadi kesalahan penginputan nomor resi.

Silahkan melakukan pengecekan ulang pada nomor resi yang anda input.
Apabila data yang anda input telah sesuai dan data anda masih tidak ditemukan maka anda sebaiknya segera melakukan konfirmasi ke kantor pos terdekat atau melalui layanan telepon HaloPos di line 161.

B. Cara Cek Resi Pos Kilat Khusus Online Melalu Situs Pihak Ketiga

Selain melalui situs resimi, cara cek resi Pos Kilat Khsus Online juga dapat anda lakukan melalui situs pihak ketiga.

Caranyapun juga sangat sederhana yakni cukup dengan memasukkan nomor resi yang anda dapatkan dari pihak pos.

Cara cek resi Pos Kilat Khsus Online dapat anda lakukan di :

  • https://cekresi.com/m/tracking-pos.php,
  • https://carikodepos.com/cek-resi-pos/,
  • https://resi.id/lacak-resi-pos,
  • https://berdu.id/cek-resi,
  • dll.

2. Cara cek resi pos kilat khusus Offline

Cara mengecek resi Pos Kilat secara offline dapat anda lakukan dengan mengunjungi kantor pos terdekat.

Cukup dengan menanyakan kepada petugas yang sedang berjaga dengan memberikan nomor resi yang anda miliki.

Selanjutnya petugas akan melakukan proses tracking dan menginformasikan kepada anda terkait status paket kiriman anda.

Salah satu kelebihan cek resi secara offline adalah apabila kantor pos yang anda datangi merupakan kantor pos tujuan serta status paket anda telah tiba di kantor tersebut maka anda dapat mengambil langsung paket anda tanpa harus menunggu pengantaran yang bisa saja memakan waktu lebih.

3. Cara Cek Resi Pos Kilat Khusus Via HaloPos

cek resi pos kilat khusus via halopos
Cek resi via Halo Pos via @PosIndonesia

Cara selanjutnya yang dapat anda lakukan adalah melalui layanan telepon. Caranya dengan melakuan panggilan ke layanan HaloPos di line 161.

Selanjutnya anda dapat meminta tolong kepada Customer service pada layanan tersebut untuk melakukan pengecekan resi.

Itulah beberapa cara cek resi Pos baik Online maupun Offline.

Kesimpulan

Setelah mengetahui tentang layanan Pos Kilat Khsus ini maka kita dapat bahwa:

Layanan Pos yang satu ini merupakan salah satu layanan Pos Indonesia yang dapat diandalkan khususnya bagi anda yang membutuhkan kecepatan dan keaman dalam pengiriman.

Untuk mengetahui kabar terbaru mengenai barang kiriman sangatlah mudah sebab untuk mengecek resi pengiriman Khusus dapat dilakukan baik secara Online maupun Offline.

Lama pengiriman layanan khusus ini relatif lebih singkat jika dibandingkan dengan layanan pengiriman paket standar yang lama pengirimannya bisa mencapai 14 hari.

Leave a Comment