Daftar Kriteria Rumah Sehat yang Baik Anda Perhatikan Sebelum Membangun Rumah Impian Anda

gambar rumah yang sehat
rumah sehat via flickr.com

Rumah sehat – Rumah adalah tempat kembali, tempat berkumpulnya orang-orang yang kita cintai dan tempat dimana kita melepas penat. Itulah gambaran rumah bagi manusia.

Oleh karena pentingnya rumah bagi kita, adalah kewajiban bagi setiap kita untuk memangun dan menjaganya agar tetap nyaman untuk dihuni.

Kenyamanan sebuah rumah dapat dipengaruhi oleh beberapa kondisi. Salah satu kondisi rumah yang harus di perhatikan serta dijaga adalah terkait kesehatan rumah.

Sebelum anda terlanjut membangun rumah impian anda, ada baiknya jika anda memperhatikan beberapa aspek yang tekait dengan kesehatan sebuah rumah.

Rumah sehat

Rumah sehat adalah rumah yang dapat memberikan keamanan, kenyamanan, serta kesehatan bagi penghuninya.

Mewujudkan rumah yang sehat merupakan bagian dari langkah-langkah perlindungan bagi para penghuninya dari berbagai macam serangan penyakit baik fisik maupun psikis.

Oleh karenanya, dalam perwujudan sebuah rumah yang dikategorikan sehat tidak hanya berbicara mengenai aspek kesehatan fisik akan tetapi mencakup segala aspek.

Kriteria rumah sehat

Apa saja kriteria yang dimiliki oleh sebuah rumah yang dikatakan sehat? Berikut penjelasannya.

Berdasarkan pedoman teknis penilaian rumah yang termasuk kategori sehat yang dikeluarkan oleh depertemen kesehatan pada tahun 2007, maka sebuah rumah dikategorikan sebagai rumah sehat apabila mencakup beberapa poin berikut.

Aspek Fisik

berikut beberapa kriteria rumah sehat ditinjau dari aspek fisiknya yakni:

  • Terdapat sistem pencegahan timbul penyakit serta penularan penyakit.
  • Tersedianya kebutuhan air bersih.
  • Terdapat sistem penanganan atau pengelolaan limbah rumah tangga baik berupa tinja maupun limbah-limbah lainnya.
  • Terbebas dari vektor penyakit.
  • Tingkat pencahayaan serta sirkulasi udara yang cukup khususnya matahari pagi.
  • Perlindungan makanan dan minuman dari kontaminasi pencemaran.

Aspek Psikologis

  • Dapat memenuhi kebutuhan piskologis bagi penghuninya salah satunya adalah kebutuhan akan privacy yang memadahi seperti adanya ruang pribadi untuk masing-masing anggota keluarga.
  • Terciptanya komunikasi yang sehat antara penghuni rumah yang satu dengan yang lain.
  • Tingkat kepadatan hunian yang seimbang atau tidak berlebihan sehingga dapat memberikan ruang gerak yang cukup bagi penghuninya.

Aspek Keamanan

  • Dapat menghindarkan penghuninya dari resiko kecelakaan melalui pembangunan konstruksi rumah yang kuat dan kokoh.
  • Pemilihan material yang tidak mudah rusak dan tahan api.
  • Desain rumah yang memperhitungkan sirkulasi yang baik sehingga penghuni dapat terhindar dari bahaya keracunan udara, gas, dll.
  • ┬áMemiliki tingkat suhu serta kelembaban udara yang pas.

***

Itulah ulasan singkat terkait rumah sehat beserta aspek-aspek pendukung rumah yang sehat. Oleh karena itu sebelum anda membangun rumah ada baiknya jika anda mempertimbangkan beberapa aspek diatas baik aspek fisik, psikis, hingga aspek keamanan.

Bila perlu, ada baiknya jika anda melibatkan konsultan yang telah berpengalaman dalam pembangunan rumah yang dapat memenuhi kriteria rumah sehat. Semoga bermanfaat. Terima kasih.

Leave a Comment