Salah Kaprah Seputar Kampung Inggris Yang Paling Banyak Beredar di Masyarakat

Mudahnya manusia tekoneksi satu sama lain di era digital ini menjadikan trend belajar bahasa Inggris semakin hari semakin meningkat.  

Salah satu tempat yang paling banyak dijadikan rujukan untuk mempelajari bahasa Inggris adalah Kampung Inggris di kecamatan Pare, Kabupaten Kediri.

Sayangnya, Banyaknya berita serta cerita-certia yang berlebihan terkait kampung bahasa ini sebagai sebuah tempat belajar bahasa yang mudah dan cepat menjadikan banyak masyarakat yang salah kaprah terkait Kampung ini. 

Salah Kaprah Seputar Kampung Inggris

Tidak dapat dipungkiri, banyaknya pemberitaan terkait daerah yang satu ini menjadikan daerah tersebut sangat terkenal sebagai rujukan untuk belajar bahasa Inggris.

Sayangnya tidak sedikit dari banyaknya berita yang tersebar terkait kampung Inggris dibuat dengan bahasa yang berlebihan atau hiperbola sehingga menyebabkan banyaknya salah kaprah terkait kondisi di kampugn Inggris.

Berikut beberapa salah kaprah terkait kampung bahasa ini yang banyak beredar di masyarakat.

1. Semua Orang Berkomunikasi Menggunakan berbahasa Inggris

Salah kaprah yang paling umum diantara masyarakat terkait daerah ini adalah bahwa semua mayarakat di kampung yang telah dipenuhi dengan pelajar ini berkomunikasi menggunakan bahasa Inggris tidak terkecuali para penjual sayur dan tukang becak juga ikut menggunakan bahasa Inggris dalam berkomunikasi.

Faktanya, masyarakat di wilayah Kampung ini tetap menggunakan bahasa Indonesia bahkan bahasa jawa sebagai bahasa sehari-hari.

Bahkan sangat jarang ditemukan masyarakat asli di wilayah yang termasuk dalam area perkampungan Inggris yang ikut belajar bahasa bersama para siswa-siswa yang datang belajar ditempat ini.

2. Metode Belajar Beda Dengan yang Lainnya

Salah kaprah selanjutnya yang umum beredar luas di masyarakat adalah di tempat ini memiliki metode belajar khusus sehingga memungkinkan orang yang belajar disana bisa mudah mempelajari bahasa Inggris.

Faktanya, sepanjang pengalaman dan pengetahuan penulis, metode belajar bahasa yang diterapkan di kampung Inggris tidaklah jauh berbeda dengan metode belajar yang diterapkan oleh lembaga-lembaga kursus diluar wilaya kampung.

Mungkin ada beberapa lembaga yang mengkalim memiliki metode khusus dalam pembelajaran, akan tetapi secara umum metode yang digunakan oleh kebanyakan lembaga kursus yang ada di sana secara umum terlihat sama dengan metode diluar wlayah ini.

Mungkin anda akan bertanya, “lalu apa bedanya belajar di kampung Inggris dengan di tempat lain di luar wilayah tersebut?”. Silahkan temukan jawabannya disini.

3. Dijamin Menguasai Bahasa Inggris Dalam Waktu Singkat

Salah kaprah selanjutnya adalah bahwa ada jaminan kalau belajar disana bisa menguasai bahasa internasional ini dalam waktu singkat sehingga banyak yang yang berencana kesana hanya seminggu, dua minggu, hingga satu bulan saja dengan harapan telah menguasai bahasa asing ini setelahnya.

Faktanya tidak ada jaminan bisa disana. Yang ada semuanya kembali ke pribadi masing-masing. Seberapa serius anda belajar disana.

Oleh karena itu, jika anda berniat untuk berangkat ke kampung Inggris ada baiknya jika anda meluruskan niat serta menyiapkan waktu yang cukup hingga anda benar-benar menguasai atau minimal tahu bercakap-cakap dalam bahasa Inggris.

4. Disana Hanya Belajar Bahasa Inggris

Dilihat dari namanya pastilah tidak sedikit masyarakat berpendapat bahwa di lokasi tersebut hanya ada pembelajaran bahasa Inggris.

Faktanya, disana tidak hanya bahasa Inggris melaikan terdapat beberapa lembaga yang membuka kursus bahasa internasional lainnya seperti bahasa Arab, Mandarin, Perancis, Jepang, dll.

Berdasarkan pengalaman penulis, lembaga kursus bahasa arab dan tahfiz merupakan lembaga kursus terbanyak setelah Inggris.

So bagi anda yang ingin belajar bahasa Arab, kampung Inggris bisa jadi salah satu rujukan yang tepat bagi anda.

****

Itulah beberapa salah kaprah terkait kampung Inggris yang banyak beredar di tengah-tengah masyarakat Indonesia khususnya yang belum pernah menginjakkan kaki di perkampungan yang penuh dengan pelajar ini.

Akan tetapi meskipun begitu, tempat ini tetaplah salah satu rujukan terbaik untuk mempelajari bahasa Inggris di Indonesia.

Terima kasih semoga bermanfaat.

Leave a Comment