Macam-Macam Sumber Energi Alternatif Baru dan Penerapannya

Energi alternatif – Akhir-akhir ini kita banyak disuguhkan dengan berita-berita yang yang mengangkat tema mengenai penemuan serta pengembang energi alternatif.

penggunaan energi minya bumiMakin berkurangnya pasokan sumber energi bumi yang berasal dari fosil berupa minyak bumi, menjadi salah satu penyebab munculnya ide- ide mengenai pengembangan energi baru sebagai pengganti energi yang telah ada saat ini.

Selain itu permasalahan mengenai dampak negatif yang ditimbulkan dari penggunaan energi minyak bumi menjadi penyebab selanjutnya tercetusnya ide pengembangan energi lain sebagai pengganti energi yang telah ada saat ini.

Salah satu dampak terparah yang disebabkan dari penggunaan energi minyak bumi adalah terjadinya pemanasan global yang dianggap telah memasuki tahap yang sangat menghawatirkan.

Kebutuhan manusia akan energi yang tidak ada habisnya serta dampak negatif dari pencemaran lingkungan yang ditimbulkan dari penggunaan energi yang ada saat ini, menjadi alasan utama mengapa kita memerlukan energi alternatif.

Pengertian Energi

memahami energiSebelum melangkah lebih jauh berbicara mengenai pengertian energi alternatif, hal yang perlu diketahui terlebih dahulu adalah pengertian energi itu sendiri.

Sederhananya, pengertian energi adalah kemampuan untuk bergerak, bekerja, melakukan usaha atau perubahan. Sehingga dapat dikatakan energi adalah tenaga.

Pengertian energi yang lain adalah sesuatu yang dibutuhkan seseorang atau benda agar dapat melakukan suatu usaha.

sedangkan dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia(KBBI), pengertian energi adalah daya atau kekuatan yang dibutuhkan guna melakukan suatu proses aktivitas (kegiatan).

Pengertian Energi Alternatif

energi terbarukanSetelah mengetahui pengertian energi, selanjutnya adalah pengertian energi alternatif.

Pengertian energi alternatif adalah setiap energi yang dapat dimanfaatkan atau digunakan sebagai pengganti energi konvensional (energi minyak bumi).

Kata “alternatif“di atas ditujukan kepada teknologi-teknologi baru yang menggantikan teknologi penghasil energi yang telah ada saat ini, untuk menghasilkan energi-energi baru serta terbarukan yang lebih ramah lingkungan.

Di mana energi yang dimaksud dalam pengertian energi alternatif di atas adalah energi yang dihasilkan dari berbagai macam sumber yang berbeda-beda, bahkan penggunaannya pun dapat berbeda-beda sesuai dengan kebutuhan.

Dalam kamus Oxford, pengertian energi alternatif adalah energi yang dimanfaatkan dengan tujuan untuk menghentikan atau menggantikan penggunaan sumber daya alam(minyak) serta dapat mencegah kerusakan lingkungan.

Demikianlah pengertian energi alternatif yang dapat penulis simpulkan secara umum.

Mengapa Kita Memerlukan Energi Alternatif

mengapa kita memerlukan energi alternatifMeskipun informasi tentang penemuan serta pengembang sumber tenaga alternatif ini telah banyak diberitakan, masih banyak yang belum mengetahui Mengapa kita memerlukan Energi alternatif.

Mengapa kita memerlukan energi alternatif?, jawabannya adalah sebab sumber energi yang paling banyak digunakan saat ini adalah energi yang tidak terbarukan yang ketersediaannya semakin hari semakin menipis.

Sedangkan tenaga alternatif ini merupakan energi pengganti yang banyak ditemukan di alam maupun direkayasa yang dapat terus diperbaharui. Itulah sebabnya mengapa kita memerlukan energi alternatif.

Apa Saja Manfaat Energi Alternatif

sumber sumber energiMerujuk pada pengertian energi alternatif diatas, maka dapat disimpulkan bahwa manfaat utama dari energi alternatif adalah sebagai pengganti energi utama(energi minyak) yang ada saat ini.

Namun selain daripada itu, tenaga baru dan terbarukan ini memiliki banyak manfaat, baik manfaat secara langsung atau manfaat secara tidak langsung.

Manfaat secara langsungnya dapat dilihat seperti energi matahari untuk mengeringkan pakaian atau membantu proses pengawetan makanan, serta energi angin yang dapat digunakan memutar kincir angin.

Sedangkan manfaat secara tidak langsung dari energi alternatif adalah dapat dilihat penerapannya pada teknologi-teknologi mutakhir saat ini. Seperti:

Pembangkit listrik tenaga surya menghasilkan energi listrik dari Konversi panas matahari.

Pembangkit listrik tenaga kincir yang menggunakan energi angin untuk memutar turbin sehingga dapat menghasilkan energi listrik.

Pembangkit listrik tenaga air yang menggunakan tenaga atau energi air untuk memutar turbin pada generator pembangkit listrik.

Kelebihan energi alternatif

pemanfaatan energi alternatifKelebihan utama yang dimiliki energi alternatif adalah energi ini dapat terbarukan. Dengan begitu energi ini tidak akan pernah habis sebab sumbernya dapat ditemui di alam dalam beraneka ragam bentuk atau dapat di rekayasa dengan menggunakan teknologi.

berbeda dengan energi yang ada saat ini yaitu energi minyak yang berasal dari fosil hewan purba ribuan tahun yang lalu yang persediaannya semakin hari semakin menipis.

Kelebihan lain yang dimiliki energi alternatif adalah energi yang dihasilkan sangat besar. Hal tersebut dikarenakan dari ketersediaan sumber sumber energi yang melimpah di alam.

Selain besarnya energi yang dihasilkan, kelebihan yang dimiliki selanjutnya adalah tidak merusak lingkungan.

Hal tersebut dikarenakan energi ini tidak menghasilkan gas buang yang dapat berdampak negatif pada lingkungan sekitar.

Macam – Macam Sumber Energi Alternatif

Tuhan telah menyediakan alam beserta macam-macam sumber energi yang terkandung di dalamnya untuk dimanfaatkan oleh manusia.

Berikut diantara beberapa macam sumber-sumber energi yang telah ditemukan atau dikembangkan menjadi alternatif pengganti energi minyak bumi yang semakin menipis, diantaranya adalah:

Sumber Energi Panas

energi terbarukanSumber energi panas adalah sumber energi alternatif yang didapatkan dari panas. Energi ini dapat dihasilkan dari alam atau melalui proses rekayasa manusia.

Jika sumber energi ini dialirkan pada sebuah benda maka benda tersebut akan mengalami perubahan suhu di mana perubahan suhu yang terjadi pada benda tersebut dapat digunakan oleh manusia sebagai salah satu bentuk energi baru yang dapat membantu manusia dalam aktivitasnya.

Contoh Energi Panas

Ada berbagai macam contoh energi panas yang digunakan dalam kehidupan sehari-hari Baik yang didapatkan secara alami atau yang didapatkan melalui proses yang tidak alami.

contoh energi panas yang bersumber dari alam adalah matahari. Sumber energi panas dari matahari ini dapat digunakan untuk berbagai kepentingan seperti mengeringkan pakaian, menjemur garam, hingga Digunakan menjadi salah satu pembangkit energi listrik.

1. Energi Matahari

sumber energi matahariMeskipun energi panas yang dihasilkan dari energi matahari tidak begitu terasa secara langsung,namun energi matahari adalah contoh energi panas dari alam semesta yang sangat melimpah.

Ketersediaan energi matahari yang melimpah menjadikan energi matahari sebagai contoh energi panas yang paling banyak digunakan sebagai energi baru, baik dalam skala besar maupun skala kecil.

2. Energi Panas Api

Selain contoh energi panas yang bersumber dari matahari (energi matahari), contoh energi panas lainnya adalah energi yang didapatkan dari api.

Salah satu contoh penggunaan energi panas yang menggunakan Api sebagai sumber energi dalam kehidupan sehari-hari adalah pada saat memasak menggunakan kompor.

Sejalan dengan energi matahari, semakin besar api maka semakin besar pula energi panas yang dihasilkannya.

3. Energi Panas Bumi

energi panas bumiSeperti dengan energi matahari, energi panas bumi merupakan contoh energi panas yang didapatkan dari alam.

Sayangnya untuk menggunakan energi panas bumi tidak semudah menggunakan energi matahari meskipun kedua contoh energi panas tersebut berasal dari alam.

Di Indonesia sendiri, penggunaan energi panas bumi sebagai sumber listrik baru dapat ditemukan di daerah dataran tinggi Dieng tempatnya di daerah Kamojang, Yaitu pembangkit listrik tenaga panas bumi.

4. Energi Panas yang Tidak Alami

Contoh energi panas selanjutnya yang dihasilkan secara tidak alami adalah energi panas yang didapatkan melalui gesekan. Sebab gesekan yang terjadi antara kedua permukaan benda dapat menghasilkan panas.

contoh sederhananya adalah saat kita menggosokkan Kedua telapak tangan kita di saat kita merasa kedinginan maka akan terasa rasa panas yang muncul saat kita menggosokkan Kedua telapak tangan.

Energi Gerak

Energi gerak adalah energi yang dihasilkan dari suatu gerak benda atau dalam istilah lain disebut dengan energi kinetik.

Seperti dengan energi panas, energi kinetik atau energi gerak juga terdiri dari 2 macam yaitu energi gerak amin serta energi gerak buatan. Berikut contoh energi gerak alami:

Energi Gerak Tenaga Angin

contoh energi alternatifSalah satu contoh sumber energi gerak alami adalah angin. Pengaplikasian energi gerak tenaga angin dapat dilihat pada pembangkit listrik tenaga angin.

Energi angin akan menggerakkan kincir angin atau baling-baling di mana Kincir atau baling-baling tersebut kemudian akan menggerakkan turbin yang di mana hasil pergerakan turbin tersebut akan dikonversi menjadi energi listrik.

Energi Gerak Tenaga Air

Air adalah contoh lain dari sumber energi gerak alami. air merupakan sumber energi gerak yang paling banyak diaplikasikan pada pembangkit listrik saat ini.

seperti pembangkit listrik tenaga angin, pembangkit listrik tenaga air juga bekerja dengan cara menggerakkan turbin melalui derasnya arus air. Kemudian hasil dari perputaran turbin tersebut dikonversi menjadi energi listrik.

Energi Cahaya

sumber energi cahayaEnergi cahaya adalah energi yang dihasilkan dari pancaran cahaya, baik cahaya alami pun cahaya buatan.

Cahaya dapat menghasilkan energi berupa gelombang elektromagnetik yang secara kasat mata tidak dapat terlihat namun dapat diukur. Cahaya dapat menghasilkan gelombang elektromagnetik berkisar antara 380-750 nm.

Salah satu sumber energi cahaya yang terbesar yang dapat ditemukan di alam adalah energi cahaya matahari. Selain itu energi cahaya juga dapat dihasilkan dari cahaya Bintang, lampu listrik, senter, dan lain sebagainya.

Adapun manfaat dari energi cahaya diantaranya adalah memberikan penerangan, sebagai salah satu dari kompisisi nutrisi tanaman, membantu perkembang biakan tanaman, menjaga kestabilan temperatur tanaman, dll.

Hidrogen

energi hidrogenHidrogen adalah sumber energi ramah lingkungan Yang umumnya diperoleh dari air melalui proses elektrolisis.

Hidrogen adalah unsur paling sederhana dalam tabel unsur kimia. Tidak berwarna dan tidak berbau.

Energi hidrogen ini diramalkan akan menjadi sumber energi alternatif masa depan. Hal ini dikarenakan jumlahnya yang sangat melimpah, yang efisien Dalam penggunaannya, serta tidak menghasilkan emisi beracun apabila digunakan sebagai bahan bakar.

Hidrogen adalah sumber energi masa depan bersifat ecoenergy dengan proses pembakaran yang hanya menghasilkan air dan energi (listrik dan panas]).

Hidrogen sendiri dapat digunakan menghasilkan energi listrik, kemudian energi listrik dapat digunakan untuk menghasilkan hidrogen. Hal tersebut menciptakan siklus energi terbarukan yang tidak akan habis atau terus terbarukan.

Energi Nuklir

energi nuklirEnergi nuklir adalah energi pengganti baru selanjutnya yang dapat menghasilkan daya yang sangat besar. Energi nuklir dihasilkan melalui dua cara yaitu melalui reaksi fisi atau pembelahan inti dan melalui reaksi fusi ( penggabungan beberapa inti).

Karena hasil energinya yang besar, energi nuklir ini banyak dimanfaatkan sebagai pembangkit listrik yang dikenal sebagai pembangkit listrik tenaga nuklir. Penggunaan energi nuklir juga dapat mengurang gas emisi karbon sehingga aman untuk atmosfer.

Namun Meskipun tidak dapat menghasilkan energi besar, energi ini masi dianggap dapat membahayakan manusia dan lingkungan melalui radiasi yang ditimbulkan dari energi nuklir tersebut.

Oleh karenanya diperlukan perlindungan khusus atau perlakuan khusus untuk melindungi manusia dan lingkungan di sekitar reaktor nuklir dari radiasi zat radioaktif yang di hasilkan dari proses Fisi nuklir untuk menghindari kecelakaan yang sangat fatal.

Beberapa kecelakaan pernah terjadi pada beberapa reaktor nuklir di dunia diantaranya adalah kecelakaan nuklir di Chernobyl pada tahun 1986 yang mengakibatkan seluruh penduduk di sekitar reaktor harus mengungsi dan tidak sedikit dari mereka menerima efek negatif dari radiasi nuklir tersebut baik berupa cacat fisik, penyakit kulit, hingga kematian.

Selain itu bencana nuklir juga pernah terjadi di fukushima daiichi pada tahun 2011 dan di three mile island pada tahun 1979.

Bio Gas

energi bio gasEnergi biogas adalah energi yang didapatkan melalui perlakuan aerobik tahu proses fermentasi bahan-bahan organik.

Bahan-bahan organik tersebut dapat berupa kotoran manusia atau hewan, limbah rumah tangga, limbah organik biodegradable.

hasil fermentasi bahan organik tersebut akan menghasilkan energi biogas Asia terdiri dari metana serta karbondioksida.

Selanjutnya energi biogas tersebut dapat digunakan sebagai penghasil energi listrik atau dapat dijadikan bahan bakar.

saat ini banyak negara terus mengembangkan teknologi energi biogas ini. Sebab tidak hanya menghasilkan energi alternatif yang baru tapi juga mendukung program pengolahan limbah masyarakat Serta mengurangi efek rumah kaca yang disebabkan oleh gas metana yang ada pada limbah masyarakat

* * *

demikianlah ulasan singkat mengenai energi pengganti baru beserta macam-macam sumber energi alternatif, dan juga alasan mengapa kita memerlukan energi alternatif. Semoga bermafaat.

Leave a Comment