[Lengkap] Penjelasan Titik – Titik Refleksi Pada Telapak Kaki dan Tangan Untuk Kesehatan

Titik Refleksi – Pijat Refleksi merupakan sebuah aplikasi pemijatan yang memusatkan perlakukan pada area refleksi atau titik-titik saraf tubuh, Sehingga yang dipijat hanyalah titik – titik saraf saja.

Saraf – saraf tersebut terhubung langsung dengan otak serta organ-organ yang lain sehingga bila terdapat gangguan maka secara otomatis anda akan merasakan kesakitan sebagai respons pengiriman data dari otak.

Setelah dipijat secara teratur hingga normal kembali atau tidak nyeri lagi sebagai pertanda bahwa organ yang tidak beres tersebut telah normal kembali.

Apabila dilakukan dengan benar, bukan tidak mungkin jika terapi pijat ini dapat mempercepat penyembuhan atau bahkan anda menyembuhkan hampir semua penyakit serta merasakan manfaat-manfaat pijat refleksi lainnya.

Titik – Titik Refleksi

Umumnya area refleksi terletak di bagian telapak kaki dan tangan sehingga pada pengaplikasiannya, terpi pijat refleksi kebanyakan diaplikasikan pada kaki atau tangan, meskipun Ada juga yang melakukannya di bagian luar seperti di telinga atau di tempat-tempat yang lain.

Untuk mengetahui titik-titik refleksi pada area refleksi kaki anda dapat menggunakan pedoman-pedoman pemijatan refleksi yang telah banyak beredar.

Titik Refleksi Kaki

Pedoman titik refleksi akan menunjukkan lokasi refleksi pada tubuh Anda. Membantu anda memahami titik mana saja yang akan diberikan rangsangan untuk membantu menyembuhkan penyakit di tubuh anda.

Untuk mempermudah pemahaman anda tentang titik refleksi kaki, berikut gambaran besar titik-titik refleksi pada bagian kaki.

titik refleksi kaki
wikimedia.org

Titik-titik refleksi yang ada pada kaki kanan terhubung dengan organ-organ tubuh bagian kanan dan begitupun dengan titik-titik refleksi pada bagian kiri terhubung dengan organ bagian kiri tubuh anda.

Titik Refleksi Pada Jari-Jari Kaki

Titik pada area refleksi di sekitar jari-jari kaki banyak terhubung dengan saraf kepala dan leher, apa bila anda mengalami keluhan di bagian kepala atau leher, terlebih dahulu periksalah titik-titik di sekitar jari-jari kaki atau baca cara pijat refleksi untuk sakit kepala.

Titik refleksi yang berada tepat di bawah jari-jari kaki banyak terhubung dengan saraf dada.

Pada tepian telapak kaki bagian dalam kaki (seperti yang terlihat pada gambar di atas) banyak terdapat titik yang terhubung dengan saraf-saraf yang berada pada tulang belakang.

Bagian tengah kaki yang biasa disebut garis pinggang terhubung dengan saraf bagian perut, bagian ini pun terbagi dua bagian yaitu bagian atas dan bawah, bagian atas terhubung dengan limpah dan bagian bawah terhubung dengan usus.

Bagian paling bawah kaki terhubung dengan daerah panggul yang biasanya menangani penyakit nyeri saraf panggul.

Titik Refleksi Mata

Saraf mata terletak pada jari kedua dan ketiga, sehingga jika anda merasa memiliki masalah pada mata anda dengan menekan di area tersebut dapat meringankan masalah tersebut.

Titik Saraf Gigi

Sedangkan titik yang berkorelasi dengan saraf gigi, sinus serta kepala bagian atas terletak pada bagian jari manis dan kelingking.

Titik Refleksi Organ Bagian Kanan dan Kiri

Pada kaki kanan, terdapat titik yang terhubung dengan saraf hati di area tepat di atas garis pinggang dan sedikit ke kiri. Sedikit bergerak lebih jauh ke kiri, Anda akan menemukan titik yang berkorelasi dengan ginjal kanan Anda.

Pada kaki kiri, terdapat titik refleksi perut yang berada pada daerah tepat di atas garis pinggang anda.

Sedikit bergerak ke bagian bawah, Anda akan menemukan titik untuk saraf ginjal kiri anda. Sedangkan di sebelah kanan area refleksi perut terdapat titik yang terkoneksi dengan limpa, dan titik refleksi jantung berada sekitar dua inci di bawah jari tengah kaki.

Titik refleksi yang terhubung dengan saraf telinga kiri dan kanan terletak pada posisi yang sama pada kedua telapak kaki yaitu tepat di bawah jari manis dan jari kelingking kaki.

Titik Saraf Umum (Kiri dan Kanan)

Kesamaan titik juga terdapat pada area yang berkorelasi dengan paru-paru terdapat sekitar satu inci dibawah jari – jari kaki selain jempol kaki, titik yang berkorelasi dengan usus kecil yang terletak dibawah garis pinggang.

Titik Refleksi Tangan

titik refleksi telapak tangan

Meskipun pemijatan pada titik refleksi kaki lebih populer di bandingkan dengan pemijatan pada titik refleksi tangan. Namun, pijat refleksi tangan tetap dapat dilakukan untuk alasan fleksibilitas, dan juga cocok untuk diterapkan kepada anak kecil sebab dapat membuat mereka merasa nyaman jika dibandingkan dengan pemijatan di area kaki.

Titik Pada Ujung Jari

Pada setiap ujung jari terdapat saraf yang berhubungan dengan saraf kepala, otak, dan sinus. Khusus pada pusat bantalan ibu jari, terdapat saraf yang berhubungan dengan saraf hipofisis, pineal dan kelenjar hipotalamus yang merupakan kelenjar yang berada pada pusat otak yang berfungasi untuk meredakan insomnia serta permasalah – permasalahan tidur lainnya.

Titik di Area Bantalan Jari

Bantalan tengah atau bantalan kedua pada jari telunjuk sampai jari kelingking terdapat titik yang terhubung pada saraf leher, sedangkan bantalan kedua pada ibu jari terdapat titik yang terhubung pada saraf tenggorokan.

Terdapat dua macam saraf pada area diantara bantalan kedua dan ketiga pada setiap jari-jari anda yaitu saraf mata dan saraf telinga. Saraf mata terletak pada jari telunjuk dan jari tengah, sedangkan pada jari manis dan jari kelingking terdapat saraf telinga.

Titik Saraf Organ Dada

Saraf yang berhubungan dengan organ dada, payudara, paru-paru, dan daerah bronkus terletak tepat di bawah jari kelingking pada kedua tangan.

Terdapat beberapa titik refleksi pada area tipis pada sisi telapak tangan anda tepat dibawah ibu jari yang mengarah ke bagian bawah tangan. Urutan titik saraf tersebut yaitu kelenjar tiroid, pankreas, kandung kemih, rahim/prostat.Sedangkan pada lengkungan dibawah ibu jari sampai ke pergelangan tangan terdapat saraf tulang belakang.

Titik Refleksi Pada Pergelangan Tangan

Pada pergelang tangan terdapat tiga area refleksi tambahan yaitu sistem getah bening yang terletak tepat pada garis penghubung antara telapak tangan dengan pergelangan tangan, sedangkan pada garis yang sama searah dengan jari kelingking terdapat titik saraf yang berhubungan dengan testis dan ovarium, area refleksi yang terkhir terletak pada garis tipis dibawah garis tipis yang pertama terdapat titik saraf pinggul.

******

Demikianlah penjelasan singkat mengenia titik-titik refleksi yang berapa pada telapak tangan dan kaki. semoga bermanfaat.

Leave a Comment