5 Titik Refleksi Kecantikan Untuk Kamu yang Ingin Sehat dan Tetap Cantik

titik refleksi kecantikan

Titik Refleksi Kecantikan – Salah satu manfaat pemijatan refleksi yang kurang diketahui orang adalah dapat meningkatkan kecantikan.

Efek tersebut dapat dirasakan dengan memberikan stimulasi-stimulasi pada organ-organ tubuh yang memberikan pengaruh pada tubuh, khususnya pada kesehatan kulit.

Dengan begitu kulit akan terlihat tetap sehat, kencang, dan semakin cantik. Berikut beberap titik-titik refleksi kecantikan yang dapat anda coba dirumah.

1. Titik Adrenal

titik adrenal
titik refleksi adrenal via wikihow.com

Rasa gatal atau iritasi yang biasanya terjadi pada kulit biasanya disebabkan oleh efek dari reaksi inflamasi yang terjadi pada tubuh.

Reaksi tersebut dapat berefek pada lapisan tipis pada kulit dan sekitarnya yang mengakibatkan timbulnya rasa gatal atau gangguan kulit semacamnya.

Salah satu cara untuk mengatasinya adalah dengan melakukan pemijatan pada titik refleksi Adrenal yang terletak pada telapak kaki.

Titik tersebut berada pada bagian tengah telapak kaki berdekatan dengan refleksi ginjal. Lakukan pemijatan secara pelan dan perlahan dengan menggunakan alat pijat atau bantalan ibu jari tangan anda.

Pemijatan yang dilakukan dengan benar akan memberikan sedikit rasa sakit pada titik yang diberikan tekanan. Lakukan pemijatan selama lima menit atau sampai anda merasa relax.

2. Titik refleksi Kelenjar Tiroid

titik refleksi tiroid via me.me

Titik refleksi untuk kecantikan selanjutnya adalah titik Kelenjar Tiroid. Kelenjar tiroid merupakan salah satu kelenjar Endokrin terbesar yang ada pada tubuh manusia.

Kelenjar ini salah satunya berfungsi mengatur tingkat sesitivitas tubuh terhadap hormon tubuh lainnya.

Kelenjar Tiroid bekerja memproduksi dua hormon yang penting untuk tubuh yakni hormon Triodotironin dan Hormon Tiroksi.

Apabila tubuh kekurangan kedua hormon tersebut maka akan berdampak pada kulit tubuh menjadi kering dan berat badan menjadi bertambah.

Titik refleksi kelenjar Tiroid terletak pada area dibawah jempol kaki.

3. Titik Refleksi Hati

titik refleksi hati
titik refleksi hati via pixabay.com

Dapat dikatakan bahwa hampir semua permasalahan yang terjadi pada kulit memiliki hubungan dengan organ hati. Organ hati yang bermasalah akan menghambat pembagian nutrisi ke kulit.

Oleh karena itu, kesehatan pada organ hati secara tidak langsung akan berpengaruh pada kesehatan tubuh termasuk kulit.

Titik refleksi hati sangat mudah ditemukan yakni terletak pada bagian tengah kaki seperti yang terlihat pada gambar.

Apabila terjadi masalah pada organ hati anda, maka titik tersebut akan terasa nyeri saat diberikan tekana. Lakuan pemijatan pada titik tersebut selama 3-5 menit atau sampai anda merasa nyaman.

4. Titik Refleksi Organ Empedu

Salah satu organ yang juga berpengaruh pada kesehatan kulit adalah organ empedu.

Fungsi organ empedu adalah membantu tubuh dalam hal penyerapan lemak serta membantu hati membuang sisa metabolisme yang tidak dibutuhkan oleh tubuh.

Organ Empedu yang bermasalah akan memperlambat proses penyerapan lemak tubuh serta memperlambat pembuangan zat-zat sisa pembakaran yang tidak dibutuhkan oleh tubuh yang jika tidak dikeluarkan akan membawa kerusakan pada tubuh, termasuk pada kulit.

Titik refleksi organ Empedu terletak sedikit dibawah mata kaki bagian dalam berupa bantalan daging tepat di tepi kaki bagian dalam.

Lakukan pemijatan lembut pada titik tersebut selama tiga hingga lima menit sampai anda merasa nyaman.

5. Titik Refleksi Kelenjar Pituitari

refleksi kelenjar pituitari
Titik Rfleksi Kelenjar Pituitari via maxpixel.net

Kelenjar Pituitari adalah kelenjar kecil yang terletak pada bagian belakang kepala tepatnya dibawah otak.

Kelenjar ini berfungsi mengendalikan beberapa kelenjar yang ada pada tubuh seperti kelenjar Tiroid, Kelenjar Testis, Kelenjar Ovarium, serta Kelenjar Adrenal.

Salah satu hormon yang diproduksi oleh kelenjar Pituitari adalah hormon Lobus Intermedia yang berfungsi untuk melepas hormon yang dapat merangsang Melanosit yang dapat mengedalikan pigmentasi warna kulit.

Titik Refleksi kelenjar Pituitari ini terletak pada bantalan jempol kaki. Lakuan pemijatan pada lokasi tersebut dan disekitarnya hingga anda merasa relax.


Itulah beberapa titik refleksi yang dapat meberikan efek pada kecantikan anda. Semoga bermanfaat, terima kasih.

Leave a Comment