8 Tips Umroh Backpacker, Cara hemat Beribadah Umroh

Umroh Backpacker – Menjalankan ibadah di tanah suci adalah dambaan setiap umat muslim di dunia guna melengkapi rukun Islam yang kelima yakni naik haji.

Sayangnya, melaksanakan ibadah haji hanya dapat dilakukan di waktu dan kondisi tertentu.

Oleh karena itu, agama memberikan alternatif ibadah di tanah suci selain ber haji yakni ber-Umroh.

Umroh adalah ibadah alternatif yang dapat dilakukan di tanah suci meskipun tidak dapat dijadikan pengganti Haji.

Ibadah umroh tidak terikat oleh waktu sehingga dapat dilakukan kapan saja tanpa terikat oleh batasan waktu serta hal-hal administratif sebagai mana yang harus dipenuhi ketika hendak berhaji.

Namun meski mudah dan fleksibel tetap saja ada kendala lain bagi sebagian masyarakat yang ingin menjalankannya.

Masalah yang paling umum adalah tidak semua masyarakat dapat menjakau besaran biaya yang harus dikeluarkan saat ingin melakukan ibadah umroh.

Dari masalah tersebut akhirnya ditemukanlah solusi dimana biaya umroh dapat ditekan hingga batas minimal yaitu melalui cara Umroh mandiri atau lebih dikenal dengan istilah Umroh Backpacker.

Umroh Backpacker

Umroh Backpacker adalah rangkaian kegiatan umroh yang dilakukan secara mandiri tanpa harus bergabung bersama rombongan dari travel konvensional.

Melalui umroh backpacker anda dapat menghilangkan beberapa variabel yang membutuhkan anggaran besar serta menekan biaya-biaya yang sifatnya umum dikeluarkan saat berumroh.

Dengan begitu hampir dipastikan setiap kita dapat memiliki kesempatan untuk mengunjungi dan beribadah di tanah suci ummat Islam.

Langka-Langkah Umroh Backpacker

Bagaimana langkah-langkah melakukan Umroh Backpacker? Berikut beberapa gambarannya.

1. Menentukan Waktu Keberangkatan – Umroh Backpacker

backpacker berangkat umroh
pxhere.com

Hal penting pertama yang harus anda perhatikan adalah waktu keberangkatan. Rencanakan waktu keberangkatan anda sebaik mungkin.

Perencanaan waktu dilakukan dengan mempertimbangkan kondisi cuaca, harga tiket pesawat, waktu pengajuan visa, dll.

Perlu anda ketahui bahwa jadwal pendaftaran untuk pengajuan visa umroh hanya dibuka pada bulan Shafar.

Ada baiknya jika anda mengetahui kapan waktu kunjungan tanah suci sedang tinggi-tingginya (high season).

High season tanah suci paling padat terjadi pada bulan Ramadhan, Sya’ban, Dan Rajab.

Pada kondisi high season ini semua harga pasti akan melonjak drastis termasuk harga tiket, harga sewa penginapan, hingga makanan.

Yang juga tak kalah pentingnya untuk diketahui adalah kondisi cuaca di tanah suci yang terkadang sangat panas. Dimana kondisi ekstrim tersebut sedikit banyak akan mengganggu ibadah anda.

2. Mencari Tiket

tiket pesawat murah unutk ke makkah
pxhere.com

Salah satu komponen umroh yang paling banyak memakan biaya adalah tiket pesawat.

Oleh karena itu, masalah pencarian tiket perlu anda cermati dengan baik untuk menekan biaya pengeluaran anda.

Pencarian tiket sebaiknya dilakukan jauh hari sebelum hari keberangkatan agar anda berpeluang mendapatkan tiket dengan harga yang lebih murah(promo).

Lakukan pengecekan update harga sesering mungkin di beberapa maskapai berbeda sebab setiap maskapai memiliki kebijakan harga yang berbeda-beda pula.

Sebagian orang menyiasati mahalnya harga tiket pesawat dengan melalui rute yang berbeda dengan rute umumnya.

Mereka terlebih dahulu mendatangi negara-negara yang dekat dengan negara Arab yang berpenduduk minoritas muslim dimana harga tiketnya cenderung lebih murah kemudian melanjutkan perjalanan ke Arab.

Selain itu, untuk mendapatkan harga tiket yang lebih murah disarankan untuk tidak memilih berangkat pada waktu-waktu high season.

3. Mengurus Passport dan Visa Umroh

passport dan visa umroh backpacker
pxhere.com

Agar dapat memasuki negara Arab dengan lancar maka anda harus menyediakan dokumen-dokumen yang diminta oleh pihak imigrasi. Diantaranya adalah Passport dan Visa.

Jika anda belum memiliki keduanya maka anda diharuskan segera mengurusnya.

Untuk pengurusan Pasport, anda dapat melakukan pendaftaran via online, mengisi dan melengkapi semua persyaratan yang dibutuhkan. Selanjutnya anda dapat melakukan konfirmasi langsung ke kantor Imigrasi di daerah anda.

Sedangkan untuk pengurusan Visa Umroh, anda dapat mengajukan permohonan atau meminta bantuan kepada agen travel umroh yang telah ditunjuk oleh pemerintah Arab Saudi.

Biasanya anda akan dikenakan biaya pengurusan sebesar tiga sampai empat jutaan. Namun hal tersebut tergantung kepada waktu keberangkatan serta kemampuan negosiasi anda dengan pihak travel.

4. Mencari Penginapan Untuk Ibadah Umroh Backpacker

penginapan murah di arab saudi
pxhere.com

Setelah memiliki tiket atau telah menentukan rute perjalanan menuju Makkah. Selanjutnya adalah mempersiapkan kedatangan di negara tersebut.

Yang pertama adalah mencari penginapan yang tepat dan tentunya sesuai dengan anggaran yang telah ditetapkan.

Jika anda memilih menjalanibumroh backpacker maka anda harus selalu fleksibel dalam masalah memilih penginapan atau tempat tinggal.

Semakin dekat jarak penginapan dengan tempat ibadah maka harga permalamnya pun cenderung semakin tinggi.

Untuk menghemat biaya maka tidak ada alternatif lain selain mencari penginapan yang sedikit lebih jauh dari pusat ibadah.

Anda dapat memilih menyewa hotel bintang tiga atau apartemen untuk dijadikan penginapan sementara untuk beristirahat dan menyimpan barang bawaan anda.

Meskipun murah, anda tetap harus selektif dalam memilih penginapan khususnya dalam masalah kebersihan dan kenyamanan anda.

Karena jarak yang jauh dari pusat ibadah, maka sangat disarankan untuk memilih penginapan yang dekat dengan akses transportasi umum serta fasilitas penunjang lainnya.

5. Ketersediaan Makanan Saat Umroh

menu makanan saat umroh
pxhere.com

Untuk hal yang satu ini anda tidak perlu khawatir, sebab disana terdapat banyak alternatif menu makanan yang dapat disesuaikan dengan selera dan kantong anda.

Disekitar Masjidil haram dan masjid Nabawi terdapat beraneka ragam warung kaki lima yang menyediakan aneka makanan serta jajanan.

Selain itu, anda juga dapat berkordinasi dengan hotel yang menyediakan katering untuk rombongan jamaah umroh. Jika disetujui anda dapat ikut bergabung bersama para jamaah jika waktu makan sudah tiba.

6. Transportasi

transportasi umum saat umroh di makkah
pxhere.com

Negara Arab memiliki sistem transportasi yang baik yakni terus beroperasi selama 24 jam.

Dengan begitu anda tidak perlu khawatir mengenai hal yang satu ini. Yang perlu anda ketahui adalah bagaimana cara kerja sistem transportasinya serta jadwal-jadwal keberangkatan ransportasi tersebut (bus).

Selain itu, jika anda tidak ingin menunggu, anda dapat menggunakan taksi.

Dan sebagai alternatif lainnya adalah anda dapat menumpang pada mobil-mobil pribadi masyarakat lokal jika mereka berkenan. Sebab jamak diketahui bahwa masyarakat Arab terkenal ramah terhadap pengunjung dari luar.

7. Membuat Agenda Kegiatan – Umroh Backpacker

agenda kegiatan umroh backpacker
pxhere.com

Membuat agenda kegiatan adalah hal penting yang harus anda lakukan sebelum berangkat.

Dengan begitu anda memiliki gambaran awal seperti apa kegiatan anda disana nantinya.

Selain itu, agenda kegiatan yang Anda buat bertujuan untuk memaksimalkan waktu anda yang singkat disana.

Bisa anda bayangkan jika anda tidak memiliki agenda kegiatan besar kemungkinan waktu anda akan banyak terbuang pada hal-hal yang tidak begitu penting untuk anda lakukan.

Contohnya, anda memutuskan untuk berjalan-jalan namun Anda tidak memiliki batasan waktu sehingga tak terasa waktu berlalu dan anda terlupa akan tujuan utama anda ke tanah suci.

Dengan adanya jadwal yang anda buat, anda dapat mengatur dengan jelas kapan Anda harus beribadah, istirahat, jalan-jalan, hingga kapan Anda harus makan.

Bahkan Didalam agenda tersebut anda dapat menuliskan secara spesifik di hotel mana anda akan menginap, kemana anda akan jalan-jalan, hingga transportasi apa yang akan anda gunakan.

Tujuan lain dari pembuatan agenda tersebut adalah anda dapat mengatur penggunaan anggaran anda dengan sebaikmungkin .

8. Berangkat Bersama Teman/Komunitas Umroh Backpacker

komunitas umroh backpacker
commons.wikimedia.org

Saat ini telah banyak terbentuk komunitas atau group umroh backpacker yang tersebar di seluruh Indonesia.

Bergabung dengan komunitas akan sangat membantu anda dalam berumroh.

Anda dapat saling bertukar informasi seputar umroh backpacker, berangkat bersama, hingga share biaya-biaya yang dapat di share bersama.

Dengan begitu kemungkinan anda untuk menekan anggaran hingga seminimal mungkin bisa saja anda lakukan.


Itulah sedikit gambaran mengenai cara-cara melakukan umroh backpacker.

Satu yang perlu anda ketahui bahwa umroh backpacker bertujuan untuk menekan anggaran seminim mungkin untuk ber umroh namun disisi lain anda harus bersiap-siap untuk berkorban lebih pada kondisi lain seperti masalah kenyamanan, repot-repot, dll.

Namun dengan niat yang lurus semua hal tersebut bukanlah menjadi sebuah masalah.

Semoga kita semua di mudahkan dalam menjalankan ibadah Umroh serta Haji.
Semoga bermanfaat. Terima kasih.

Leave a Comment