Menjawab Pertanyaan ” Umroh berapa hari ?” Dari Para Calon Jamaah Umroh

Umroh berapa hari
Durasi ibadah umroh via Wikipedia.org

Umroh berapa hari? Mungkin pertanyaan yang satu ini merupakan pertanyaan yang paling banyak terbesit di benak umat Islam yang belum pernah melaksanakan umroh sebelumnya.

Akan tetapi perlu diketahui bahwa pertanyaan terkait ” umroh berapa hari ” ini muncul bukan tanpa alasan. Munculnya pertanyaan ” umroh berapa hari ” tersebut didasarkan pada banyaknya jasa penyelenggara perjalanan umroh yang menawarkan jasa penyelenggaraan perjalanan umroh dengan durasi waktu yang berbeda-beda.

Bagi mereka yang belum pernah sekalipun menjalan ibadah umroh dan belum memiliki pengetahuan terkait ibadah umroh tentunya akan kebingungan dengan durasi perjalan ibadah yang beraneka ragam.

Oleh karenya pada pembahasan kali ini kami akan menjelaskan hal-hal terkait durasi penyelenggaraan umroh agar pertanyaan terkait ” umroh berapa hari? ” Yang selalu terbesit di pikiran para calon peserta perjalanan umroh dapat terjawab.

Umroh Berapa Hari ?

Pada dasarnya, aktifitas atau prosesi ibadah umroh sejatinya dilaksanakan hanya dalam hitungan jam. Bukan berhari-hari atau ber minggu-minggu seperti yang terlihat pada penawaran-penawaran yang di lakukan oleh para penyelenggara umroh.

Durasi prosesi umroh umumnya dilakukan dalam 6 jam hingga 12 jam yang didasarkan pada lokasi miqot.

Prosesi perjalan umroh dapat dimulai dari Madinah menuju miqot Bir Ali yang diteruskan menuju Masjidil Haram dengan rata-rata waktu tempuh hingga 6 jam perjalanan.

Durasi umroh yang lebih singkat dapat dilakukan jika jamaah telah berada atau berdiam di kota Makkah.
Apabila telah berada di kota Makkah para jemaah cukup berangkat menuju miqot dan melanjutkan perjalanan ke Masjidil Haram untuk menyelesaikan rangkaian prosesi ibadah umroh.

Berapa Kali Prosesi Ibadah Umroh Dapat Dilakukan?

Setiap jemaah umroh dapat melakukan prosesi umroh beberapa kali termasuk apabila ingin mengumrohkan orang tua yang telah meninggal.

Akan tetapi, pelaksanaan prosesi ibadah umroh yang terjadwal bersama pembimbing umroh biasanya hanya diselenggarakan sebanyak dua kali oleh pihak penyedia layanan umroh. Selebihnya dapat dilakukan sendiri oleh setiap jamaah.

Mengapa Durasi Perjalan Umroh yang Ditawarkan Penyelenggara Berbeda-Beda?

Durasi perjalanan umroh
Beda durasi perjalanan umroh via Flickr.com

Durasi penyelenggaraan umroh yang ditawarkan oleh pihak penyelenggara perjalanan umumnya tidak hanya mencakup ibadah umroh saja. Akan tetapi durasi tersebut juga meliputi beragam aktifitas tambahan seperti ziarah, city tour Makkah dan Madinah, wisata belanja, hingga perjalanan tambahan ke negara-negara lain seperti turki, mesir, Jordan, Palestina, dll.

Di Makkah atau Madinah sendiri terdapat banyak tempat-tempat yang dapat menjadi tujuan wisata bagi ummat muslim yang biasanya memakan waktu dua hingga tiga hari untuk mengunjunginya.

Itulah mengapa rangkaian perjalanan ibadah umroh memakan waktu hingga berhari-hari. Semoga pertanyaan terkait umroh berapa hari telah terjawab sampai disini.

Memilih Paket Umroh

Setiap kita memiliki aktivitas yang berbeda-beda. Oleh karenanya, dalam memilih paket umroh ada baiknya jika di sesuaikan dengan kebutuhan masing-masing.

Dengan banyaknya ragam penawaran perjalanan umroh yang ditawarkan oleh para penyedia layanan umroh maka anda dapat memilih paket yang terbaik untuk anda gunakan.

Apa bila anda tidak memiliki banyak waktu maka anda dapat memilih paket perjalanan dengan durasi pendek.

Perlu diketahui bahwa semakin panjang durasi perjalanan maka dapat dipastikan harganya pun akan semakin mahal. Ditambah lagi jika pada program tersebut mengunjung banyak destinasi wisata.

Gambaran Umum Paket Perjalanan Umroh Standar 9 Hari

Umroh reguler berapa hari
Umroh reguler via pixabay.net

Salah satu paket standar yang ditawarkan oleh para penyedia jasa perjalanan umroh adalah paket standar.

Paket standar yang ditawarkan umumnya berdurasi singkat yakni sembilan hari dengan rincian tiga hari di Madinah dan empat hari di kota Makkah.

Selama di kedua kota tersebut, para jamaah akan melakukan beberapa aktifitas tambahan selain ibadah umroh seperti melakukan ibadah-ibadah Sunnah, ziarah ke tempat-tempat bersejarah, berkunjung ke tempat wisata dan pusat perbelanjaan, dll.

Berikut gambaran umum aktifitas paket standar yang ditawarkan oleh penyelenggara perjalanan ibadah Umroh.

Hari Pertama

Pada hari pertama adalah hari pemberangkatan jamaah dari Indonesia menuju Arab Saudi.

Pada hari ini setiap peserta akan mendapatkan briefing dari pihak travel penyelenggara berupa bimbingan singkat, pembagian buku-buku panduan, seragam, serta kelengkapan-kelengkapan lainnya.

Setelah tiba di Arab Saudi para jamaah akan langsung menuju hotel untuk beristirahat dan bersiap untuk menuju kota Madinah.

Hari Kedua

Tiba di kota Madinah, para jamaah akan beristirahat sejenak di hotel.

Berbeda dengan di kota Makkah, di kota Madinah ini para jamaah tidak memiliki banyak agenda sehingga tidak sedikit dari mereka memanfaatkan waktu luang dengan memperbanyak ibadah-ibadah Sunnah, berkunjung ke makam Rasulullah Saw dan sahabat, serta berkunjung ke pusat-pusat perbelanjaan untuk membeli pernak-pernik atau cendera mata dari kota Madinah.

Hari Ketiga

Agenda hari ketiga biasanya berupa city tour di kota Madinah yang telah diagendakan oleh pihak penyelenggara.

Salah satu titik kunjungan yang tidak boleh terlewatkan saat berada di kota Madinah adalah Goa Hira yang merupakan tempat dimana nabi Muhammad Saw menerima Wahyu.

Selain goa Hira, para jamaah juga akan diajak berkunjung ke tempat-tempat wisata di sekitar kota Madinah.

Hari Keempat

Setelah beraktifitas di Madinah, perjalan kemudian di lanjutkan ke kota Makkah dengan menempuh perjalanan selama kurang lebih enam jam perjalanan.

Setiba di kota Makkah, para jamaah langsung diarahkan untuk mandi dan melakukan prosesi ibadah Umroh dan dilanjutkan dengan melaksanakan ibadah-ibadah Sunnah lainnya untuk memaksimalkan waktu selama di kota Makkah.

Hari Kelima

Hari kelima biasanya digunakan untuk kembali melakukan prosesi ibadah umroh, bahkan ada juga yang mengumrohkan orang tuanya.

Pada hari ini seluruh kegiatan dikhususkan dalam rangka beribadah kepada Allah di Masjidil Haram baik ibadah umroh maupun Ibadah-ibadah Sunnah lainnya.

Hari Keenam

Agenda kegiatan pada hari keenam biasanya sama dengan kegiatan pada hari kelima yakni memaksimalkan waktu di Masjidil Haram dengan beribadah sebanyak-banyaknya.

Hari Ketujuh

Seperti pada hari kelima dan keenam, para jamaah terus dianjurkan untuk memaksimalkan waktu dan hari-hari di Masjidil Haram. Menunggu waktu sholat sambil melaksanakan amalan-amalan Sunnah seperti membaca Alquran, berzikir, berdoa, dll.

Hari Kedelapan

Hari Kedelapan adalah hari-hari akhir para jamaah berada di kota Makkah. Para jamaah biasanya akan diajak untuk melakukan umroh perpisahan serta berdoa agar kelak masih diberikan kesempatan untuk berkunjung kembali ke dua tahan suci umat Islam Makkah dan Madinah.

Setelah beribadah biasanya para jamaah akan segera menuju bandara untuk kembali ke Indonesia atau dapat berjalan-jalan di sekitar kota Makkah sebelum bertolak ke Indonesia.

Hari Kesembilan

Para jamaah tibah di Indonesia dan dijemput oleh keluarga masing-masing dan kembali kerumah masing-masing.


Itulah gambaran singkat aktifitas ibadah umroh untuk paket standar sembilan hari.

Demikianlah ulasan singkat terkait pertanyaan ” umroh berapa hari ?” Yang sering muncul di benak calon jamaah. Semoga bermanfaat. Terima kasih.

Leave a Comment