Umroh Ngapain Aja? – Aktifitas Perjalanan Umroh Madina dan Makkah

Umroh ngapain aja? – Ibadah umroh adalah salah satu ibadah yang diberi ganjaran pahala yang sangat besar. Secara bahasa, Umroh berati ziarah atau berkunjung.

Umunya, suatu rangkaian perjalanan umroh yang ditawarkan oleh biro perjalan dilakukan pada dua kota suci di Arab Saudi yakni kota Madina dan kota Makkah, pada kedua kota tersebut terdapat peniggalan sejarah Islam yang sangat perlu untuk dikunjungi.

Selain itu, beribadah di kedua kota tersebut pahalanya berlipat jika dibandingkan dengan beribada diselain kedua kota tersebut. Oleh karena itu, sangat disayangkan apabila anda tidak memaksimalkan waktu anda saat berkunjung ke kedua kota tersebut.

Untuk dapat memaksimalkan keberadaan anda di kedua kota tersebut, anda sebaiknya mengetahui kegiatan-kegiatan apa saja yang umumnya dilakukan di Madina dan Makkah untuk memaksimalkan waktu.

Berikut aktifitas-aktifitas yang dapat dilakukan saat sedang berada di dua kota Haram tersebut.

Agenda Kegiatan di Kota Madinah

Umroh Ngapain aja di madinah
Pxhere.com

Umumnya, rangkaian kegiatan perjalanan umroh dimulai di kota madina. Untuk memaksimalkan ibadah para penyedia biro perjalanan umroh menghabiskan waktu 3-4 hari di kota ini.

Aktifitas ibadah di kota Madinah berpusat di Masjid Nabawi yakni mesji pertama yang dibangun oleh Rasulullah.

Ganjaran amal ibadah yang didapatkan dimesjid ini berkali-kali lipat jika dibandingkan dengan amalan ibadah yang di lakukan di tempat lain.

Oleh karena itu, jamaah yang sedang berada di kota Madina sangat dianjurkan untuk banyak menghabiskan waktu di masjid ini.

Sholat, Sholawat, dan Amalan Sunnah Lainnya

Adapun aktifitas-aktifitas yang dapat anda lakukan untuk memaksimalkan waktu di masjid Nabawi adalah sholat berjamaah lima waktu, memperbanyak sholawat, melaksanakan sholat-sholat sunnah seperti sholat dhuha, Sholat sunnah rawatib, sholat tahajjud, sholat mutlak, sholat hajat, hingga puasa sunnah jika sanggup.

Selain itu, terdapat satu tempat yang sangat penting untuk dikunjungi di masjid Nabawi yakni Raudhatul Jannah.

Berdoa di Raudhatul Jannah

Raudhatul Jannah adalah salah satu area di masjid Nabawi yang dimana area tersebut terdapat makan Rasulullah serta sangat dengan dengan mimbar nabi.

Area ini sangat spesial sebab merupakan salah satu area yang mustajab untuk memanjatkan doa. Sebagian ulama berpendapat bahwa Raudhatul Jannah merupakan salah satu tempat yang Allah turunkan dari taman syurga.

Sebagaimana Rasulullah bersabda “ antara rumahku dan mimbarku adalah taman dari taman syurga”

Area tersebut diberi tanda khusus dengan warna karpet yang berdeda dengan area lainnya di masjid Nabawi. Oleh karena itu, area raudhatul Jannah selalu ramai oleh jamaah.

City Tour

Setelah terasa lelah beribadah anda dapat sedikit melakukan refreshing dengan melakukan city tour di sekitar kota Madinah.

Anda dapat mengunjungi kebun kurman sholat di masjid Quba, mengunjugi Jabal Rahma, berkunjung ke percetakan Al-quran terbesar di Arab Saudi, melihat kehidupan kota, dll.

Selanjutnya anda dapat bergerak menuju kota Makkah untuk melaksanakan ibadah Umroh.

Aktifitas di Makkah

Umroh Ngapain aja di makkah
Commons.wikimedia.org

Aktifitas utama ibadah umroh pada dasarnya dilakukan di kota Makkah. Oleh karenanya, setelah beribadah dan berkeliling di kota madinah para jamaah umroh segerah diarahkan ke kota Makkah.

Perjalanan dari kota Madina dan kota Makkah ditempuh dalam 6 jam perjalanan menggunakan bus.

Melakukan Ibadah Umroh

Setelah tibah di kota Makkah para jemaah segera melakukan ibadah umroh sesuai dengan rukun umroh yang dibimbing oleh tutawwif dari biro penyedia layanan umroh.

Rangkaian ibadah Umroh yang dilakukan di kota Makkah memakan waktu 3-12 jam tergantung kondisi atau keadaan masing-masing jemaah.

Setelah melakukan rangkaian ibadah umroh berdasarkan rukun umroh dan meniggalkan hal-hal yang dilarang saat sedang umroh maka anda telah sah menjadi menjadi haji kecil.

Melakukan Ibadah-Ibadah Tambahan

Pxhere.net

Selanjutnya anda dapat melaksanakan ibadah-ibadah tambahan lainnya yang sangat sayang untuk dilewatkan.

Setiap jamaah dianjurkan untuk banyak menghabiskan waktu di dalam Masjidil Haram dengan melakukan ibadah-ibadah yang dapat mengundang pahala seperti mengaji, sholat-sholat sunnah, dll.

Mengumrohkan Keluarga yang Telah Meninggal

Selain itu, jika masih memiliki waktu yang luang, para jamaah dapat melakukan ibadah umroh lagi dengan niat untuk mengumrohkan orang-orang atau keluarganya yang telah meninggal seperti nenek, kakek, orang tua, saudara, dll.

City Tour

Selanjutnya jamaah juga dapat melakukan city tour di sekitar kota Makkah sebelum bertolak ke tanah air.


Itulah sedikit gambaran kegiatan yang dapat anda lakukan saat melakukan perjalan ibada Umroh di kota Madina dan kota Makkah.

Semoga kita semua dapat diundang dan dimudahkan mengunjungi kedua kota suci ummat Islam tersebut baik untuk beribada haji maupun ibada umroh. Semoga bermanfaat.

Leave a Comment